herdinbisnis.com: Bagaimana Ngengat Ofurnacalis itu Menyerang Tanaman Jagung ?

.

.

Jumat, 30 Desember 2011

Written on

Bagaimana Ngengat Ofurnacalis itu Menyerang Tanaman Jagung ?

Hama Ngengat Ofurnacalis pada tanaman jagung 

Seekor ngengat betina mampu bertelor 700-800 lebih telor. Umur telor 3-4 hari. Ngengat betina lebih menyukai meletakan telor pada tanaman jagung yg tinggi dan meletakan telor pada permukaan bagian bawah daun, utamanya pada daun ke 5-8. 

Larva yg baru menetas berwarna putih kekuning-kuningan,makan berpindah-pindah.Larva muda memakan bagian alur bunga jantan, setelah instar ini kemudian pada instar selanjutnya menggerek batang jagung. Umur larva ngengat ofurnacalis ini 17-30 hari,pupa/entung biasanya terjadi di dalam batang tanaman jagung berwarna coklat kemerahan. Umur pupa antara 6-9 hari.

Gejala serangan ngengat ofurnacalis mempunyai karakteristik terjadi kerusakan pada tiap2 bagian batang tanaman jagung yaitu lobang2 gorokan pada batang jagung atau tongkol jagung,jg batang dan tessel yg mudah patah.

PENGENDALIANYA:





Pola kultur jaringan,tumpang sari jagung dgn kacang tanah atau kedelai.Waktu tanam yg tepat.Pemangkasan sebagaian bunga jantan kira2 4 dari 6 baris tanaman.

PENGENDALIAN HAYATI : 
Adalah dgn pemanfaatan musuh alami seperti : parasitoid trichogramma sp. 

Parasitoid tsb dpt memparasit telor ofurnacalis/ngengat. Predator eouboreilla annulata memangra larva dan pupa. Jamur Beauveria Bassiana.
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!