herdinbisnis.com: Ilmuwan Temukan Cara Kendalikan Komputasi DNA

.

.

Kamis, 23 Februari 2012

Written on

Ilmuwan Temukan Cara Kendalikan Komputasi DNA

Bhinneka dot comSeorang ilmuwan di Universitas Carolina Utara (NCSU) telah menemukan cara untuk mengontrol gerbang logika sistem komputasi berbasis DNA.

Penemuan ini dapat membuat chip komputer yang teintegrasi dengan molekul DNA dapat berfungsi seperti arsitektur chip yang dibangun dengan silikon, dalam membuat semikonduktor berkinerja tinggi di masa mendatang.

Menurut Alex Deiters, profesor kimia di NCS, komputasi DNA memiliki potensi luar biasa karena memiliki berkemampuan menyimpan lebih banyak data dibanding chip berbasis silikom. Namun, DNA lebih sulit untuk dikontrol. Bahkan, komputasi DNA cenderung beroperasi tidak beraturan, sehingga kapan dan dimana tidak dapat diperkirakan dan dikontrol. Alasan inilah yang membuat para ilmuwan harus berupaya menemukan solusi dalam membuat urutan perhitungan DNA.

Deiters menyatakan, dirinya telah berhasil mengendalikan DNA melalui “photocaging” bagian dari untaian DNA. Dengan mengekspos DNA memanfaatkan sinar UV ilmuwan tersebut mengklaim, berhasil menangkap beberapa nukleotida berbeda pada gerbang logika suatu DNA, yang dikenal sebagai gerbang AND. Sinar UV bisa digunakan untuk memulai dan menghentikan proses komputasi.

Deiters kini berharap, photocaging akan memungkinkan para ilmuwan dapat menciptakan proses komputasi yang lebih kompleks dan antarmuka komputer berbasis DNA dengan silikon. (fahrur)

source : bhinneka dot com
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!