herdinbisnis.com: Kalkulator Zakat, Sudahkah kita Sucikan Hidup kita (Harta, Jiwa dan Keluarga) ?

.

.

Jumat, 08 Oktober 2010

Written on

Kalkulator Zakat, Sudahkah kita Sucikan Hidup kita (Harta, Jiwa dan Keluarga) ?

Anda sudah berzakat ?. Zakat adalah sebuah tuntunan Ilahi yang ditujukan bagi peningkatan kualitas kehidupan kita sebagai Ummat Manusia. Mau tahu apa makna Zakat ?. Wah, saya gak isa menjelaskannya .... sebab tentu tidak masuk akal kalau saya yang memberikan wejangan bukan ?. Keterangan Agama tentu sudah menggambarkan betapa Zakat adalah penting buat kita. Dia bisa menjadi manfaat buat diri, jiwa dan lingkungan kita. Zakat akan memberikan pencerahan agar kehidupan kita bisa senantiasa bersih dan suci, sebab Tuhan Maha Suci. Cita-cita paling luhur dari seorang manusia, adalah Pertemuan dan Penyatuan dengan Sang Rabb. Bagaimana kita bisa bertemu dan bisa menyatu, jika kita tidak suci. Caranya ?. Berzakatlah.

Nah, ada cara mudah bagi Anda untuk menghitung Zakat Anda. Silahkan download file Kalkulator Zakat Anda disini

Kalkulator zakat ini mudah koq, penggunaannya simple dan kita bisa langsung tahu berapa Total Zakat yang harus dibayarkan.

Dalam kalkulator ini, beberapa yang kena zakat diantaranya :
  • Emas permata dan perhiasan berharga lainnya, disini lebih terperinci karena  di dunia memang begitu- harga emas dan harga perhiasan ruby atau intan agaknya memiliki satuan yang berbeda-beda.
  • Uang Tunai di Saku dan yang ada di Bank
  • Harta, bisa berupa uang atau barang yang dipinjamkan (untuk dikembalikan dalam jumlah yang lebih besar dengan akad apapun dan halal), 
  • Harta, bisa berupa uang atau barang yang diinfestasikan dalam sebuah badan, lembaga, atau perusahaan.
  • Harta, bisa berupa uang atau barang yang disatukan dengan harta lain dari satu atau sekian banyak orang (orang menyebutnya modal usaha bersama).
  • Hasil Bumi, Peternakan hewan yang dikonsumsi atau yang dinikmati keindahannya (bernilai mahal), Perikanan dan hasil tangkapan Ikan, dsb
Dilihat dari pemeringkatan sumber-sumber harta yang dapat menyucikan diri, jiwa dan keluarga serta lingkungan ini, maka dampak sosialnya besar. Bayangkan saja.

Berikut beberapa kupasan sinergi tentang Zakat yang dimuat di KOMPAS, intinya sebagai berikut :

Sekretaris Jenderal Dewan Zakat MABIMS, Tulus, mengatakan, zakat memiliki potensi untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia maupun di dunia.







“Dengan memerhatikan data jumlah orang miskin pada tahun 2007 yang mencapai 830 juta jiwa, maka potensi zakat dunia akan mampu mengatasi kemiskinan sampai 24,1 persen,” jelas Tulus dalam acara jumpa wartawan yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Jakarta, Kamis (19/8/2010)….






Segenap elemen pengelola zakat akan mengadakan konferensi internasional World Zakat Forum (WZF), yang akan diselenggarakan pada 28 September hingga 2 Oktober 2010 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, dan dihadiri oleh Organisasi Pengola Zakat, Organisasi Islam, perguruan tinggi, organisasi kerja sama zakat nasional dan regional, serta pusat-pusat kajian zakat dan perwakilan organisasi pengelolaan zakat dari sejumlah negara di dunia.






WZF merupakan forum pertemuan bersama organisasi-organisasi pengelola zakat di dunia dalam rangka membicarakan berbagai permasalahan zakat di dunia serta memutuskan dan merekomendasikan sebuah langkah atau kegiatan untuk meningkatkan fungsi zakat dalam memecahkan berbagai permasalahan di dunia.






Sementara, zakat, menurut Wikipedia, terbagi atas dua tipe yakni:






Zakat Fitrah


Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan. Besar Zakat ini setara dengan 2,5 kilogram makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.


Zakat Maal (Harta)


Mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing tipe memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.


Yang berpotensi untuk mengatasi kemiskinan tentunya Zakat Maal. Sementara Zakat Fitrah hanyalah zakat yang diberikan kepada yang berhak menerima, agar bisa makan enak di dalam menyambut Idul Fitri saja. Mudah-mudahan forum pertemuan WZF nanti betul-betul bisa menghasilkan solusi yang nyata, bukan merekomendasikan hal-hal yang masih harus diseminarkan, dilokakaryakan, didiskusikan, dan sebagainya.






b!nGun9.....Kem4n@ zakAt diSalUrkAn?


bayarkan pada Badan Amil Zakat terdekat, atau dapat menghubungi beberapa lembaga sebagai berikut :
  1. BPR Syariah Situbondo Besuki (Barat Alun-alun Besuki)
  2. BPR Syariah Situbondo di Situbondo (Timur Terminal Situbondo)
  3. hubungi 081249412121 untuk konsultasi



Gallery Photography Herdinbisnis di Indyarocks
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!