herdinbisnis.com: Batik Kilensari, Batik Pamor menginspirasi

.

.

Minggu, 06 November 2011

Written on

Batik Kilensari, Batik Pamor menginspirasi


Batik Kilen, begitu orang sekitar menyebutnya. Pemiliknya menyebut, Batik Kilensari van Java, namun karena sudah menjadi lumrahnya, akhirnya banyak orang menyebutnya Batik Kilen. Kilensari merupakan sebuah wilayah Perdusunan dan merupakan nama Desa di Kecamatan Panarukan Situbondo. Batik yang dikelola oleh beberapa warga ini memiliki corak dan kekhasan yang sangat berbeda dibandingkan dengan yang batik-batik lain yang diproduksi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kekhasan ini disebut karena corak-coraknya khas Situbondo, sebuah kekayaan karya tersendiri yang dimiliki sebuah Kabupaten di Jawa Timur ini. Sebuah kabupaten yang menurut beberapa rekan disebut merupakan salah satu Kabupaten "Pendalungan", sebuah Kabupaten yang penuh karya-karya impresif yang belum sepenuhnya terpublikasi. herdinbisnis bersama Inspireconsulting mencoba datang untuk tahu tentang apa dan bagaimana halnya produk tersebut. Entah bagaimana nanti caranya kemudian dapat mengenalkan produk yang diproduksi oleh Batik Kilen tersebut. Dalam halaman ini, herdinbisnis  akan menampilkan paparan tentang  produk Batik Kilen ini.


Pengembangan Batik Kilen ini juga menurut beberapa sumber pengembangannya juga didukung oleh Perbankan. Kedudukan Perbankan dalam hal ini menjadi pilar bagi penyediaan modal bisnis kreasi lokal komunal seperti ini. Namun demikian pemasaran amat menjembatani kegiatan ini menjadi sebuah usaha yang ajeg dan berkelanjutan walaupun memang harus disadari bahwa Batik merupakan sebuah bentuk kreatifitas masyarakat Jawa atas kebutuhan Sandang yang merupakan kebutuhan dasar manusia. 

Menunggu Eksotika Batik Kilen.

Batik Kilen memproduksi Batik Tulis. Batik-batik tulis ini didesign oleh beberapa tokoh, kami sebut saja mereka team kreatifnya. Diproduksi di beberapa rumah produksi, dan produknya sudah cukup dikenal di kalangan menengah keatas. Selama ini pembeli selalu datang langsung ke Desa Kilensari. Mereka membeli langsung produk-produk batik tulis yang tersedia dalam galeri, beberapa diantaranya memesan batik tulis dan disesuaikan dengan logo atau corak tertentu dari institusi atau perusahaan mereka. 

Untuk membeli Batik Kilen kita dapat merogoh kocek mulai ratusan ribu rupiah hingga  jutaan rupiah. Harga yang cukup elegant bagi produk-produk yang diproduksi oleh Batik Kilen tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini saat ini sudah sejak awal telah masuk pada pasar menengah ke atas. 

Anda dapat menghubungi 081249412121 untuk memperoleh informasi produk dan motif Batik Tulisnya.  


Berikut koleksi foto   Batik Kilen yang sempat kami  peroleh gambarnya, sangat menarik untuk tujuan kunjungan Anda berwisata ke sentra-sentra produksi batik seperti ini di Situbondo, hubungi kami untuk informasinya  :

 





 Berikut dokumentasi herdinbisnis bersama Tim Beauty of Situbondo  dan inspireconsulting dalam sebuah kunjungan ke salah seorang Pengrajin Batik Tulis Kilensari van Java, Panarukan Situbondo.

dari kiri : Irwan Kurniadi (B o S), Isa Wahyudi, S. Psi, M. Psi. (inspire consulting director), Nina (Presenter)


Gallery Photography Herdinbisnis di Indyarocks
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!