.

.

Sabtu, 26 Februari 2011

Written on

JUAL BIBIT ANGGUR EKSOTIK DAN BIBIT EKSOTIK LAINNYA.

Anggur


Saya tinggal di Situbondo, dimana ketinggian rata-rata 200 mdpl. Suhu berkisar dari 22 s.d. 38 derajat selsius saja, dengan intensitas cahaya penuh dari pagi hingga petang. Maka disini- anggur tumbuh dengan baik. Kami mengumpulkan beberapa varietas. Dan jika Anda berkenan menanamnya, kami sediakan cutting stek dan bibitnya untuk Anda. 

Varian-varian Anggur yang eksotik tersebut, adalah :


  1. Black Caroline, buah manis, cenderung legit, aroma kuat
  2. Green Belgiy, cenderung kecut- jika benar-benar matang manis aroma kuat
  3. Red Prince, buah manis, cenderung legit
  4. Red Cipung,  cenderung kecut, jika benar-benar matang manis aroma kuat
  5. Red Australian Lonjong, buah manis, cenderung legit, buah lonjong dan  
  6. Blue Probolinggo, cenderung kecut, buah manis, aroma kuat
  7. Muskato,
  8. Isabela
  9. beberapa varietas lainnya. 
    1. cardinal
    2. red globe
    3. Alfonso
    4. white malaga
    5. situbondo kuning
Jenis-jenis yang kami beri tanda tebal itu adalah jenis-jenis yang bisa selalu tersedia.


Dari beberapa yang tersebut tadi,  telah berhasil kami budidayakan....
secara rutin kami membuatkan bibit untuk Anda dan kami juga menyediakan batang steknya dan bibit cabutan tinggi 1.5 s.d. 3 meteran.



Jika Anda berkenan menanam tanaman Anggur di kediaman Anda atau di lahan pertanaman Anda, kami bisa menyediakan :


  1. Batang Stek (CUTTING), merupakan potongan-potongan cabang terdiri dari 2-4 ruas buku yang dapat Anda semaikan terlebih dahulu untuk memperoleh bibit tanaman Anggur yang siap ditanam di lahan.  Batang stek ini kami potong segera setelah Anda menyatakan membeli. Kami kemas dalam sebuah stereofoam, menjadi satu paket kemasan batang stek Anda. Nanti jika sesampai di tempat kediaman Anda, dapat Anda tancapkan di persemaian atau langsung dalam pot. Tips, ketika paket sudah Anda terima, ada beberapa tips, salah satunya masa kirim kurang dari  5 hari silahkan klik disini. Sedangkan yang lebih dari 5 harian, jika belum bertunas- silahkan Anda perlakukan dengan menggunakan gunting cabang yang tajampotong sedikit (2 s.d. 5 mm) bagian bawah batang stek dan temukan bagian segarnya- lalu celupkan terlebih dahulu dalam jus bawang putih atau jus bawang merah baru kemudian ditancapkan pada media. Jika batang stek atau cutting sudah bertunas - cukup menghilangkan tissue dalam air dengan digerak-gerakkan secara perlahan, lalu ditanam dalam lubang kecil pada polybag dan ditutup dengan tanah. Untuk Batang stek kami menyediakan 1 paket untuk ukuran sejumlah 50 batang per varian. Kami memiliki 5 s.d. 13 varian anggur, jadi jika Anda berkenan membeli seluruh varian anggur koleksi kami- Anda bisa memperoleh 50 s.d. 650 batang dengan banyak ragam jenis Anggur. 
    • Batang Stek,                 1 paket  50 batang per varian 
    • Minimal Order,               2 (dua) Paket.
    • Rata-rata Harga,           Rp. 5 ribu 
    • Harga berbeda untuk  jenis Red Australia, White Malaga, dan beberapa jenis lainnya.
  2. Bibit dalam Polybag, merupakan tanaman yang sudah tumbuh tunas dan akar dalam sebuah polybag yang telah siap pindah tanam. Bibit anggur dalam polybag ini berukuran tinggi batang sampai 25 cm, dengan panjang tunas antara 3 s.d. 15 cm. Bibit dalam polybag ini bisa Anda dapatkan dalam 1 paket pesanan, sejumlah  5 (lima) pot untuk 1 varian. Jika persediaan ada, kami bisa sediakan Bibit Cangkokan atau Bibit Stek (rooting) setinggi 50 s.d. 100 cm. Untuk pengiriman di Pulau Jawa kami akan kirimkan dengan pemaketan yang aman karena didukung oleh Petugas Kurir yang terpercaya. Untuk pengiriman ke luar jawa dan luar negeri kami akan kirimkan tanpa tanah (bare - root). Tips perlakukan bare-root, segera pindahtanamkan dalam polybag terlebih dahulu, usahakan untuk tidak  menyentuh akar dengan tangan, bersihkan tissue yang melekat pada akar- dengan cara digerak-gerakkan dalam air yang mengalir perlahan. HINDARI TERIK MATAHARI, letakkan di lingkungan yang teduh. Kami memiliki setidaknya 4 (empat) varian anggur bahkan lebih sebagaimana dicantumkan di awal paparan ini, jadi jika Anda berkenan membeli seluruh varian anggur koleksi kami, Anda bisa memperoleh 20 pot. Atau jika Anda berkenan membeli 1 paket campuran, Anda dapat membeli sejumlah 10 pot anggur dengan beragam varian (paket 4 jenis). 
  3. Bibit Anggur setinggi 2-3 meter, merupakan tanaman yang sudah tumbuh tunas dan akar yang sudah pernah berbuah dan masuk dalam fase produktif. Jika Anda membeli bibit jenis ini, Anda tak perlu menunggu lama untuk masa berbuah. Pembelian harus dalam jumlah 3 pohon dan kelipatannya. Pengiriman paket bibit anggur setinggi 2-3 meter ini akan kami kemas dengan packing kayu utk luar jawa, dan pengiriman via kereta api untuk areal jawa. Estimasi ongkos kirim untuk 3 bibit anggur ke Jakarta lebih kurang 500 ribu.
sedia produk lain dari anggur (atas pesanan/inden)
  • Bubuk Biji Anggur         1 box isi 20 pcs
  • Kismis Buah Anggur     1 box isi 20 pcs
  • Sirup Anggur Merah      1 box isi 15 botol.
  • Kripik daun Anggur



