herdinbisnis.com: Berita Pilihan Herdinbisnis : Gapoktan yang Bekerja Tanpa Mengandalkan Bantuan

.

.

Sabtu, 11 Februari 2012

Written on

Berita Pilihan Herdinbisnis : Gapoktan yang Bekerja Tanpa Mengandalkan Bantuan


Sinar Tani-Walaupun saat ini banyak bantuan dana langsung dari pemerintah untuk membantu petani, kelompok tani (poktan) atau gabungan kelompok tani (gapoktan) untuk mengembangkan usahanya, namun Riyono, S. Kel. M,Si Sekjen Perhimpunan Petani dan Nelayan Sejahtera Indonesia (PPNSI),  memandang cara yang paling tepat untuk menjadi petani mandiri adalah bekerja dengan  tidak terlalu bergantung pada bantuan tersebut.
“Agar poktan mandiri jangan suka mengandalkan bantuan dari pemerintah, karena logikanya semakin banyak bantuan maka akan membuat poktan malas dan enggan berkorban demi kemajuan dirinya dan anggota poktan sehingga hilanglah rasa kebersamaan dan gotong royong,” jelasnya kepada Sinar Tani.
Riyono mengatakan, harusnya  bantuan tersebut cukup sekali diberikan dan itu menjadi modal usaha untuk dikembangkan agar kemajuan kelompok bisa dirasakan oleh anggotanya. Jika mampu maka poktan bisa mencari pemodal atau mengajukan kredit ke bank dengan sistem bagi hasil yang lebih kompetitif serta mendapatkan bimbingan usaha.
”Jadi kunci pertama agar poktan lebih mandiri jangan mengandalkan bantuan, kedua poktan harus sering mengadakan pelatihan dan pengembangan SDM berbagai bidang usaha baik bidang agribisnis, keuangan, manajemen lembaga serta jangan lupa memperkuat rasa kebersamaan dan gotong royong antar poktan,” ujar Riyono yang juga sebagai Ketua Poktan Maju Makmur yang sampai sekarang anggotanya sudah 70 orang yang awalnya hanya 20 orang ini.
Agar poktan lebih mandiri perlu perluasan jaringan usaha. Adanya jaringan usaha akan semakin menjadikan poktan banyak ilmu dan pengalaman.  Studi banding sering dilakukan kepada poktan yang sudah maju agar lebih profesional dalam mengelola usaha. “Itulah kunci kemandirian poktan, kemandirian dibangun atas kaki sendiri bukan mengandalkan kaki orang lain,” tambah Riyono.

Jika Anda berkelompok dan  berkenan dalam hal mengembangkan suatu usaha Agribisnis ataupun usaha Ekonomi Kreatif lainnya, saya akan membantu mendampingi Anda- jika memang dibutuhkan. Setidaknya akan menghubungkan Anda dengan Petugas-petugas Penyuluh baik itu Pertanian, Kehutanan, Perikanan serta Kreasi & Kesenian, apalagi hal tersebut terkait dengan Penumbuhan Ekonomi Kreatif di wilayah Anda. Silahkan hubungi 081.249.412.121.


Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!