.

.

Minggu, 27 Mei 2012

Written on

Bagaimana Cara Menanam Tanaman Buah Mangga

Tanaman mangga menurut para ahlinya diperkirakan berasal dari India,yaitu daerah disekitar Bombay dan daerah disekitar gunung Himalaya. Perkiraan ini didasarkan pada kepercayaan masyarakat Hindu yang menganggap pohon mangga merupakan pohon suci. Ada masyarakat di India yang menjadikan buah mangga sebagai makanan pokok,terutama pada saat terjadi musim paceklik.



Pohon mangga menyebar dari India ke negara-negara lain,seperti Amerika latin (terutama Brazilia), benua Afrika, dan juga menyebar sampai negara-negara dikawasan Asia Tenggara.

CARA TANAM TANAMAN BUAH MANGGA


Kebun mangga harus memenuhi syarat-syarat seperti berikut :
  • Suplai air harus cukup.
  • Terhindar dari banjir dan air menggenang.
  • Aerasi dan drainasenya baik.
  • pH tanahnya antara 5,5-6,5.
  • Tanah subur, gembur, banyak mengandung bahan organik.
  • Lapisan solum cukup dalam atau lebih dari 150 cm.
  • Mengenai kontur lahannya tidak menjadi persoalan.lahan yang agak miring lebih baik daripada lahan yang datar sama sekali.



Lahan didaerah pantai bisa juga dibuat perkebunan mangga karena pohon mangga akan tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. 

Tehnik pemeliharaannya sama seperti daerah yang yang bukan pantai, yang paling penting diperhatikan adalah drainase dan pengaruh uap dari laut terhadap daun daun mangga, yang biasanya membuat ujung daun menjadi kering. Bagian tanah dibawah tanaman diberi mulsa jerami padi supaya penguapan air tanah tidak terlalu tinggi.

Cara menanam bibit mangga dimulai dengan 
  • Pembuatan lubang tanam dengan kedalaman,lebar dan panjang 50 cm. Pada waktu penggalian,galian tanah sampai kedalaman 25 cm dipisahkan dengan galian tanah dari kedalaman 25-50 cm. 
  • Tanah galian dicampur dengan pupuk kompos/pupuk kandang,
  • Kemudian bedah pot/polybag bibit mangga, perhatikan- jangan sampai tanah yang melekat pada akar terberai
  • masukan bibit mangga bersama media tanamnya dalam lubang dan 
  • Timbun dengan galian tanah atas diikuti galian tanah dalam. 
  • Tekan tanah disekitar batang dan pasang kayu penyangga.




Cara Bertanam Mangga dalam Pot

Mangga Dalam Pot atau istilah yang dikenal dikalangan pencinta tanaman buah adalah TABULAMPOT (tanaman buah dalam pot). Cara ini terbukti menjadi solusi untuk teman-teman yang mempunyai lahan tebatas,untuk menanam tanaman mangga dalam pot hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan Bibit,Pot,Media tanam.

Langkah pertama dalam memilih bibit yang baik adalah bibit harus terlihat normal, baik, sehat.  Bibit yang sehat dapat dicirikan dengan batang yang kokoh,percabangan yang kuat,daun yang lebat dan hijau,kulit batang yang terlihat mulus, dan tidak ada bekas serangan hama dan penyakit.



Dilihat dari varietasnya,sebenarnya hampir semua varietas mangga dapat dibuahkan dalam pot. Perbedaan terletak pada waktu yang dibutuhkan,produktivitasnya,dan tajuknya. Untuk pemula,pilihlah varietas mangga yangt paling mudah berbuah,yang perawatannya mudah,dan yang bertajuk seimbang. Manalagi kecil,apel Thailand,nang klang wan,dan nam dok mai adalah varietas mangga yang relatif mudah untuk dibuahkan.

Bibit yang baik juga memiliki cabang primer antara 3-4 cabang pada batang utama,dengan arah pertumbuhan merata pada setiap sudut. Bibit yang baik juga memiliki daun yang yang sehat. ciri daun yang sehat adalah warnanya hijau,terlihat cerah dan segar,teksturnya mulus,dan secara keseluruhan terlihat rimbun. Tanaman dengan daun yang layu,cacat, atau warnanya pudar, sebaiknya tidak dipergunakan sebagai bibit. Cacatnya daun ini disebabkan oleh tiga hal. Pertama,perawatan kurang baik. Kedua,terkena serangan hama atau penyakit. Ketiga,tanaman baru dipindahkan dari tempatnya.

Pemilihan pot juga sangat berpengaruh dalam keberhasilan TABULAMPOT untuk sampai berbuah,kesalahan dalam pemilihan pot dan media tanam dapat mengakibatkan tanaman mangga tidak berbuah. Yang banyak digunakan untuk pot adalah drum bekas minyak tanah/oli,kita tinggal memotong mejadi dua bagian dan dibawahnya diberi lubang kecil sebanyak 4-6 buah. Lubang kecil ini sangat berguna untuk menghindari terjadinya pembusukan pada akar akibat tergenang air. Akar yang tergenang air bisa membuat tanaman mati.

Selanjutnya adalah pemilihan media tanam, umumnya tiap penangkar yang berpengalaman mempunyai perbandingan masing-masing dalam menentukan formula media tanam yang digunakan. Sebagai patokan, mangga menyenangi media tanam yang berstruktur remah,berbutir-butir,gembur, dan mengandung unsur hara. Media tanam yang harus disiapkan adalah tanah kebun 1 bagian,kompos 1 bagian,arang sekam 1 bagian, dan yang terakhir adalah batu kerikil atau pecahan batu bata merah yang dipecah kemudian ditaruh di lapisan bawah drum sebagai alas dengan ketinggian sekitar 5-10 cm. Semua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu dan silahkan menanam bibit mangga anda.

source : ananta
Share this case:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Donasi

Radio Streaming Herdinbisnisdotcom


Get the Flash Player to see this player.


MENYIMAK di WINAM