Cara Order
Cara Order, silahkan SMS ke 081249412121 , seperti format dibawah ini :




Menurut laporan beberapa konsumen kami yang sudah membeli kepada kami, bibit anggur yang dulu diorder sejak tahun 2011 sudah mulai berbuah tahun 2014 ini, jika Anda konsumen kami - silahkan ceritakan testimoni Anda terutama silahkan kirimkan foto-foto kebun bibit anggur Anda melalui email 

  • k_pramana_j@yahoo.com atau
  • khairdin@herdinbisnis.com

Sumber Bibit yang kami Jual.

Anggur yang kami tawarkan, sumber bibitnya ditanam di daerah yang secara administratif disebut Kabupaten Situbondo dan sebagian dari Probolinggo (baik Kotamadya maupun Kabupaten).  Kabupaten-kabupaten  yang wilayahnya berada di Pantura Pulau Jawa, memanjang dari timur ke barat sejauh lebih kurang 250 km. Kami sendiri di Situbondo,  sebagian besar Anggur ini bukan merupakan varian asli Situbondo, namun Situbondo menurut beberapa sumber memiliki plasma nutfah yang khas. Seperti halnya malang, misalnya- dengan tanaman Apel, Situbondo juga pernah dilaporkan memiliki anggur yang khas Situbondo. Green Belgiy yang koleksinya ada di Situbondo, pernah saya dengar merupakan varian anggur Situbondo Kuning- mirip sekali dengan Green Belgiy.


Anggur merupakan tanaman yg cocok tumbuh di wilayah Situbondo, karena terik cahaya mentari yang cukup. Ketinggian rata-rata wilayah Situbondo yg rendah, serta suhunya yang sedang juga dapat menyebabkan anggur tumbuh  berbuah dgn penampilan dan rasanya yang manis. 



Anggur di tempat lain juga bisa tumbuh baik, syarat utama anggur tumbuh baik dan berkembang sempurna adalah jika terpenuhi kebutuhan akan sinar mentari yang cukup. Lebih sering tanaman anggur memberi respon lebih baik pada suhu yang tidak terlalu dingin. Beberapa pembudidaya anggur yang bibitnya didapat dari kami, memaparkan tehnik penggunaan KUDUNG UV pada pertanaman mereka untuk mengatasi masalah suhu dan tekanan intensitas hujan yang tinggi. Dan dari sebagian rekan yang lain, mencoba melakukan modifikasi terhadap iklim mikro agar proses evapotranspirasi pada daun tanaman bisa berlaku layaknya kebutuhan anggur pada lingkungannya, perlakuan ini terutama dilakukan didaerah yang sangat dingin. Sehingga anggur menghasilkan respon tumbuh - kembang yang baik.

