herdinbisnis.com: Tips dan Trik : Bagaimana Cara Membuat Sirup Belimbing ?

.

.

Sabtu, 21 Januari 2012

Written on

Tips dan Trik : Bagaimana Cara Membuat Sirup Belimbing ?

Dalam sebuah usaha dan bisnis apapun, faktor penting yang harus diperhatikan selain kemudahan bahan baku dan kualitas produksi adalah faktor pemasaran. Sebaik apapun produk yang kita hasilkan apabila kita tidak mempunyai strategi pemasaran yang baik maka usaha yang kita jalankan akan sulit berkembang. 


Pada umumnya pemasaran buah belimbing ini dipasarkan melalui 2 tahapan, yakni dari petani ke pengepul dan dari pengepul masuk ke pedagang buah di pasar-pasar tradisional ataupun pasar modern (supermarket). Untuk menjaga agar harga jual buah belimbing tetap stabil ada baiknya dalam pemasaran hasil buah dibentuk kelompok-kelompok tani. 


Dengan cara demikian harga buah belimbing bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan anggota kelompok supaya terhindar dari jatuhnya harga di saat panen raya.




Pada umumnya harga jual buah ditentukan berdasarkan kualitas buah, untuk buah yang berukuran besar dan bentuknya bagus tanpa cacat dikelompokkan dalam grade / kualitas A dan B. Harganyapun relatif lebih tinggi dan pada umumnya dipasarkan ke pasar-pasar modern yang mempunyai standart kualitas tertentu. 
Indeks Kematangan Buah setelah Panen yang biasa Dilakukan Petani


Sedangkan hasil panen yang berukuran sedang dan bentuknya kurang bagus, digolongkan dalam grade C, pada umumnya pedagang buah di pasar tradisional masih mau menjual jenis ini. Harganyapun relatif lebih rendah dibandingkan grade A dan B.

Selain dapat dipasarkan dalam bentuk buah segar, buah belimbing ini dapat diolah terlebih dahulu. Misalnya saja diolah menjadi minuman seperti Jus belimbing ataupun Sirup belimbing seperti yang dilakukan oleh Maria Gigih Sandy, dengan label Winner. Berikut cara membuat 1 botol sirup Buah Belimbing (620 ml) :

Sirup Buah Belimbing

Bahan baku utama:

  • Belimbing 7-8 ons
  • Gula 7 ons, air 150 ml, Karagen 28 gr
  • Natrium bensoat 0.01 ml
  • Asam sitrat 0.01 ml


Peralatan pendukung
  • Kompor
  • Panci masak
  • Blender
  • Kemasan botol kaca

Cara membuat :

  1. Buah belimbing dicuci bersih kemudian dipotong membujur dan dikukus selama 15 menit, dengan tujuan menghilangkan warna coklat akibat getah setelah dipotong. 
  2. selanjutnya belimbing di dinginkan dan diblender. 
  3. Kemudian disaringn untuk memisahkan sari dan ampasnya. 
  4. Masak air dan karagen hingga mendidih (suhu api 100 C). 
  5. Setelah mendidih masukkan gula kemudian suhu api dikecilkan hingga 80 C, lalu tambahkan Natrium Bensoat dan Asam Sitrat. 
  6. Masukkan sari buah belimbing. (Total waktu proses masak hingga masuknya sari buah sekitar 20 menit). 
  7. Setelah 20 menit baru angkat dan dinginkan.
  8. Sirup belimbing siap dikemas dan di jual.
Cara pengolahan seperti ini juga sangat berguna pada saat panen raya, dimana hasil panen melimpah sedangkan buah-buahan mempunyai waktu simpan yang relatif pendek. Dengan pengolahan lebih lanjut masa simpan menjadi lebih lama dan dapat dijadikan peluang usaha baru.
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!