herdinbisnis.com: Tahukah anda, tentang Mangga, Anggur, dan Jamu Asli Situbondo ?

.

.

Jumat, 25 Juni 2010

Written on

Tahukah anda, tentang Mangga, Anggur, dan Jamu Asli Situbondo ?

Tahukah Anda ?. 
Kami, Petugas-petugas Pertanian Anda-telah mencatat dan mentabulasi beberapa Varietas tanaman asli Situbondo.

Beberapa yang telah masuk dalam desk kerjaku, adalah Mangga, Karatok Pote, Belimbing, Anggur, dsb !.

Mangga

Mangga, merupakan salah satu komoditi buah yg berhasil dicatatkan oleh Petugas Pertanian kita ke Departemen Pertanian RI melalui Balai-balai yg ternaung dibawahnya.

Satu jenis tlh berhasil diluncurkan  diregistrasi oleh Departemen Pertanian adalah Mangga Manalagi Situbondo 69 !. Varietas ini dlm sejarahnya pernah tumbuh  dibudidayakan scr massif (tidak tahu kapan  siapa yg memulai penyebarannya- rumor menyebutkan, adalah buah hutan asli yg dibudidayakan oleh sekitar penguasa lahan di Ketah-Kec. Suboh), namun pusat penyebarannya ada pd wilayah di Desa Demung Kecamatan Besuki dan menyebar ke hampir seluruh wilayah di sekitarnya.

Jenis mangga varietas ini sangat disukai oleh konsumen karena, warna buahnya kuning  segar (mjd nisbah semua essense yg mengatasnamakan Mangga, atau Mango), daging buahnya lunak  banyak (sehingga ukuran buahnya juga lebih besar dibandingkan buah-mangga Manalagi varietas lain atau mangga lainnya).

Banyak orang suka menikmati buah ini dlm suasana yg santai dlm keadaan sendiri atau bersama orang dekat, mereka merasa lebih nyaman ketika tidak berlama-lama menyimpan buahnya. Ada pula yang dikonsumsi langsung atau dgn diolah.

Buah Mangga (Perhatikanlah jenis buahnya, 2 buah yang berbeda)


 Buah Mangga Gadung (Kupasan)



Beberapa tips utk menikmati buah ini adlh dgn beberapa cara :

[*]Dikupas & dimakan saat matang, langsung ! Dipotong-potong kecil & disajikan di nampan atau di atas piring !. Potongan ini akan nyaman dikonsumsi oleh lebih dari 1 orang saja untuk 1 buah Mangga Manalagi.

 [*]Dibelah dan dipotong memanjang langsung bersama kulitnya, dan irisan buah diiris-iris menyerupai kotak. Yang umum disebut "pecah delima" oleh warga sekitar Demung dan Besuki pada umumnya, dan dinikmati dengan menggigit masing-masing irisan yang masih melekat pada irisan tersebut. Menurut kebanyakan, cara menikmati buah seperti ini- lebih nikmat, lebih segar dan bisa menghirup aroma buah lebih banyak. Hmm.

[*]Dikupas dan diblender, Jus mangga - sesungguhnya lebih nyaman dibandingkan jus buah lainnya. Jus mangga dari jenis Manalagi 69 ini akan lebih bisa memuaskan penikmat jus pada umumnya. Karena daging buahnya banyak - tidak perlu penambahan bahan lain dan bisa membuat jus menjadi lebih kental dan beraroma. Proses browning pada daging buah tidak akan mempengaruhi aroma dan rasa buah secara umum.

[*]Daging buah diproses ulang dalam bentuk bahan olahan berupa dodol, jenang, sirup, dsb. Beberapa wilayah di sekitar Kecamatan Kendit dan Panarukan, bahan olahan buah Mangga sudah dikomersilkan dan berlabel.

Berikut potret aktifitas Sang Penangkar Bibit Mangga yang sempat kami rekam kegiatannya ketika yang bersangkutan sedang melakukan aktifitas sambung pucuk mangga unggul.


Aktifitas Sambung Pucuk Mangga Unggul"




Jika Anda punya keinginan utk bertanam  berbudidaya mangga  mendapatkan Varietas asli Khas Situbondo ini ?... Atau lebih gampangnya respon saja presentasi ini. Dpt juga memesan via sms ke  081249412121.

Kami juga melayani pemesanan dalam jumlah besar. Tersedia dalam harga yang lebih menarik. Termasuk juga pemesanan ke luar kota/pulau.

Atau kami dapat melayani pemesanan bahan olahan buah Mangga Manalagi Situbondo 69 ini, dan juga produk olahan buah Mangga lainnya. Kami melayani pemesanan dalam kemasan besar!!!