Pengalaman kami sudah mengirim anggur ke semua penjuru, kami melayani pembelian keluar negeri. Berikut adalah catatan testimoni beberapa rekan yang order pada kami, silahkan klik disini.

Sistem Pembayaran

Untuk pembayaran dalam negeri, kami menyediakan rekening-rekening dalam negeri untuk pemesanan dalam negeri diantaranya BCA, Mandiri, BRI, BNI dan Bank Jatim.

Sedangkan untuk payment methode dari luar negeri, kami menerima pembayaran via Western Union, Paypal, Mastercard dan Visa Credit Card .


Jika Anggur Sudah Siap Tanam, Bagaimana Pengelolaan Tanaman Anggur di Lahan Pekarangan atau Kebun ??.


Yang perlu diperhatikan dalam Pemeliharaan Tanaman Anggur adalah Persiapan Lahan, dimana sebaiknya tanaman dipelihara. Tanaman dapat tumbuh baik dalam pengolahan struktur tanah yang baik sehingga tanah menjadi gembur, aerase dan drainase lebih baik sebagai tempat tumbuhnya tanaman anggur. Kebun Anggur yang luas maupun yang ditanam di pekarangan- perlu perawatan Sanitasi/Kebersihan Kebun.


Pembudidayaan Tanaman Anggur harus dimulai sejak Pembibitan, dimana kami menyediakannya untuk Anda, kami akan kirimkan dalam bentuk cutting, bibit dalam polybag, bare-root dan bibit cabutan setinggi 3 (tiga) meter. Sebagaimana diketahui, Tanaman Baru Anggur dapat diperoleh  dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (cangkok, stek cabang, stek mata, penyambungan). Perbanyakan tanaman yang paling efektif untuk tanaman anggur adalah dengan menggunakan stek (cutting grape) , seperti yang kami lakukan. Kelebihannya selain dapat diselenggarakan dengan segera, juga sifat dan keunggulan dari Induk Sumber dapat terus terjaga. Foto pembibitan dari batang stek dapat dilihat di bagian lain dibawah tulisan ini.

Setelah Bibit ditanam ke Lahan, pemeliharaan sangat perlu dilakukan. Pemeliharaan lahan utamanya diantaranya adalah Pengairan, Pemupukan, Penyiangan dan Pemangkasan. Semua hal tersebut sangat diperlukan oleh Kebun Anggur Anda. Pertanaman akan menunjukkan hasil yang baik jika seluruh kegiatan tersebut terpenuhi. Hal unik dari pemeliharaan tanaman anggur adalah Proses Pemangkasan. Proses Pemangkasan akan menentukan pembuahan. Bagaimana tanaman anggur berbuah, dan bagaimana buahnya bisa lebih besar dan buahnya menarik ?. Hmmm, tentu nantinya akan tergantung dari bagaimana cara Anda memperlakukannya.

Anda dapat pula menanam Anggur dalam pot, bisa memanfaatkan Drum ukuran 200 liter. Drum seukuran itu bisa dimanfaatkan untuk menanam 2 tanaman Anggur. Jadi Drum bisa dipotong 2 bagian, perlu diperhatikan pemberian jarak antara lantai dan dasar pot. Lebih jauh tentang pemeliharaan anggur, cara dan penanganannya tidak jauh berbeda. TERUTAMA, Proses Pemangkasan adalah proses paling vital dalam penanganan tanaman anggur agar bisa berbuah jauh lebih baik.

Nah, bagaimana ?. 
Silahkan pelajari tips budidaya anggur Merah-download ebooknya disini. 

