herdinbisnis.com: Tanya Jawab Seputar Budidaya Lele

.

.

Sabtu, 08 September 2012

Written on

Tanya Jawab Seputar Budidaya Lele



Tanya Jawab Seputar Budidaya Lele

T:    Bagaimana Pengelolaan Air Alami/Hijau dilakukan pada kolam tanah atau beton?
J:     Tahapan pada kondisi kolam tanah bisa dimulai dari pemberian pupuk kandang matang/kompos dan Nutrizim Pasta Multiguna sampai tahap menjelang tebar benih, tentunya pada kolam yang sudah pernah dipakai budidaya. Lapisan tanah bagian atas harus dibalikan atau diambil untuk meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan serapan racun pada budidaya nantinya. Bila perlu pasca pembalikan tanah ditaburi kapur pertanian dahulu.

T:    Bagaimana jika budidaya sudah berlangsung, apa ditengah jalan bisa diterapkan Pengelolaan Air Alami/Hijau?
J:     Ditengah jalan ada baiknya cukup pemberian Nutrizim Pasta Multiguna saja untuk mereduksi tingkat racun pada kolam.

T:    Kapan waktu yang tepat untuk mengurangi dan menambah air?
J:     Lakukan kedua program tersebut ketika lele belum diberi pakan pellet. Ketika kedua tindakan tersebut dilakukan setelah pemberian pakan, lele akan mengalami shock digestive akibatnya pakan yang sudah ditelan akan dikeluarkan lagi.



T:    Apa yang terjadi jika benih lele tidak diadaptasikan dahulu?
J:     Ini yang disebut gagal adptasi,benih lele akan mengalami stress dengan gejala sebagai berikut: lele akan bergerombol pada sudut kolam, lele akan kembung, napsu makan turun dan sakit

T:    Ketika kolam bau dan banyak ikan lele yang mati apa tindakannya?
J:     Tentunya dengan kolam yang bau, akumulasi zat-zat racun seperti ammonia dan H2S sangat tinggi, ini bahaya sekali pada lele apalagi pada kolam terpal, tindakan terbaik adalah mengurangi air pada tingkatan bawah kira-kira 25-50% dari volume kolam. Kemudian diberikan 1-2 sendok makan Nutrizim Pasta Multiguna selama 3 hari berturut-turut

T:    Di dalam satu kolam ada berbagai ukuran lele, apa yang terjadi dan bagaimana mengatasinya?
J:     Ukuran yang berbeda akan berdampak buruk terhadap produksi, lele yang lebih besar akan mendominasi ketika pemberian pakan dan yang kecil semakin lemah karena tidak dapat jatah makan. Lele hewan karnivora tentunya lele yang besar ketika lapar akan memakan lele yang lebih kecil ukurannya. Tindakan terbaik adalah dengan tebaran yang sama ukuran ketika mau tebar benih dan pemberian pakan yang merata dan optimal. Bisa juga dengan sistem panen parsial bila sudah ada yang ukuran komsumsi.

T:    Bagaiman pencampuran obat dan vitamin lewat pakan?
J:     Ambil obat/vitamin sesuai dosis, kemudian masukan kedalam air secukupnya (1/2-1 gelas) aduk hingga larut. Kemudian campurkan dengan pakan pellet hingga merata baru diberikan pada lele. Jangka waktu pemberian sesuaikan dengan obat/vitamin. Obat berikan 3-5 hari berturut-turut pada sore hari. Vitamin 5-10 hari berturut – turut pada pagi hari.
T:    Jika kita menggunakan garam untuk mengatasi penyakit, apakah Nutrizim Pasta Multiguna bisa diberikan bersamaan waktunya?
J:     Garam atau bahan kimia lain (cair) adalah bersifat antiseptic, jadi semua mikroorganisme yang bersinggungan dengan keduanya akan mati, temasuk kandungan probiotik di dalam Nutrizim Pasta Multiguna. Alangkah baiknya jika cukup menggunakan probiotik dan vitamin untuk menjaga kesehatan ikan dan kualitas air kolam.


T:    Ketika hujan apa yang terjadi dengan kualitas air kolam?
J:     Pastinya air kolam akan mengalami penurunan kualitas termasuk pH. Nutrizim Pasta Multiguna bisa diberikan pasca hujan untuk menstabilkan pH dan bakteri Flok Yang sudah ada.

T:    Apakah vitamin atau obat diberikan ketika lele sakit saja?
J:     Tidak, ketika ikan sakit sudah menunjukkan gejala klinis berarti tingkatan penyakit ikan tersebut sudah akut atau kronis. Tindakan pengobatan pada tahab ini tentunya sudah terlambat dan biasanya akan memberikan hasil yang lebih lama. Vitamin dan obat ikan bisa diberikan ketika kondisi lingkungan dan cuaca yang kurang mundukung. Keduanya bisa diberikan antara 3-7 hari berturut – turut atau sesuai program pembesaran lele.

T:    Enzim yang terdapat dalam Nutrizim Pasta Multiguna bermanfaat apa?
J:     Enzim di dalam Nutrizim Pasta Multiguna berfungsi sebagai katalis atau mempercepat proses – proses di pencernaan lele. Amylase mempercepat kandungan pakan menjadi energy. Proteinase mempercepat protein menjadi daging. Lipase mempercepat lipid/lemak menjadi energi/daging

T:    Apa yang terjadi jika lele mengalami penyakit jamur?
J:     Jamur menyerang karena kualitas air yang buruk. Bila terjadi lele yang terkena jamur direndam dalam larutan IODINE yang sudah diencerkan selama 2-4 detik. Kemudian dipindah ke kolam baru.

T:    Diberbagai daerah ada kolam yang diberi enceng gondok. Fungsinya sebagai apa?
J:     Salah satu fungsi enceng gondok adalah sebagai:
1.    Pelindung alami terhadap sinar matahari yang panas
2.    Enceng gondok bisa memberikan rasa nyaman bagi lele
3.    Lele adalah hewan nocturnal tentunya menyukai suasana yang lebih gelap
4.    Enceng gondok bisa menyerap racun pada air kolam

T:    Apakah Nutrizim Pasta Multiguna bisa menekan tingkat stress pada lele?
J:     Sangat bisa, indicator dari stress adalah peningkatan PPO. Nutrizim Pasta Multiguna bisa menurunkan tingkatan PPO pada ikan dan udang.

T:    Ketika masih benih, ukuran pakan pellet yang saya berikan seperti apa dan bagaimana?
J:     Pemberian pakan lele disesuaikan dengan bukaan mulut lele tersebut. Bila benih lele di bawah ukuran 7cm alangkah baiknya diberikan pakan ukuran 1 selama 1-2 minggu. Setelah itu bisa diberikan pakan  -2/-3 sampai panen.

T:    Apa itu FCR?
J:         FCR singkatan dari Feed Conversion Ratio. Perbandingan jumlah pakan (kg) yang diberikan dengan jumlah daging (kg) yang dihasilkan. Pakan yang baik akan memberikan FCR 1:1 jika kita tebar benih lele ukuran 7 cm


Lebih Lengkap tentang Budidaya Lele, tersedia pula FILE DOWNLOAD Ebook Budidaya Lele Terpal, silahkan download pada link download dibawah ini :





Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!