herdinbisnis.com: Tahukah Anda tentang Mikoriza ?, Bermanfaat lho untuk Tanah dan Tanaman Anda

.

.

Minggu, 20 Mei 2012

Written on

Tahukah Anda tentang Mikoriza ?, Bermanfaat lho untuk Tanah dan Tanaman Anda

Mikoriza Adalah suatu bentuk asosiasi simbiotik antara akar tumbuhan tingkat tinggi dan miselium cendawan tertentu. Nama mikoriza pertama kali dikemukakan oleh ilmuwan Jerman Frank pada tanggal 17 April 1885.


Mikoriza berasal dari dua suku kata, yaitu Mykos dan Riza. Mykos berarti Cendawan dan Riza berarti Akar. 

Mikorisa tersebar dari artictundra sampai ke daerah tropis dan dari daerah bergurun pasir sampai kehutan hujan yang melibatkan 80% jenis tumbuhan yang ada.


Hampir semua tanaman pertanian akarnya terinfeksi cendawan mikoriza. Gramineae dan Leguminosa umumnya bermikoriza. Jagung merupakan contoh tanaman yang terinfeksi hebat oleh mikoriza. Tanaman pertanian yang telah dilaporkan terinfeksi mikoriza vesikular-arbuskular adalah kedelai, barley, bawang, kacang tunggak, nenas, padi gogo, pepaya, selada, singkong dan sorgum. Tanaman perkebunan yang telah dilaporkan akarnya terinfeksi mikoriza adalah tebu, teh, tembakau, palem, kopi, karet, kapas, jeruk, kakao, apel dan anggur


  1. Ektomikoriza mempunyai sifat antara lain akar yang kena infeksi membesar, bercabang, rambut-rambut akar tidak ada, hifa menjorok keluar dan berfungsi sebagia lat yang efektif dalam menyerap unsur hara dan air, hifa tidak masuk kedalam sel tetapi hanya berkembang diantara dinding-dinding sel jaringan korteks membentuk struktur seperrti pada jaringan Hartiq. Bersimbiosis dengan pohon dari famili: Pinaceae, Betulaceae, Myrtaceae dan Fagaceae.
  2. Endomikoriza Endomikoriza mempunyai sifat-sifat antarlain akar yang kena infeksi tidak membesar, lapisan hifa pada permukaan akar tipis, hifa masuk kedalam individu sel jaringan korteks, adanya bentukan khusus yang berbentuk oval yang disebut Vasiculae (vesikel) dan sistem percabangan hifa yang dichotomous disebut arbuscules (arbuskul) disebut juga vesicular-arbuscular micorrhizae (VAM). Menginfeksi kebanyakan tanaman pangan, hortikultur, perkebunan.

artikel terkait :

Cara Praktis Membuat Inokulan Mikoriza

Manfaat Mikoriza
http://www.herdinbisnis.com/2012/05/manfaat-mikoriza-bagi-tanaman.html

Anda bisa memperoleh Mikoriza yang sudah siap digunakan melalui herdinbisnis dot com.
Cara Order :

  • SMSkan Nama, Alamat, Nama dan Jumlah Produk 
  • kirim ke 081249412121



Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!