Dapatkan bibitnya sekarang, Lebih detail tentang Info Harga dan Cara Order, silahkan SMS ke 081249412121 

Photobucket





Varietas Anggur Red Prince ("Red Prince" Grape Plants)










Red Prince adalah Anggur yang berbuah merah dan jika telah matang rasanya lebih dominan manis. Ada sedikit masam dan terasa lebih tawar dibandingkan dengan anggur-anggur yang lainnya. Kebanyakan orang memanfaatkan buahnya dominan adalah sebagai Anggur Meja. Artinya Buah Anggur ini dapat langsung disajikan dalam bentuk buah segar dan langsung di diletakkan di atas Meja.
di Sebuah Kebun Anggur dengan para-para bambu dan  tiang Pohon Kayu Palembang

Buah-buah Anggur lain,


Probolinggo Biru
Green Belgi
Alfonso
 Anggur ini sudah dibudidayakan dan ditanam di pekarangan-pekarangan kosong milik warga, karena fungsinya yang dapat menjadi penaung dan peneduh. Ada beberapa rekan yang juga mengkomersilkan Tanaman Anggur ini dengan menjual Bibit, menyediakan buah segar dan mengolah hasil buahnya menjadi Produk Olahan, seperti sirup buah anggur, kismis, bubuk biji anggur, dan ekstraksi flavonoid daun anggur.
Cardinal

Sudah banyak rekan yang  membeli bibit, batang stek dan buah Anggur dari kami. Beberapa rekan guru di Kabupaten-kabupaten yang mencanangkan wilayahnya sebagai wilayah berbasis Agribisnis  pernah  pula  menyarankan blog ini bisa menjadi rujukan bagi RPP untuk Mulok atau Muatan Lokal bagi pendidikan dasar dan menengah. Rekan di Bali, Banyumas, Solo, Jogja, Magelang, Belitung, Lampung, Makasar, Provinsi Riau Daratan, bahkan Banda Aceh, dan rekan-rekan di Kabupaten Kota Situbondo dan sekitarnya membeli dan langsung kami kirim tanpa menunggu waktu lama. Mereka sudah membeli kepada kami. Bukti pengiriman dapat dilihat di salah satu Icon Recomended Seller yang tertera di sisi kanan Blog ini. 

Semoga mereka dan Anda nantinya akan sukses dalam bertanam dan berkebun Anggur. Semoga dapat  memberikan hasil yang baik.

FORMAT ORDER, Smskan Nama, Alamat dan No. HP Anda ke 081.249.412.121





Foto-foto Anggur Red Prince


1. Asosiasi Anggur Besuki



2. Buah Anggur Red Prince






Buah Anggur di Pekarangan Warga.






Buah Anggur Red Prince menjelang Matang.


Buah Anggur  Red Prince Siap Panen






3. Pohon Anggur, nyaman buat Naungan dan Ceria Duduk-duduk disitu !




Pohon Anggur yang Tumbuh di Para-para Halaman/Pekarangan:


Sore hari itu, kami sedang menyarankan pembungkusan buah.








Pohon Anggur yang Tumbuh di Para-para Kebun:


THL TB Penyuluh Pertanian sedang Panen Anggur







5. Bibit Anggur, beberapa karakter khusus dari tanaman Anggur




GREEN BELGI


Profil :


• Daun lebih menyolok
• Daun tipis dan tidak berbulu sedang Alfonso tidak
• Buah lebih produktif dari Alfonso
• Lebih tahan penyakit dari Alfonso dan Situbondo Kuning
• Buah berwarna hijau
• Biasa ditanam di dataran 0 – 800 mdpl
• Bentuk buah kecil, daging tebal dan manis daripada Alfonso




BLACK ROSE


Profil :


• Daun lebih tebal dari Belgi
• Bentuk daun agak bulat dan tidak berbulu
• Bentuk buah afak lonjong dan lebih manis dari Alfonso
• Buah berwarna hitam
• Bisa di tanam 0 – 800 mdpl
• Produktifitas sama dengan Alfonso



Stok Bibit Anggur kami

Bibit-bibit anggur ini ditanam dalam polybag. Siap kirim..

Berikut stok bibit per Oktober 2013, untuk 6 varian utama yang kami siapkan untuk Anda :






berikut adalah foto pemaketan pesanan ke Gorontalo, pemaketan per tanggal 18 Oktober 2013






Foto Stok Bibit tinggi 50 cm s.d. 100 cm jenis Red Prince




Bibit Anggur Red Prince

Kami menyediakan bibit anggur dengan kualitas yang baik, dari Indukan yang pernah berbuah dan menghasilkan produk yang baik dan harga yang terjangkau. Pembelian dengan paket dalam jumlah yang lebih banyak akan memperoleh harga yang menarik juga.

Paket 5 pot Anggur  adalah : Rp. 125 ribu, 
Paket 10 pot Anggur adalah : Rp. 250 ribu.

harga tersebut belum ongkos kirim, estimasi berat paket 4 kg.



