.

.

Kamis, 19 Januari 2012

Written on

Multi Manfaat dari Pupuk Organik Padat/Kompos

Ada tiga hal penting kegunaan Pupuk Organik Padat atau Kompos, yakni secara Kimia-Biologi dan Fisika. Mari kita cermati!
 Manfaat secara KIMIA:

Kompos atau pupuk organik padat menyumbang tidak kurang dari 50% Kapasitas Tukar Kation (KTK) dalam tanah. Tingginya KTK tidak hanya berperan dalam membentuk kesuburan, tetapi juga berperan dalam meningkatkan kapasitas buffer (penyangga) dalam tanah sehingga tanaman dapat tumbuh lebih baik meskipun terdapat bermacam-macam cekaman seperti keasaman tanah, pengaruh nutrisi dan kondisi lain-lain dalam tanah yang tidak mendukung. KTK yang tinggi juga akan meningkatkan penggunaan elemen nutrisi.





Fungsi lain adalah melancarkan penyerapan nutrien tanah oleh tumbuhan. Dekomposisi bahan organik atau mineralisasi elemen nutrisi dalam bahan organik akan menghasilkan bermacam-macam nutrien seperti Nitrogen, Fosfor, Pottasium, Sulfur dan nutrisi makro serta mikro dalam berbagai ukuran. Penggunaan pupuk organik padat dari berbagai kombinasi bahan organik akan melengkapi pertukaran kesuburan kimiawi.

Ketersediaan pupuk organik padat biasanya juga digunakan sebagai parameter kesuburan tanah. Tingginya kadar bahan organik dalam tanah menunjukkan bahwa tanah relatif subur, sebaliknya bila kadar bahan organik dalam tanah menurun maka tanah akan berkurang kesuburannya.

Secara umum, bahan organik memiliki tiga pengaruh pada tanah, yaitu pengaruh fisik, kimia dan biologi. Sedikitnya 50% atau lebih Kapasitas Tukar Kation (KTK) tanah dibentuk oleh bahan organik tanah. Sekitar 92-94% nitrogen tanah dan total fosfor dilepaskan oleh bahan organik. Bahan organik tanah terbentuk dari jaringan tanaman dan kotoran hewan dalam tanah yang kemudian membentuk humus setelah mengalami proses dekomposisi. Humus memiliki sedikit warna dan akan berubah menjadi hitam setelah terjadi reaksi kimia atau oleh mikroorganime tanah.

Manfaat secara BIOLOGI:

Kandungan Karbon (C) merupakan sumber energi utama untuk aktivitas mikroorganisme tanah. Penambahan pupuk organik padat dengan C/N (nisbah Carbon terhadap Nitrogen) yang tinggi akan menambah penggandaan mikroorganisme. C/N ratio kompos yang telah menurun akan menyebabkan beberapa mikroorganisme tanah mati dan terdekomposisi, kemudian mikroorganisme mati itu akan menjadi sumber nutrisi dalam tanah.

Aplikasi kompos dalam tanah akan memberi manfaat atau keuntungan bagi tanaman, bergantung dari jenis tanaman dan jenis bahan organik. Perlakuan tanah dengan serbuk gergaji, dedaunan, pupuk hijau, limbah roti, bekatul, dll, akan meningkatkan perkembangbiakan cacing tanah dan menghambat pertumbuhan populasi nematoda dalam tanah.

Perlakuan tanah dengan batang tanaman gramineae seperti jerami akan menurunkan penyakit Wilt dan Blackleg pada kentang dan mati akar pada kacang polong, pea dan kapas. Aplikasi daun tebu akan menjaga kuningnya pisang. Perlakuan bahan organik dalam tanah akan meningkatkan populasi beberapa mikroorganisme menguntungkan, seperti rhizobia untuk fiksasi nitrogen dan mikoriza untuk meningkatkan penggunaan fosfor tanah.

Manfaat secara FISIKA:

Kandungan serat dalam bahan organik merupakan bagian terpenting dalam peningkatan kandungan fisik tanah. Tanah akan mengalami perubahan struktur dan kandungan karbon yang tinggi akan merangsang pertumbuhan miselium sehingga akan meningkatkan agregat tanah dan meningkatkan permeabilitas serta aerasi bagian tanah. Kelembaban tinggi akan mengabsorpsi kekuatan dan kandungan karbon tinggi akan meningkatkankan pertumbuhan misselium yang berperan dalam granulasi tanah berpasir serta menambah nutrisi dan daya ikat air. Saat musim dingin, bahan organik tanah akan mengabsorpsi panas dan menjaga temperatur tanah pada level tinggi yang berperan dalam pertumbuhan akar tanaman.

Nah, begitu pentingnya manfaat serta kegunaan pupuk organik padat/kompos dalam berbudidaya maka mari kita muliakan bumi pertiwi ini. Mari kita ajak sahabat petani untuk bertani dengan hati, dengan menggunakan teknologi Semua Ridho Illahi (SRI), agar bumi pertiwi tetap lestari. Salam

disadur dari catatan kang Widodo C. (KPI)
Share this case:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Donasi

Radio Streaming Herdinbisnisdotcom


Get the Flash Player to see this player.


MENYIMAK di WINAM