.

.

Sabtu, 19 November 2011

Written on

Agensi Hayati, Musuh Alami

Dalam berbudidaya tanaman pasti tidak lepas dari Organisme Pengganggu Tanaman. Manajemen Budidaya Tanaman yang baik selalu menganjurkan pemanfaatan Pestisida dalam memperoleh hasil yang baik. 


Pertanian memang selalu seperti itu, dan hasilnya memang memuaskan dari sisi produksi. Dan maka dari itulah Industri Pestisida tidak pernah lepas dari Bidang Pertanian.


Dampak memang selalu berhubungan karena akibat dari suatu aksi. Sehingga dampak yang terjadi tidak mungkin juga lepas dari sebuah aksi. 


Demikianpun pemanfaatan Pestisida. Para Peneliti akhirnya memperhatikan keadaan dari dampak ini. Dan semuanya bersepakat, adanya laporan adanya anomali ekosistem dari wilayah-wilayah yang memanfaatkan bahan-bahan anorganik tanpa kontrol. Dan selanjutnya digagaslah konsep Pertanian Organik.


Salah satunya adalah konsep Agensi Hayati. Konsep ini ada 4 ruang, diantaranya :


1. Predator
2. Parasitoid
3. Agen Antagonis
4. Patogen Serangga






Predator adalah hewan yang memangsa hama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada umumnya serangga predator pradewasa dan dewasa hidup dalam habitat yang sama


Parasitoid adalah serangga yang memarasit atau hidup dan berkembang dengan menumpang serangga lain. Contoh parasitoid yang mudah dikembangbiakkan yaitu Trichogramma japonicum




Patogen serangga adalah mikroorganisme yang menyebabkan inveksi dan menimbulkan penyakit pada serangga hama. Patogen serangga dapat berupa antara lain :


• jamur ( cendawan ),
• bakteri,
• virus,
• nematoda dll.


Disusun bersama oleh Khairdin Pramana Jaya, S. P., M. Pd. dan Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian Demung (Didik Agus Suryadi, S. P.)


Sumber : Naskah disadur dari file presentasi Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman Dinas Pertanian dalam Temu Teknis tentang Agensi Hayati yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pemkab Situbondo, Nopember 2011.   


Editor Naskah dan Ilustrator : Khairdin Pramana Jaya, S. P., M. Pd.



Share this case:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Donasi

Radio Streaming Herdinbisnisdotcom


Get the Flash Player to see this player.


MENYIMAK di WINAM