Proses Persemaian untuk Batang Stek 


Batang stek yang siap dikirim setelah proses pemangkasan - tampak berada dalam genggaman seorang gadis manis di sebelah kiri. 

Batang stek ini kami sediakan untuk Anda. Bersama satu paket batang stek anggur tersebut, kami sediakan Petunjuk Persemaian/pendederan tumbuh Batang Stek Anggur pesanan Anda. 

Adapun Proses Penumbuhan Tunas dan Akarnya, batang stek yang sudah ditandai batang bawahnya (datar) dan ujung batang atasny (lancip) terlebih dahulu di rendam dalam larutan ZPT Perangsang Akar (berbahan aktif Sitokinin) dan Fungisida - yang dapat diperoleh di Toko-toko Pertanian terdekat.

Paket batang stek yang Anda beli dari kami, sudah kami perlakukan perendaman terhadap kedua bahan tadi. Semoga dapat menjaga batang-batang stek segar tersebut sampai ketempat tujuan tanpa kerusakan yang berarti. Kami juga melindungi batang bawah ikatan Anggur pesanan Anda dengan spon basah atau Moss.


Kami menyediakan kesempatan untuk Anda berpeluang usaha bisnis bibit anggur dengan kualitas batang stek yang baik, dan harga yang terjangkau. Pembelian dengan paket dalam jumlah yang lebih banyak akan memperoleh harga yang menarik juga.

Paket 100 batang stek anggur setiap jenis adalah : Rp. 500 ribu, 

harga tersebut belum ongkos kirim
  • estimasi berat paket adalah 3 kg/paket.

INFO SEKALIGUS SARAN UNTUK PENDEDERAN ATAU PERSEMAIAN BATANG STEK.

Sedangkan untuk kebutuhan bibit yang akan dijual kembali, kami melakukan pendederan/penyemaian langsung ditanah yang berisi pupuk kandang, pasir halus dan tanah yang diayak. 

Campuran media diletakkan di atas tanah dan menyerupai gundukan. 
Beberapa REKAN mendiagnosa- bahwa batang stek yang sudah dikirim sudah mulai melakukan proses tumbuh. Jadi ketika sudah sampai batang stek bisa langsung DITANCAPKAN di lahan.
Ini bukan anjuran, TETAPI boleh dilakukan - sebab kami melakukannya juga :
Batang stek yang Anda terima, yang dipotong dan terdiri dari 2. s.d. 4 mata tunas (perhatikan batang bawah, penampangnya rata) diikat dalam 1 ikatan, sejumlah 10 potongan batang 2-4 mata tunas. Setelah itu batang stek yang berada dalam setiap ikatan ditancapkan, dengan terlebih dahulu direndam dalam larutan Atonik selama 5 s.d. 10 menit dengan dosis sesuai anjuran, atau dicolek dengan pasta Rootone F (dosis sesuai anjuran). Karena ada beberapa laporan terjadi produk palsu dari formula-formula tersebut, kami menganjurkan penggunaan JUS BAWANG PUTIH atau JUS BAWANG MERAH. Cara penggunaan, colek bagian batang bawah, lalu tancapkan dalam media.

Setelah muncul 2/5 tunas, batang stek ini yang berada dalam ikatan (sekarang sudah disebut BIBIT MUDA) tersebut dipindahtanamkan ke masing-masing polybag, 1 POLYBAG-1 BIBIT MUDA. Hati-hati agar akar putih tidak terlepas atau putus. Caranya, ciduk tanah dengan sekop.





Kami melakukan pendederan atau penyemaian batang stek dengan cara seperti dalam gambar tersebut diatas.




Photobucket

SEDIA BIBIT CABUTAN TINGGI 2-3 METER

MENANAM ANGGUR DARI POHON ANGGUR TINGGI 2-3 METER.
Cabang-cabang Anggur  tumbuh dari Bibit yang Tingginya 2-3 meter.
Dalam gambar diatas tampak cabang-cabang anggur tumbuh merata. Batang anggur tersebut kita tanam dari bibit yang tingginya 3 meter. Foto ini diambil tatkala tanaman sudah siap dibuahkan, cabang-cabang ini dirompes/dipangkas habis daunnya untuk memunculkan bakal cabang berbuah. 

Bibit ini berasal dari cabutan pohon anggur yang sudah pernah berbuah dan dipindahtanamkan di pekarangan Anda - nantinya. Kami sudah mengujicobakan cara ini, dan berhasil. 

