herdinbisnis.com: Beberapa Jenis Olah Raga Ringan ini, Ternyata Paling Ampuh Menghindarkan Ragam Penyakit

.

.

Sabtu, 10 Maret 2012

Written on

Beberapa Jenis Olah Raga Ringan ini, Ternyata Paling Ampuh Menghindarkan Ragam Penyakit


Dewasa ini, lebih banyak orang yang ingin hidup serba praktis dan hanya bermalas-malasan. Sebenarnya, kebiasaan tersebut merupakan salah satu kebiasaan yang dapat mengundang resiko terkena penyakit jantung. Tahukah Anda bahwa orang yang kurang aktif berolahraga memiliki risiko dua sampai tiga kali lebih besar mengalami serangan jantung. Maka dari itu, mari kita kenali 4 jenis olahraga menuju jantung sehat.


Gaya hidup ataupun pekerjaan yang hanya berdiam diri disuatu tempat (gaya hidup kurang aktif) adalah salah satu factor teratas penyebab penyakit jantung. Untuk mencegahnya cukup mudah yaitu dengan berolahraga. Latihan atau olah raga teratur seperti latihan aerobic memberikan banyak keuntungan seperti :
  • menguatkan jantung dan system kardiovascular
  • meningkatkan sirkulasi dan membantu tubuh menggunakan oksigen dengan lebih baik
  • meningkatkan level energi sehingga Anda bisa lebih aktif tanpa merasa kelelahan atau pendek nafas
  • meningkatkan daya tahan tubuh
  • menurunkan tekanan darah
  • meningkatkan kekuatan dan keselarasan otot
  • meningkatkan keseimbangan dan kelenturan sendi
  • menguatkan tulang
  • membantu mengurangi lemak tubuh dan membantu mencapai berat ideal
  • membantu mengurangi stress(tekanan, kecemasan dan depresi)
  • meningkatkan image pribadi dan kepercayaan diri, memperbaiki kualitas tidur
  • menjadikan tubuh merasa lebih rileks dan mudah beristirahat, serta membuat kita merasa fit dan sehat.

Olahraga sederhana yang dilakukan secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Setidaknya ada 4 jenis olahraga yang membuat jantung sehat. Apa saja?

Latihan kardiovaskular adalah bentuk kegiatan yang meningkatkan pernapasan dan denyut jantung. Olahraga ini pada dasarnya menantang jantung untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih kuat.

Olahraga kardiovaskular akan memperbaiki cara tubuh menggunakan oksigen. Ini akan membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah ke tubuh.

Seperti dilansir dari Sheknow, Rabu (30/6/2010), empat olahraga kardiovaskular terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah sebagai berikut:

1. Jalan Kaki
Tubuh manusia dilahirkan untuk berjalan. Jalan cepat adalah cara alami untuk meningkatkan kebugaran tubuh, terutama jantung. Selain itu, jalan cepat bekerja lebih baik untuk orang dengan gemuk atau overweight. Hal ini karena jalan cepat dapat membantu mengurangi lemak otot di area dekat sendi.

2. Lari
Meski lebih menantang ketimbang jalan, lari adalah aktifitas fisik jantung sehat yang mudah untuk dilakukan. Selain itu, lari juga merupakan salah satu cara terbaik unutk membakar kalori. Dengan begitu, ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, ada bonus lain yaitu kesehatan jantung.

3. Berenang
Kolam renang bisa jadi merupakan tempat terbaik untuk bermalas-malasan sambil mengapung, tapi air di kolam renang bisa menjadi tantangan kebugaran tubuh. Berenang atau olahraga air lain tidak hanya akan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, air memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan kekuatan otot dan suara.

4. Bersepeda
Aktivitas kardiovaskular lain yang mudah adalah bersepeda. Dengan bersepeda, Anda bisa jalan-jalan keliling komplek rumah atau taman sambil meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan mengencangkan tubuh.


Itulah jenis olahraga yang sederhana tetapi mampu untuk membuat jantung sehat. Olahraga tidak hanya membuat jantung sehat, tetapi juga membuat Anda merasa lebih muda dan kuat. Sebenarnya, olahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan jantung sehat tetapi harus diimbangi dengan pola hidup sehat.


sumber : detik health
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!