herdinbisnis.com: Modifikasi Iklim, Budidaya Cabe di Musim Hujan dengan Green House Sederhana

.

.

Senin, 05 November 2012

Written on

Modifikasi Iklim, Budidaya Cabe di Musim Hujan dengan Green House Sederhana

Jika budidaya cabe, melon dan semangka pada musim hujan- spot jantunglah yang akan dialami para petani. Karena selain akan menghadapi banyak masalah, mimpi akan memperoleh harga tinggi akan selalu menandai benak para Petani. Jika kemudian tanpa solusi, frustasi akibat dilema tadi akan menggelayut. Pada akhirnya budidaya mereka akan sangat tergantung terhadap iklim sehingga tampak merupakan salah satu budaya dalam budidaya pertanian sebagian besar petani kita. 

Seorang Petani yang canggih dan inovatif, pasti akan mencoba cara-cara lain untuk meraup impian mereka. 

Salah satu tips untuk mengatasi problem serangan hujan selain daripada mengatur drainase (menggunakan sistem bedengan tembakau - misalnya) adalah memodifikasi Iklim dengan membangun Green House sederhana.

Modal yang dikeluarkan serasa tidak terlalu besar, karena sebagian besar menggunakan bahan bambu yang murah dan tidak semahal menggunakan rangka kayu atau alumunium. 

Disarankan jika digunakan untuk tanaman sebaiknya menggunakan plastik UV. Umumnya  menggunakan plastik UV 14%. Harganya sekitar Rp. 32.000/kg. Satu rol beratnya sekitar 50-60 kg, lebar 3-4 meter, panjang sekitar 150 meter. Estimasi penggunan dana green house lengkap untuk ukuran 8x20 m, tinggi 4.5 m berbahan rangka bambu dan full plastik UV (dinding dan atap) butuh dana sekitar 5-6 juta. Sedangkan model yang kami sajikan dalam posting dibawah ini, lebih murah tentunya-karena tanpa dinding, dan sedikit lebih intensif di pembuatan guludan- menggunakan sistem tembakau/bawang. Pembuatan guludan dengan sistem ini, memungkinkan air tidak menggenang, terutama pada tanaman melon dan semangka yang tidak menyukai air tergenang dan tentu saja pada cabai.

Berikut beberapa gambar yang saya sadur dari salah satu web online petani :





Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!