herdinbisnis.com: Buah-buah Anggur di Besuki - Situbondo sedang Berbuah Lebat

.

.

Kamis, 29 Desember 2011

Written on

Buah-buah Anggur di Besuki - Situbondo sedang Berbuah Lebat





Sebuah suasana yang menyenangkan jika kita bisa datang dan berkunjung ke kebun-kebun anggur di sekitaran Besuki Kabupaten Situbondo ini. Beberapa kebun anggur sedang berbuah lebat. Buah-buah anggur dari jenis Red Prince, Green Belgiy, Black Caroline dan beberapa jenis lainnya ini tampak indah sekali diliat. Sangat memberi suasana yang menawan dan menentramkan. 

Suatu ketika saya sedang bercengkrama dengan Pak Har- seorang Petani Anggur di Besuki, agak lama kami berbincang tentang bisnis pembibitan anggur yang sedang kami bangun ( http://bit.ly/ucS8tJ ) tersebut, lebih lanjut kemudian hadir seorang rekan Pak Nia namanya-  bersama istrinya bertamu ke rumah Pak Har tersebut. Lama kami bercengkrama, akhirnya kami menyentuh perbincangan tentang anggur.




Beliau bercerita tentang kebun anggurnya yang sedang berbuah lebat. Jenis anggur red Prince dan Black Caroline tersebut telah menunjukkan warna dan penampakan yang menarik, begitu katanya. Dan kemudian kami lanjutkan perbincangan tentang budidaya, pembuatan sirup dan produk-produk olahan anggur lainnya. Akhirnya kami berpisah, dan saya berjanji untuk datang dan melihat kebun anggur tersebut bersama Pak Har. 
Setelah kami sampai di tempat, kami melihat 8 pohon anggur sedang tumbuh dan merambat di para-para samping rumah yang berukuran lebih kurang 400 m2 tersebut.
Umur tanaman sekitar 2.5 tahunan, diperkirakan total jumlah kedelapan pohon ini adalah sekitar 75 kg.
Dan kebetulan saat itu, ada seekor kupu-kupu sedang menempel di salah satu buah. Suatu moment fotografi yang menarik buat saya. Hanya sayangnya, kamera saya tidak dilengkapi lensa Makro- namun hasilnya masih cukup tajam untuk ditampilkan dengan sedikit olahan- berikut hasilnya :
Saat kemudian kami bercengkrama tentang pertanian, diantaranya tentang tanaman hutan seperti gamelina, jati dan perkembangan terakhir di lapangan - terutama tentang potensi pemeliharaan lebah madu disekitar kebun dan hutan yang sekarang sedang dilaksanakan di sekitar Besuki - Situbondo tersebut. Termasuk perkembangan hortikultura menarik lainnya.
Sesaat kemudian kami ditelpon oleh seorang rekan, ternyata ada   sejumlah pohon anggur lain yang sedang berbuah. Ibu Rita (bendahara Asosiasi Petani Anggur Besuki - Situbondo) menemani kami mengantarkan ke tanaman buah anggur yang sedang berbuah lebat tersebut. Ibu  Rita sendiri waktu kami bertemu, sedang berada di Toko Pertanian miliknya. Beliau menanam anggur di depan tokonya dan dijalarkan ke atas tokonya. Tampak sekali tanaman ini tumbuh subur dan sedang memunculkan buah-buah mungilnya. Sekitar 20 hari lagi pasti sudah berbuah ranum. Nanti akan saya coba sajikan gambarnya dalam postingan ini.

Kali ini tanaman anggur ditanam di sebuah garasi kediaman berukuran 200 m2. Ditanam dengan para-para dari besi dan bambu. Tampak dari pohon sejumlah 2 pohon tersebut buah-buah anggur sedang menggantung panjang.








Namun, karena hari sudah gelap akhirnya kami tak terlalu lama untuk lebih lama bercengkrama. Dari kebun ini, tampak buah anggur sedang menggantung panjang dan sedang menunggu waktu matang.


Membutuhkan bibitnya ? Tersedia 5 varian anggur untuk Anda, silahkan kunjungi presentasi kami disini

Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!