.

.

Minggu, 27 Mei 2012

Written on

Zat Pengatur Tumbuh Paklobutrazol

Paklobutrazol adalah zat perangsang tumbuh yang merangsang bunga dengan cara menekan pertumbuhan vegetatif. Terhambatnya fase vegetatif inilah yang akan membuat tanaman memasuki fase generatif alias pembungaa


Penggunaan Paklobutrazol harus dilakukan secara hati-hati, hal yang perlu selalu diingat ialah tanaman yang diberikan ZPT ini haruslah berada pada kondisi yang subur, pemberian paklubutrazol pada tanaman yang tidak subur akan menyebabkan pertumbuhan tunas dan pucuk bakal terhambat hingga 1-2 tahun.


Persiapan penggunaan ZPT Paklobutrazol yang tepat dimulai 1 bulan sebelum pemberian Paklobutrazol pada tanaman. Sebulan sebelum Paklobutrazol di berikan, tanaman perlu dipupuk menggunakan 2 kg NPK 15:15:15 dan 20 s/d 30 kg pupuk kandang serta dilakukan pemangkasan ringan. Setelah 1 sampai 2 bulan kemudian dimana terlihat tanaman terlihat subur, bahan aktif paklobutrazol disiramkan ke lubang sedalam 10 cm yang dibuat mengelilingi batang sejauh 20-50 cm. Setiap tanaman mendapat 20 ml ZPT yang dilarutkan dalam 3 l air.

Tanpa dilakukannya tahap pemupukkan dan pemangkasan, pemberian ZPT Paklobutrazol dapat beresiko tanaman meranggas dan merana.


Dengan dosis yang tepat, penggunaan paklobutrazol selayaknya tidak menimbulkan kecemasan berlebihan. Petani mangga di Thailand banyak mengaplikasikan hormon ini pada tanaman mereka agar berbuah lebih cepat dari musimnya untuk menghindari jatuhnya harga karena berlebihnya pasokkan mangga ke pasaran.

source : ananta
Share this case:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Donasi

Klik saja !!

klik saja

Klik saja !!

Klik saja !!