.

.

Jumat, 19 Oktober 2012

Written on

Peluang Usaha Produksi PUPUK CAIR ORGANIK : Super Master Pupuk Organik Cair

Menghadapi ulang tahun 1 tahun herdinbisnis dot com dan dalam upaya untuk meningkatkan performansi dan dukungan web ini bagi pembangunan pertanian di Indonesia, kami mengharap Anda dengan sabar membaca kata demi kata dari presentasi kami ini. 

Semata karena presentasi ini lebih banyak bernilai positif bagi diri pribadi kita  dan lingkungan pertanian secara luas. Karena didalamnya kami menawarkan peluang usaha yang mudah dan murah, sekaligus mempresentasikan Cara Bikin Pupuk Organik Cair yang Menguntungkan.

Sebagaimana diketahui, bahwa Tanaman itu memperoleh nutrisi dari 2 (dua) tempat- yakni Akar dan Daun. Lebih lewat daun untuk menerapkan pemupukan yang baik, karena bisa langsung diproses tanaman, karena daun adalah dapur tanaman. Sedangkan jika melalui tanah, proses masih harus melalui rantai yang panjang hingga mencapai daun.



Starter, dalam bentuk Padatan 5 kg- siap dicairkan

Super Master Pupuk  Organik Cair – Curah (SMPOC – Curah) merupakan pupuk organik cair/hayati  berkualitas hasil rekayasa teknologi pertanian akrab lingkungan yang  sangat sesuai untuk semua jenis tanaman pangan, hortikultura, dan  perkebunan karena mengandung lengkap 13 macam unsur hara essensial yang  diperlukan oleh tanaman.

Super Master Pupuk  Organik Cair – Curah (SMPOC – Curah) mengandung berbagai senyawa organik kompleks (asam humat dan  vulvat dari golongan vulvena) dan mikroorganisme penggembur tanah,  penambat nitrogen serta pelarut phospat yang sangat penting untuk  menjaga kesuburan dan kesehatan lahan pertanian.


Teknologi Super Master Pupuk  Organik Cair – Curah (SMPOC – Curah), merupakan terobosan dalam pengadaan  pupuk organik cair dan/atau hayati  yang berkualitas untuk semua jenis  tanaman budidaya dengan harga sangat terjangkau bagi para petani diseluruh pelosok tanah air.


PERLUNYA SMPOC-Curah (Super Master Pupuk Organik Cair - Curah)

Contoh Kemasan Jadi Diproduksi Gapoktan & Pribadi,
Giliran Anda, produksi sendiri di tempat Anda
Indonesia go organic 2014 sudah di depan mata. Namun demikian kita  seakan masih santai dengan pemakaian teknologi kimiawi sintetis yang potensial berimplikasi pada penurunan kesuburan tanah. Para petani sebenarnya sudah sangat sadar akan bahaya tersebut tetapi sudah terperangkap dengan kebiasaan kimiawi dan tampilan sangat hijaunya daun padi. Selain itu juga sarana prasarana pendukung pertanian organik yang dirasakan kurang memadai, seperti sulitnya memperoleh bahan alami berkualitas untuk pembuatan pupuk organik serta sudah tersitanya waktu dan tenaga untuk usaha sampingan demi mendapatkan uang kontan bagi kehidupan sehari-hari keluarganya.

Produk pupuk cair merupakan salah satu terobosan baru teknologi organik yang dapat menyiasati sulitnya unsur hara terangkut dari tanah ke daun akibat tanah bantat dan buruknya struktur perakaran tanaman. Sebenarnya bila petani mau menambahkan pupuk kandang atau pupuk hijau di lahannya, pasti akan membuat tanah di lahan tersebut subur kembali. Beratnya mengangkut bahan, jauhnya posisi lahan dari jalan serta sulitnya menempuh jalan setapak ketika hujan telah menjadi kendala yang serius dalam aplikasi pupuk alami padat.

Saat ini sudah ada ratusan bahkan mungkin ribuan merk pupuk cair dengan kualitas dan harga yang sangat bervariasi. Bahkan beberapa merk diantaranya yang hanya biasa-biasa saja diklaim sangat bagus dan harganya hingga ratusan ribu rupiah. Persaingan kualitas pupuk-pun berubah menjadi persaingan tampilan dan bonus pemasaran. Untuk memangkas fenomena tersebut maka kami memformulasikan master pupuk organik cair dalam bentuk padat yang siap untuk dijadikan pupuk organik cair secara mudah dan cepat yang kami beri nama :

SUPER MASTER PUPUK ORGANIK CAIR – CURAH (SMPC-Curah) 

yang berupa padatan hasil ekstraksi dari fermentasi bahan organik padat terpilih.

