herdinbisnis.com: PUPS dan PUJS, Anda Akan Tahu Berapa Banyak Jumlah Pupuk yang Seharusnya Ditambahkan pada Lahan Anda.

.

.

Senin, 05 Juli 2010

Written on

PUPS dan PUJS, Anda Akan Tahu Berapa Banyak Jumlah Pupuk yang Seharusnya Ditambahkan pada Lahan Anda.

APA ITU PUPS DAN PUJS ?

Berikut adalah keterangan tentang PuPS dan PuJS, keterangan ini kami sampaikan sebagai wawasan untuk Anda tentang adanya aplikasi yang bisa dimanfaatkan bagi Peningkatan Produksi Usaha Budidaya Padi dan Jagung. Walaupun saat ini sudah ada Kalkulator Pemupukan Hara Spesifik Lokasi yang lebih mudah dan murah. PuPS merupakan piranti lunak untuk menentukan rekomendasi takaran pupuk padi sawah di setiap lokasi.

Sedangkan PuJS adalah piranti lain yang dibuat selain untuk menentukan rekomendasi takaran Pupuk, juga untuk membantu merekomendasikan jarak tanam dan fasilitas lain. Diantaranya Anda akan mendapat Angka-angka mana yang lebih ekonomis dan menguntungkan antara teknologi yang biasa digunakan dengan rekomendasi yang dipaparkan Program ini nanti.

Program ini dikembangkan oleh tim peneliti IRRI bersama Tim Teknis Kelompok Kerja Pemupukan Tanaman Pangan, Badan Litbang Pertanian. Data diperoleh dari hasil-hasil penelitian pemupukan padi sawah yang saat ini sudah disebarluaskan dan sejalan dengan prinsip Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT). Penggunaan PuPS ini membantu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bersama petani dalam menetapkan takaran dan waktu pemupukan padi di lahan sawah pada musim tanam yang akan dihadapi sesuai dengan kebutuhan hara dan pertumbuhan tanaman. Ketepatan saran rekomendasi pemupukan dengan piranti lunak ini sangat bergantung pada ketepatan informasi data yang diperoleh dari petani. 

Posting ini kami susun dan kami copy-paste programnya dari beberapa sumber, diantaranya software PUPS dari FOLDER pemaparan Saudara Ir. Darmadi (Staff Laboratorium PHP TPH Tanggul Jember) dalam Temu Teknis Penyuluh Pertanian dan Diseminasi Teknologi BKPP Kabupaten Situbondo pertengahan tahun 2010 di BPP Panarukan.

Sedangkan PUJS, adalah software yang kami peroleh setelah kami berdiskusi tentang Pangan Alternatif dengan Penyuluh BPP Demung Kabupaten Situbondo (Saudara Cahyo Giri Dahono, S. P.)  - saat ini adalah Koordinator BPP Demung - Situbondo  dan darinya kami memperoleh sebuah CD dan segera kami salin dan didalamnya terdapat salah satunya adalah Software PUJS ini. Mengingat sifatnya yang amat mementingkan pengetahuan bersama, maka kami mohon untuk software2 ini agar tidak diperjualbelikan namun dapat ditebar kepada publik dalam ruang binaan kita masing-masing.

BAGAIMANA BISA MENGGUNAKANNYA ?


Program ini berjalan pada Operating System Windows dan dioperasikan dengan Microsoft Office Access 2003. Jika program tersebut belum tersedia atau sudah tersedia namun bukan Microsoft Office Access 2003, maka komputer anda terlebih dahulu harus diisi atau dilengkapi dengan program Access 2003 Runtime yang sudah tersedia dalam folder  yang ada dalam folder ini.

Untuk memudahkan Penempelan Folder ini dalam Publikasi ini, kami simpan dalam bentuk WINRAR. Winrar berfungsi untuk memampatkan semua file yang ada hanya dalam satu file berekstensi RAR.
Jika dalam komputer Anda belum ada WINRAR, Anda dapat mengunduh Program WINRAR tersebut terlebih dahulu.

DOWNLOAD WINRAR


Jika WINRAR sudah ada dalam komputer Anda, Anda dapat segera mengekstraksi Program PUPS atau PUJS. Dan segera klik Aikon PUPS atau PUJS dalam Folder.

Untuk lebih memudahkan pekerjaan kita, kala PUPS dan PUJS dibutuhkan- maka sebaiknya Anda buatkan shortcut di Desktop komputer Anda. Caranya klik kanan pada Aikon file Aplikasi PUPS dan PUJS dan temukan Create Shortbut to Desktop pada pilihan yang muncul.

Jika belum ada WINRAR dalam komputer Anda.. Silahkan Download 2 file WINRAR disini


BAGAIMANA JIKA TIDAK TERSEDIA KOMPUTER UNTUK MENGOLAH DATA ?

Anda dapat mencetak “daftar pertanyaan” yang tersimpan dalam ini. Isi pertanyaan tersebut, selanjutnya data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan petani diolah menggunakan PuPS melalui komputer yang ada di rumah, kantor, atau melalui komputer di tempat-tempat rental.

Kalau kesulitan untuk melakukan analisa dengan Program ini. Kami menyediakan waktu untuk Konsultasi via SMS. Jika Anda seorang Petani dikenai biaya konsultasi Rp. 5000 per Konsultasi, untuk biaya SMS. Anda dapat menghubungi Penyuluh Pertanian Anda atau via SMS ke 081249412121.
Info :
Memang sebaiknya, belilah laptop murah-murah untuk Anda gunakan. Silahkan hubungi 081249412121 budget Anda cukup sekitar Rp. 2.750.000,- Mulai dari Netbook 10".

DOWNLOAD SOFTWARE PUPS DAN PUJS


Untuk Padi Sawah silahkan



Petunjuk Penggunaan PUPS, klik disini  (under construction) :

Untuk Jagung silahkan

Petunjuk Penggunaan PUJS, klik disini (under construction)

Jika Anda berkenan melakukan donasi, dapat mengirimkan via rekening kami. Atau melakukan pengisian pulsa pada 081249412121. Atas perkenannya disampaikan terima kasih.

Petunjuk untuk mencaplok program ini dalam Piranti Anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Download file Anda dalam attachment email Anda, dan simpan dalam komputer Anda.
2. Dan lakukan proses  instalasi dengan mengklik "Access2003 Runtime" dan klik File SETUP.

 3. Tampilan PUPS halaman depan. Ikuti Petunjuk di sisi kiri Adob Flash Player Anda.

5. Tampilan PUPS halaman MENU UTAMA


6. Tampilan PUPS halaman MAIN, silahkan isikan seluruh data yang dibutuhkan dan selamat menikmati PUPS Anda.



Informasi lebih lanjut hubungi kami 
 081249412121


atau
PETUGAS PERTANIAN (PENYULUH PERTANIAN, PETUGAS PERTANIAN KECAMATAN, MANTRI TANI, PETUGAS PENGENDALI ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN, dan sebagainya).


atau

Balai Besar Pengkajian dan
Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP)
Jalan Tentara Pelajar 10, Cimanggu, Bogor 16114.
Telp. 0251-351 277.



atau



Balai Pengkajian Teknologi
Pertanian (BPTP) yang ada di setiap propinsi.


artikel terkait :

Budidaya Tanaman Padi Sawah

Share this case:

2 komentar:

  1. Infona mantap...Salam Sukses Selalu :)

    BalasHapus
  2. SS97FM... makasih..... neh pasti Radionya Orang Situbondo... Mantap Pro...97 FM.....

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!