Berikut beberapa foto bibit buah, tersedia dlm jumlah besar. Untuk   pemesanannya silahkan hubungi 081249412121.

Mangga Gadung, Mangga Arum, dsb.

Bibit Mangga Gadung








Anggur
Di Situbondo, setidaknya ada beberapa varietas anggur yang unik, selain krn kekhasan bentuk buahnya juga karena rasa  warnanya yang menarik.

Anggur merupakan tanaman yg cocok tumbuh di wilayah Situbondo, krn terik cahaya mentari yg cukup. Ketinggian rata-rata wilayah Situbondo yg menyebabkan suhunya juga dpt menyebabkan anggur tumbuh  berbuah dgn penampilan dan rasanya yang manis.

Anda tahu, di Situbondo tersebar beberapa jenis buah Anggur. Diantaranya jenis Anggur Red Prince, Black Rose, Black Caroline, Green Belgiy, Alfonso, dan varietas khas situbondo adalah Situbondo Kuning.

Red Prince

Red Prince adlh Anggur yg berbuah merah  rasanya lebih dominan manis  ada sedikit masam.

Pada wilayah Situbondo Anggur ini sudah dibudidayakan dan beberapa petani juga mengkomersilkan dengan menjual Bibit, Buah dan bahan Olahannya.

Silahkan periksa beberapa thread kami di kaskus untuk memperjelas produk komersil anggur ini,  klik disini



Di Besuki pernah dibentuk Assosiasi Anggur Besuki, yang sempat diresmikan oleh Bapak Bupati Ismunarso

Berikut beberapa foto Anggur Red Prince

Buah Anggur Red Prince


Buah Anggur Red Prince




Pohon Anggur, nyaman buat Naungan  dan Ceria Duduk-duduk disitu.

Pohon Anggur yang Tumbuh di Para-para Halaman/Pekarangan




Bunga Anggur, bakal buah yang Belum Ranum

Kami siap menyediakan Bibit, Batang Stek dan Pohon Pindah dalam beragam jenis. Silahkan hubungi kami di 081249412121.





Jamu Obat Typus Manjur dan Membudaya 


Ada informasi neh agan-agan sekalian... dari belantara kota di Situbondo...

Agan pernah tau gak... mungkin Agan sedikit punya pikiran sedih atau kuatir kalau ada rekan-rekan diantara agan yang sakit typus ?.... Nah... ada informasi di sekitaran kota Kabupaten Situbondo.. ada sejumput obat yang telah bertahun-tahun terbukti dapat efektif menyembuhkan penyakit Typus...

Saya adalah salah satu saksi hidup yang tahu bahwa ramuan ini memang mujarab.

Suatu ketika tatkala adik kandung dan Ibu dari Anak saya sakit Typus, mereka mengkonsumsi Jamu ini.

Alhamdulillah.... aku mendapatkannya....langsung membeli di rumah yang meracik ramuan tersebut, aku cuma beli 3 botol, waktu itu masih harga 5 ribuan per botol.. sekitar 2 tahun yang lalu.. hmmmm dan terbukti sembuh. Subhanalloh. kerabat-kerabatku itu diparingi kesembuhan.

Agan-agan sekalian. Penyakit memang datangnya gak terduga, itu semua datangnya juga gak kita harap-harapkan.

Tapi informasi ini, sekaligus jadi keterangan untuk kita bahwa obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit typus ini memang perlu saya sharing kepada agan-agan semua.

Ramuan ini katanya sie dibuat dari Racikan bahan-bahan tradisional, aromanya dan rasanya yang manis membuat penderita nyaman mengkonsumsi Ramuan ini.Kalau kesulitan buat mencarinya sendiri di Panarukan - Situbondo, bisa hubungi  ane di 081249412121. Kita juga bisa kirimkan ke alamat Agan - agan sekalian koq. Semoga bermanfaat

Sumber informasi :
  • Petani-petani dan penangkar, yang sebagian besar adalah Petugas Penyuluh Pertanian dan Staf Dinas Pertanian Kabupaten Situbondo, tersebar di wilayah Kabupaten Situbondo, terutama Besuki, Kapongan, Arjasa, Banyuputih dan Asembagus. (diantaranya Hartono, Ahmad Turmudzi, Jono, Imam, Rahmad, Badarus Zaman, dan sebagainya).
  • Lembar Brosur Penawaran Bibit Mangga Asli Situbondo a.n. Badarus Zaman (Pengurus Kadin Kabupaten Situbondo bidang Pertanian).
  • Presentasi Kepala BKP3 (Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Situbondo, Ibu Tuti).



Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!