SMPOC-Curah mengandung aneka jenis bahan organik baik berupa protein, karbohidrat, lemak, asam-asam organik baik humat maupun vulvat, aneka jenis mikroorganisme penyubur tanah dan tanaman, zat pengatur tumbuh, dan aneka mineral mikro dll. sebagaimana dibutuhkan bagi tanaman dalam pertumbuhannya. SMPOC-Curah berupa pasta berwarna hitam yang siap difermentasi secara mudah, praktis dan cepat untuk menghasilkan pupuk cair alami yang sangat dibutuhkan bagi tanaman maupun tanah. Tanah sehat, tanaman subur, petani makmur. 


Kenapa Bertani secara Organik di negeri ini masih terkendala ..?

Penyebabnya antara lain :
  • Kurang pahamnya kaum petani tentang Pupuk Organik atau Unorganik atau Sintetis
  • Promo produk Organik yang membabi buta, lebih cenderung mengarah kepada ranah Bisnis daripada kepada pemberdayaan kaum petani
  • Harga yg relatif tinggi/mahal, sehingga total biaya hampir sama dg pemakaian pupuk sintetis (unorganik)
  • Kurang lengkapnya strategi penyuluhan pertanian kepada para petani tentang pupuk organik

Kini telah hadir "SMPOC", pupuk inovasi padatan dalam bentuk pasta, dengan tidak mengurangi kualitas barang, siap membantu kaum Petani dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) saja.

Scroll kebawah untuk memperoleh penghitungan keuntungan bisnis POC Cair.

  1. 1 paket SMPOC berat 5 kg, setara 100 liter POC 
  2. Karena dalam bentuk padatan, sehingga distribusi SMPOC biaya kirimnya bisa ditekan menjadi amat sangat murah
  3. Perhatikan Ilustrasi : 100 btl POC, biaya paket ; 100 x Rp. 5000,- = Rp. 500.000,-
  4. 5 kg SMPOC, biaya paket ; 5 x Rp. 10.000,- = Rp. 50.000,-
  5. Jadi harga sampai pada Petani bisa murah dan terjangkau
UJI SEDERHANA KANDUNGAN HARA TANAH

Berikut langkah-langkah Uji Sederhana untuk Mengetahui "UNSUR HARA TANAH "
  • Pengambilan sample tanah, minimal 4 tempat pada setiap sudut lahan ( makin banyak tempat yg diuji, hasil akan semakin baik )
  • Masukkan segenggam tanah kedalam gelas mineral
  • Tambahkan air secukupnya, aduk hingga Homogen
  • Masukkan ujung alat uji ke dlm cairan POC
  • Nyalakan dan amati
  • Jika nyala lampu pijar : PADAM ; POC SANGAT BURUK, Kualitas JELEK
  • Jika nyala lampu pijar : REDUP ; POC KURANG BAIK, Kualitas SEDANG
  • Jika nyala lampu pijar : TERANG ; POC SANGAT BAIK, Kualitas PRIMA

Penjelasan :


  • Test sederhana dengan menggunakan Lampu atau Multimeter. untuk mengetahui bagus tidaknya POC (Pupuk Organik Cair), pupuk kimia maupun unsur hara tanah
  • Sebenarnya hanya bisa dilakukan melalui uji laboratorium dan uji efektivitas (praktek di lahan)
  • Pengujian ini, lebih bersifat pengujian secara elektrolisa, utk mengetahui asam-basa yg mengarah pd pengukuran pH serta uji ion-ion (kelistrikan).
  • Adapun terang-gelapnya lampu, besar-kecilnya nilai tahanan yg ditunjukkan Multimeter, sangat dipengaruhi oleh banyak–sedikitnya Ion terlarut yg tersedia di dlm POC,
  • Krn pupuk yg akan dimanfaatkan oleh tanaman adalah selalu dalam bentuk Ion.
  • Oleh karena itu jika suatu larutan pupuk mengandung banyak Ion atau tinggi kandungan Ion nya, maka bisa dikatakan pupuk cair tsb baik



Aplikasi Pupuk Cair kepada Tanaman Budidaya Anda.