Kami berharap Andapun dapat menikmati cara mudah berbudidaya anggur seperti ini. Silahkan hubungi 0812.4941.2121 jika Anda berkenan membeli dan memperoleh tanaman Anggur Anda. 

Dengan membeli bibit berupa pohon setinggi 2 s.d. 3 meter ini, Anda akan 
  1. memperoleh tanaman Anggur yang lebih cepat berbuah dan 
  2. Anda akan jauh lebih hemat dalam perawatan. 
  3. Anda cukup menunggu cabang tumbuh memanjang dan merata lebih sempurna dan nantinya Anda akan tinggal menunggu anggur Anda berbuah.
tampak cabang-cabang sedang menumbuhkan tunas baru, dari bibit pohon anggur setinggi 3 meter.

STOK BIBIT POHON ANGGUR CABUTAN SETINGGI 2-3 METER, 


Tanaman Anggur yang ditanam dengan bibit anggur cabutan seperti ini akan memudahkan Anda untuk memperoleh tanaman anggur yang dapat segera menaungi pekarangan Anda, sekaligus dapat memudahkan Anda menikmati hasilnya. Bibit Tanaman Anggur cabutan ini sementara masih terdiri dari 2 (dua) jenis anggur saja- yakni Jenis Anggur Red Prince dan Jenis Anggur Black Caroline. Per DESEMBER 2013, Tersedia masing-masing belasan pohon siap kirim. Harga per paket 1 juta dapat 3 pohon, jika membeli satuan adalah Rp. 450.000,-/pohon. Minimal beli satuan 2 (dua) pohon, sedangkan untuk pembelian  3 pohon- kami brandol harga  1 jutaan/pohon. 

Pengiriman Paket Bibit 2-3 meter.

Pengiriman dapat dengan jasa ekspedisi  packing kayu untuk luar jawa, (masa kirim sehari  s.d. 15 harian- tergantung jarak). Pengiriman di wilayah Jawa dengan Kereta Api (Jasa Kurir Herona atau KI8) tanpa packing, dan masa kirim antara 1 harian s.d. 10 harian.

Paket 1 jutaan, 3 pohon yang siap angkut.
Pesanan ke Jakarta
Untuk pengiriman keluar jawa, estimasi beban adalah sebagai berikut :
- Untuk 1 pohon : Beban Paket 50 kg dengan dimensi 50 x 50 x 300 cm.
- Untuk 2 pohon : Beban Paket 150 kg dengan dimensi 50 x 100 x 300 cm.
Bisa kami kirim menggunakan jasa Cargo Pos Indonesia atau Pandu Logistics.

Kelebihan membeli bibit anggur setinggi 2-3 meter ini, adalah :
1. Lebih cepat berbuah 1 tahun sudah bisa menikmati buahnya.
2. Tidak perlu ribet merawat.
3. Tingkat kegagalan tumbuh sangat rendah, kemungkinan mati rendah.



Sedangkan untuk pengiriman sekitar Situbondo (Jember, Bondowoso, Lumajang, Banyuwangi), kami bisa antar langsung ke alamat Anda setelah pembayaran (harga dan ongkos kirim) kami terima. 


PROSES PENGIRIMAN BIBIT POHON SETINGGI 2 - 3  METER
Pengiriman Bibit Anggur setinggi 3 meter ke Jember

Proses Pengiriman Paket Anggur melalui Jasa Kurir Pandu Logistics.

Kemasan Pengiriman Bibit,
Kemasan Pengiriman Bibit dan Batang Stek yang pernah kami kirimkan dan kami layani, mohon maaf - tidak semua pengiriman kami jepret...





cara pemesanan






Photobucket


Share this case:

2 komentar:

  1. Mau tanya harga bibit anggur : merah, ijo, hitam masing2 harga per pohon berapa ? Klo kirim ke surabaya minimal dilayani berapa pohon ? Kami awam blom tau cara tanam & rawatnya, apa diberikan petunjuk ???

    Salam:
    soegiono (soegiono_dmsby@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  2. harga per Nopember 2011 adalah Rp. 17.500,-/pohon.
    Minimal order ke Surabaya masing-masing adlah 3 batang.

    Untuk hal-hal tentang Anggur sudah bisa dipelajari di web ini......

    Silahkan via SMS saja ke 081249412121
    terima kasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Donasi

Radio Streaming Herdinbisnisdotcom


Get the Flash Player to see this player.


MENYIMAK di WINAM