.

.

Senin, 12 Desember 2011

Written on

Batang Tembakau, bukan cuma untuk kayu bakar saja


Tembakau umumnya dikenal sebagai bahan baku rokok.  Belum banyak yang mengetahui bahwa batang tembakau dapat dimanfaatkan sebagai pestisida dan bahan kompos.  Padahal limbah batang tembakau setelah panen cukup melimpah.  Adakah yang mau dan  berinisiatif memanfaatkan limbah tembakau tersebut untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman ?.

CARA BAGAIMANA MEMANFAATKAN EKSTRAK BATANG TEMBAKAU UNTUK MENGATASI HAMA YANG MENYERANG TANAMAN


Berikut beberapa tips dan cara bagaimana memanfaatkan ekstrak batang tembakau. Caranya cukup mudah, hanya dipotong kecil-kecil kurang lebih 2 cm, dijemur hingga kering  kemudian dihancurkan dengan blender atau mesin pencacah hingga menjadi tepung.  Selanjutnya dibuat larutan. Pestisida nabati berbahan baku limbah batang tembakau yang digunakan selama percobaan menunjukkan hasil yang hampir sama dengan insektisida kimia sintetis untuk menekan hama penting tanaman bawang merah, tomat dan cabe. Kini, setelah panen tembakau Anda dapat bertanam sayuran tanpa dipusingkan lagi oleh hama tanaman.
DIPOTONG KECIL,KECIL KURANG LEBIH 2 CM, DIJEMUR HINGGA KERING KEMUDIAN DIHANCURKAN DENGAN BLENDER ATAU MESIN PENCACAH HINGGA MENJADI TEPUNG. SELANJUTNYA DIBUAT LARUTAN.




Di Trebungan - Mlandingan terdapat Kelompok Tani yang terlibat dalam kegiatan ini dan  cukup antusias untuk mengembangkan pestisida dan kompos berbahan baku batang tembakau dan urine sapi. Mereka bahkan berencana mengembangkan pestisida dan kompos berbahan baku batang tembakau secara komersial mengingat berlimpahnya limbah tersebut di lokasi mereka. Silahkan manfaatkan Dekomposer untuk pengomposan tersebut.

Penggunaan pestisida nabati sangat dianjurkan karena ramah lingkungan. Bahan baku juga relatif mudah diperoleh. Pembuatannya cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya. Namun demikian perlu diperhatikan keterbatasannya seperti daya tahan pestisida nabati yang singkat karena sangat mudah berubah dan terurai. Untuk itu volume aplikasi harus direncanakan dengan cermat agar efisien.  Di samping itu, konsentrasi larutan yang dihasilkan tidak konsisten karena sangat tergantung pada tingkat kesegaran bahan baku.
Selain tembakau, beberapa tanaman lain berpotensi pula sebagai bahan pestisida nabati, antara lain nimba, serai wangi, bakung, mindi, dan bunga krisan. Nimba dapat digunakan untuk mengendalikan OPT sepertiHelopeltis sp, tungau jingga (Erevipalpis phoenicis), ulat jengal (Hyposidra talaca), Fusarium oxysporum, dan lain-lain. Serai wangi dapat mengendalikan Tribolium spSitophilus spCallosobruchus spMeloidogyne sp, dan Pseudomonas sp. Bakung dapat digunakan sebagai pengganti pestisida yang berfungsi sebagai bakterisida dan virisida. Mindi biasa digunakan sebagai bahan baku sabun. Tanaman ini dapat berfungsi sebagai insektisida, fungisida, dan nematisida. Demikian juga bunga krisan dapat digunakan sebagai insektisida, fungsida dan nematisida. 
Nah, ayuk kita kembali melanjutkan pembahasan kita  kepada Tembakau, berikut beberapa tips  untuk memanfaatkan tembakau dalam beragam keperluan : 
  1. Rendam sebatang rokok di dalam satu liter air dan diamkan semalam. Nikotin akan dilepaskan ke dalam air dan larutan dapat disemprotkan ke tanaman untuk membunuh serangga.
  2. Siapkan campuran yang terdiri atas setengah cangkir bubuk bawang putih, satu cangkir kompos, dan satu cangkir tembakau. Sebarkan campuran ini di sekitar pangkal tanaman untuk mencegah serangan kutu tanaman.
  3. Campur larutan tembakau dengan bubuk pyrethrum dan semprotkan pada daun untuk mencegah penyakit daun menggulung. Penyakit ini disebabkan larva serangga yang menggulung daun untuk dijadikan tempat tinggalnya. 
  4. Sebarkan tembakau di sekitar pangkal pohon persik untuk mencegah hama penggerek.
  5. Jika Anda memiliki masalah kelabang, basahi tanah dengan campuran air, bawang putih dan tembakau. Kelabang bisa menimbulkan masalah karena memakan tanaman yang masih muda.
  6. Jika Anda memiliki masalah dengan tikus tanah, sebarkan tembakau pada lubang yang menjadi sarang mereka.
  7. Masukkan tembakau ke dalam sepanci air mendidih. Biarkan dingin dan saring. Tambahkan setengah cangkir sabun cair wangi lemon. Semprotkan larutan ini di sekitar halaman untuk menyingkirkan laba-laba.

Perhatian: Karena nikotin merupakan racun, pastikan untuk tidak menyemprot di daerah tempat anak bermain. Jauhkan juga larutan ini dari tanaman mawar. Ini akan membuat mawar berubah menjadi hitam.[

Share this case:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Donasi

Radio Streaming Herdinbisnisdotcom


Get the Flash Player to see this player.


MENYIMAK di WINAM