Anda bisa cobakan dengan melarutkan SMPOC dalam air dengan konsentrasi 10 s.d. 20% dan disemprotkan langsung kepada tanaman melalui daun . Manfaatkan Formula Perekat/Penembus (misal : Formula 4Plus ditambah telor).


Aplikasi POC untuk Perikanan


Siapkan POC dari hasil fermentasi SMPOC 

Kebutuhan per hektar tambak adalah 21 – 23 liter
  • Aplikasi Untuk Pengolahan Tanah Dasar Tambak/ Kolam dari benih
  • Setelah tanah dikeringkan dan dicangkul atau dibajak, rendam dengan air sedalam 20 cm kemudian disiram dengan POC sebanyak 7 liter/ha. Biarkan selama 4 – 7 hari dan keringkan kembali selama 4 hari.
  • Tanah dikapur sebanyak 300 Kg/ha dan pupuk dengan Kompos Aktif  5 ton/ha (pupuk kandang yang telah difermentasi dengan POC)
  • Diisi air dengan ketinggian 20 cm lalu siram dengan POC sebanyak 7 liter/ha, biarkan selama 1 minggu.
  • Tambahkan air hingga mencapai ketinggian 60-80 cm, lalu siramkan POC sebanyak 7 - 10 liter/ha. Biarkan selama 1 minggu hingga menjelang benur ditebar. 


Catatan:
Bila pemupukan no.2 tanpa menggunakan Kompos Aktif maka diperlukan kotoran unggas 10 ton per hektar, kemudian setelah diisi air no.3 maka dibiarkan dulu selama 3 minggu.

Pada Masa Pemeliharaan
Setelah benur berumur 1 bulan, siramkan POC sebanyak 1-3 ppm/minggu/ha atau pada saat penggantian air sesuai dengan kondisi air. Satu ppm = 1 : 1.000.000 (bila ketinggian air 60 cm, maka diperlukan POC sebanyak 7 liter/ha)


Terbukti, Kandungan SMPOC-Curah 
Didalam Super Master Pupuk Organik Cair terkandung beragam komposisi yang dibutuhkan petani, sungguh produk ini layak jual- jangan kuatir rugi.








Adapun penjabarannya dari tabel-tabel analisis dalam salinan foto diatas dapat dibaca dalam penjelasan berikut ini :

A. Kandungan dan Fungsi Umum
  1. Meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah
  2. Memfermentasi bahan organik tanah dan mempercepat dekomposisi/ pembentuk humus
  3. Menyediakan hara dan meningkatkan ketersediaan hara
  4. Memperbaiki sifat biologis, fisik dan kimia tanah
  5. Meningkatkan jumlah klorofil, mengefektifkan fotosintesis dan metabolisme tanaman
  6. Mempercepat translokasi nutrisi dari daun ke seluruh tubuh tanaman.
  7. Mengontrol organisme pengganggu tanaman
  8. Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi
  9. Menghasilkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian berwawasan lingkungan



B. Kandungan dan fungsi khusus

1. Lactobacillus spp

  • Bakteri asam laktat ( Lactobacillus spp. ) dapat mengakibatkan kemandulan (sterilizer) oleh karena itu bakteri ini dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan tanaman;
  • meningkatkan percepatan perombakan bahan organik;
  • menghancurkan bahan organik seperti lignin dan selulosa serta memfermentasikannya tanpa menimbulkan senyawa beracun yang ditimbulkan dari pembusukan bahan organik
  • Bakteri ini dapat menekan pertumbuhan fusarium, yaitu mikroorganime merugikan yang menimbukan penyakit pada lahan/ tanaman yang terus menerus ditanami.



2. Rhizobium sp

  • Hifa mikoriza membantu akar untuk menjangkau nutrisi pada areal yang tidak terjangkau akar serabut.  Hifa  cendawan mikoriza yang menjelajah keluar dari akar serabut jauh melampaui jarak yang dicapai akar serabut. Daya jelajah hifa mikoriza kurang lebih 200 kali dibanding daya jelajah akar serabut.
  • Membantu menyerap nutrisi yang sulit tersedia seperti Phospat.
  • Melindungi tanaman dari pengaruh stres/cekaman akibat biotik seperti hama  penyakit, dan abiotik seperti kekurangan hara dan keracunan logam berat.



