herdinbisnis.com: MEKANISME ALERGI :: Mekanisme Alergi: Kenali Alergen Agar Tidak Alergi

.

.

Rabu, 08 Februari 2012

Written on

MEKANISME ALERGI :: Mekanisme Alergi: Kenali Alergen Agar Tidak Alergi


Mungkin Anda sudah tak asing dengan istilah alergi. Atau bahkan Anda adalah salah satu penderita alergi. Alergi bisa beraneka macam, ada yang alergi terhadap dingin, debu, makanan, dan lain-lain. Reaksinya juga bisa beragam, mulai dari gatal-gatal, bersin, hidung meler seperti gejala flu, mengeluarkan air mata, sakit kepala, dan sebagainya. Sebenarnya apa itu alergi dan bagaimana mekanisme alergi tersebut?


Mengenal Alergi

Menurut Ensiklopedia, 

Menurut ilmu imunologialergen adalah senyawa yang dapat menginduksi imunoglobulinE (IgE) melalui paparan berupa inhalasi (dihirup), ingesti (proses menelan), kontak, ataupun injeksi.[1] Respon tubuh terhadap suatu alergen terjadi melalui proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sifat inang, lingkungan, dan sifat fisik dari alergen.[1] Sebagian besar alergen merupakan protein yang dapat merangsang respon imun tubuh melalui reaksi enzimatik atau aktivasi reseptor pada sel epitelium mukosasecara langsung.[2] Beberapa contoh antigen spesifik adalah:[2]


  • Aeroalergen
Protein atau glikoprotein yang tersebar di udara dan bersumber dari berbagai macam sumber, seperti spora kapangserbuk sari tumbuhan, bulu hewan, dan kotoran tungauserta kecoa.[2]
  • Alergen makanan
Beberapa contoh makanan yang biasanya menimbulkan alergi pada anak-anak adalah telursusukedelaigandum, dan kacang.[2]
  • Alergen lateks
Alergi yang disebabkan oleh karet lateks sering ditemukan pada pekerja industri karet, petugas kesehatan, dan orang yang menjalani operasi di saat bayi.[2]
  • Alergen farmasi
Contohnya penisilin dan sefalosporin.[2]
  • Alergen bisa serangga
Sengatan serangga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang
source : Ensiklopedia


Alergi adalah respon tubuh kita yang tidak tepat terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak berbahaya seperti makanan, zat yang terhirup, inhalan, atau zat zat kimia pada makanankimia tertentu. Dalam tubuh kita terdapat sistem kekebalan tubuh yang bertugas melindungi tubuh dari segala benda atau zat asing dari luar yang dianggap membahayakan.

Sistem ini bertugas mendeteksi tipe zat penyerang itu dan membentuk antibodi untuk menanggulanginya. Nah, ketika ada zat-zat tertentu yang masuk ke tubuh kita, adakalanya sistem kekebalan tubuh kita salah menafsirkan itu sebagai zat yang berbahaya. Sel-sel kekebalan tubuh pun segera bekerjasama membentuk antibodi untuk memerangi zat asing tersebut


Reaksi alergi

Reaksi sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh secara berlebihan ini, tidak hanya menciptakan antibodi yang menghancurkan zat-zat yang dianggap sebagai penyerang, melainkan juga menghancurkan dirinya sendiri.

Reaksi berlebihan terhadap alergen (yang menyebabkan alergi) tertentu yang datang inilah yang kemudian menimbulkan reaksi alergi. Molekul-molekul antibodi yang disebut IgE (imunoglobulin E) ini kemudian menempel pada reseptor, pada sel-sel mast, yang menjadi tempat pernikahan tempat menerima zat-zat alergen dari luar untuk pertama kalinya. IgE kemudian melepaskan zat histamin yang menjadi biang keladi bersin-bersin, alergi pada kulit, kulit gatal, mata berair, dan reaksi-reaksi alergi lainnya


Adakalanya pula terjadi reaksi alergi yang hebat, seperti alergi pada ikan, kandungan kacang tanah kacang atau sengatan serangga. Alergi hebat ini kemudian menyebabkan jaringan yang membengkak bahkan kesulitan bernafas jika pembengkakan terjadi pada  saluran pencernaan saluran  pernafasan. Alergi jenis ini disebut anafilaksis. Reaksi alergi jenis ini bisa dinetralisir dengan menyuntikkan epinefrin sintesis, atau hormon sintesis yang biasa dihasilkan oleh adrenalin.

Orang-orang yang memiliki potensi mengalami alergi hebat, sangat dianjurkan untuk selalu membawa pena epinefrin, sehingga sewaktu-waktu serangan alergi hebat terjadi bisa segera ditanggulangi

Tips Menghindari Alergi

Berikut beberapa tips menghindari alergi.

  1. Kenali alergen atau sesuatu yang membuat Anda alergi. Apakah itu jenis-jenis makanan tertentu, zat-zat tertentu yang terhirup, atau kondisi cuaca tertentu. Jika Anda mengenali alergen Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menghindarinya.
  2. Jika Anda alergi terhadap suatu makanan tertentu, hindarilah mengkonsumsi makanan tersebut. Cermati pula kandungan yang terdapat pada suatu makanan, termasuk juga mencermati label makanan yang terdapat pada makanan kemasan. Jika Anda makan di rumah makan, tidak ada salahnya Anda menanyakan kandungan makanan tersebut kepada sang juru masak.
  3. Jika Anda alergi terhadap debu, hindari terpapar debu dalam tempo yang lama. Kenakan masker saat mengendarai sepeda di jalan, atau pada saat membersihkan rumah. 
  4. Jika Anda alergi udara dingin, lindungi diri Anda dengan jaket bagus (maksudnya, yang sesuai) tebal yang memungkinkan tubuh Anda tetap berada pada kondisi hangat sehingga sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan bereaksi terhadap alergen dingin yang hadir.
  5. Bagi Anda yang memiliki potensi mengalami alergi hebat, selalu bawa pena epinefrin, untuk mencegah kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

source : google


Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!