herdinbisnis.com: Tentang Bagaimana Membudidayakan Tanaman Melon : Lingkungan dan Syarat Apa Saja yang Diperlukan untuk Membudidayakan Tanaman Melon

.

.

Selasa, 06 Maret 2012

Written on

Tentang Bagaimana Membudidayakan Tanaman Melon : Lingkungan dan Syarat Apa Saja yang Diperlukan untuk Membudidayakan Tanaman Melon


Untuk Membudidayakan Tanaman Melon, kita sebaiknya memahami bagaimana Tanaman ini bisa tumbuh baik setelah kita memahami bagaimana sejarahnya tanaman ini dikenal dan digemari oleh khalayak. Tanaman melon masih dianggap sebagai tanaman yang penuh dengan misteri, karena sebagian besar penuturan petani, bahwa budidaya tanaman ini sangatlah penuh dengan unsur kegagalan. Penuturan tersebut sangatlah beralasan karena sebagian dari petani belum memahami apa dan bagaimana sebetulnya tanaman Melon itu sendiri, dimana dia bisa tumbuh baik, dan bagaimana prinsip dan persyaratan yang menjadi hal paling utama dari budidaya ini. Karena itu, marilah kita perhatikan Apa dan Bagaimana Tanaman ini bisa tumbuh baik, selamat menikmati :



SYARAT TUMBUH

Iklim
  1. Angin yang bertiup cukup keras dapat merusak pertanaman melon, dapat mematahkan tangkai daun, tangkai buah dan batang tanaman.
  2. Hujan yang terus menerus akan menggugurkan calon buah yang sudah terbentuk dan dapat pula menjadikan kondisi lingkungan yang menguntungkan patogen. Saat tanaman melon menjelang panen, akan mengurangi kadar gula dalam buah.
  3. Tanaman melon memerlukan penyinaran matahari penuh selama pertumbuhannya.
  4. Tanaman melon memerlukan suhu yang sejuk dan kering untuk pertumbuhannya. Suhu pertumbuhan untuk tanam melon antara 25–30 derajat C. Tanaman melon tidak dapat tumbuh apabila kurang dari 18 derajat C.
  5. Kelembaban udara secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman melon. Dalam kelembaban yang tinggi tanaman melon mudah diserang penyakit.

Media Tanam
  1. Tanah yang baik untuk budidaya tanaman melon ialah tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman melon berkembang. Tanaman melon tidak menyukai tanah yang terlalu basah.
  2. Tanaman melon akan tumbuh baik apabila pH-nya 5,8–7,2.
  3. Tanaman melon pada dasarnya membutuhkan air yang cukup banyak. Tetapi, sebaiknya air itu berasal dari irigasi, bukan dari air hujan.

Ketinggian Tempat

Tanaman melon dapat tumbuh dengan cukup baik pada ketinggian 300–900 meter dpl. Apabila ketinggian lebih dari 900 meter dpl tanaman tidak berproduksi dengan optimal.
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!