3. Azospirilum sp.,  Azotobacter sp., Pantoea sp.
  • memacu pertumbuhan tanaman karena kemampuannya dalam memfiksasi nitrogen dan melarutkan phospat
  • menghasilkan vitamin dan hormon pertumbuhan seperti auksin, giberelin, dan sitokinin.
  • merombak bahan oganik di dalam tanah yang berasal dari kelompok karbohidrat seperti selulosa, lignulosa, amilosa, dan bahan organik yang mengandung sejumlah lemak dan protein



4. Alcaligenes sp
  • Merombak dan menetralisir material organic maupun anorganik yang membahayakan manusia
  • Membentuk senyawa serupa plastic yang dapat didegradasi secara biologis (biological conditioning)



5. Jamur fermentasi spesifik ( Aspergillus niger dan Penicilium sp. )
  • Jamur-jamur tersebut menguraikan bahan secara cepat untuk menghasilkan alkohol, ester dan zat-zat anti mikroba patogenik.
  • Pertumbuhan jamur ini membantu menghilangkan bau, mencegah serbuan serangga dan atau ulat-ulat merugikan dengan cara menghilangkan penyediaan makanannya.
  • Memacu pembentukan enzim pectinases, lipase, amilase, selulase, dan protease.
  • bersifat antagonisme yang mempunyai daya antibiotic yang berperan dalam ketahanan tanaman.
  • Pelarut phospat



6. Streptomyces sp., Nitrobacter sp., Nitrococcus sp., Nitrosomonas sp. (penyedia nitrat)
  • Decomposer
  • Memfiksasi nitrogen udara
  • Mengoksidasi nitrit menjadi nitrat melalui nitrifikasi
  • Mendorong pertumbuhan vegetative daun dan tunas pada tanaman



7. Bakteri endosimbiotik mikoriza Bacillus subtilis
  • Penghasil enzim proteolitik yang subtilin
  • Agen biokontrol pencegah stress tanaman akibat pathogen Ganoderma boninensis



8. Trichoderma spp (Trichoderma harnuum. dll.)
  • Bersifat antagonis terhadap berbagai jenis jamur pathogen
  • Mencegah serangan penyakit tanaman yang ditularkan melalui tanah
  • Mempercepat proses pelapukan bahan organik seperti jerami, gulma, dll.
  • Menggemburkan/memperbaiki struktur tanah
  • Menguraikan unsur hara yang terikat dalam tanah



9. Ragi Saccharomyces spp.(Saccharomyces cerevisieae dll.)
  • Melalui proses fermentasi, ragi menghasilkan senyawa-senyawa bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman dari asam amino dan gula yang dikeluarkan oleh bakteri fotosintetik atau bahan organik dan akar-akar tanaman.
  • Ragi juga menghasilkan zat-zat bioaktif seperti hormon dan enzim untuk meningkatkan jumlah sel aktif dan perkembangan akar.
  • Sekresi Ragi adalah substrat yang baik untuk bakteri asam laktat dan Actinomycetes



10. Bakteri pelarut phospat (Pseudomonas sp dan Bacillus subtilis)
  • Melarutkan senyawa phospat agar mudah diserap oleh akar
  • Merombak persenyawaan agrokimia dalam tanah
  • Menyediakan unsur  hara bagi tanaman



11. Actinomycetes
  • Actinomycetes menghasilkan zat-zat anti mikroba dari asam amino yang dihasilkan bakteri fotosintetik. Zat-zat anti mikroba ini menekan pertumbuhan jamur dan bakteri.
  • Actinomycetes hidup berdampingan dengan bakteri fotosintetik bersama-sama meningkatkan mutu lingkungan tanah dengan cara meningkatkan aktivitas anti mikroba pathogen dalam tanah.
  • Penyedia phospat



12. Bakteri fotosintetik (Rhodopseudomonas spp)

  • Bakteri ini adalah mikroorganisme mandiri dan swasembada. Bakteri ini membentuk senyawa-senyawa bermanfaat dari sekresi akar tumbuhan, bahan organik dan gas-gas berbahaya dengan sinar matahari dan panas bumi sebagai sumber energi. Zat-zat bermanfaat yang terbentuk antara lain, asam amino, asam nukleik, zat bioaktif dan gula yang semuanya berfungsi mempercepat pertumbuhan
  • Hasil metabolisme ini dapat langsung diserap tanaman dan berfungsi sebagai substrat bagi mikroorganisme lain sehingga jumlahnya terus bertambah



N, P, K, C, Ca, Mg, Fe, Al, Cu, Zn, Bo, Mn, Na, B, Ni, Cl, S,Mo, Si, Ni, Ti …

Asam humat, asam fulvat dan beberapa jenis asam amino
Peningkatan energi sel tanaman dan sebagai hasilnya adalah intensifikasi proses pertukaran ion. Sehingga mempercepat pertumbuhan sistem akar dan membuat akar lebih panjang. Peningkatan penetrasibilitas (kemampuan penyerapan) membran sel tanaman. Memudahkan nutrisi untuk terserap ke dalam sel serta mempercepat proses pernapasan (respirasi) tanaman.

Ekstraksi air ganggang hijau Laminaria japonica.
  • Memacu perkembangan sel vegetative tanaman sehingga proses pemasakan berjalan lebih sempurna dan akhirnya pertumbuhan tanaman akan semakin cepat



Auksin, Sitokinin, Giberelin,
  •  Merangsang proses perkecambahan biji
  • Memacu proses terbentuknya akar dan pertumbuhannya
  • Merangsang pucuk tanaman dan akar yang tak mau berkembang menjadi mampu berkembang kembali.
  • Memacu pembelahan dan pembesaran sel sehingga mampu memacu pertumbuhan
  • Merangsang pembentukan tunas-tunas baru
  • Mencegah kerusakan pada hasil panenan,sehingga lebih awet.
  • Meningkatkan pembungaan dan pembuahan
  • Meningkatkan prosentase jadinya bunga dan buah
  • Mengurangi kerontokan bunga dan buah
  • Mendorong partenokarpi atau pembuahan tanpa proses penyerbukan.

Menguntungkan, Peluang Usaha Produksi Pupuk Cair Organik


Jika Anda membeli 1 paket Starter 5kg, dengan ongkos kirim kira-kira 125 ribu. Total biaya yang dibayarkan cuma Rp. 1.125.000,- (Satu Juta Seratus  Dua Puluh Lima Ribu Rupiah).



Dari dana sejumlah itu Anda akan memperoleh 100 liter Pupuk Organik Cair. Kemudian dikemas dalam sebuah botol bekas Air Mineral ukuran 600 ml yang bisa dapatkan dari Toko Barang Bekas di sekitar Anda, catat saja 1 botol senilai Rp. 65,-. Dengan ukuran 600ml akan diperoleh sejumlah 166 botol Kemasan POC. Jadi total biaya pembelian botol bekas, Rp. 10.100,-. Sedangkan untuk mencairkan padatan SMPOC Curah, dibutuhkan sebuah Bak ukuran >200 literan, misalnya seharga Rp. 90 ribu. Total biaya produksi adalah Rp. 100.100,- (Seratus Ribu Seratus Rupiah).



Di pasaran kemasan seperti itu bisa dijual dengan harga 15 s.d. 85 ribu/botol. Jika Anda menjual dengan harga Rp. 20 ribu, Anda akan memperoleh dana sejumlah 3.4 Juta Rupiah.



Maka Keuntungan Anda adalah



Maka Keuntungan Anda adalah =

Hasil Penjualan          = Rp.  3.400.000,-
Biaya                          = Rp.  1.225.100,-
==============================
Untung                        = Rp.  2.174.900,-



Untuk Pemesanan Silahkan SMSkan 
NAMA, ALAMAT, NOMOR HP, SMPOC, JUMLAH 
via SMS/BBM kepada  0812.4941.2121 - pin BB 30e23eef.




Selamat, Anda telah memutuskan untuk Menjadi Petani Organik dengan Gengsi yang Wow !!.



Silahkan isi Formulir Pemesanan SMPOC - Curah dibawah ini, agar data Anda bisa terekam lebih sempurna.




Berikut daftar Harga Reseller kami, khusus SMPOC Curah, 
harga sekarang Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).


Share this case:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Donasi

Radio Streaming Herdinbisnisdotcom


Get the Flash Player to see this player.


MENYIMAK di WINAM