herdinbisnis.com: Manfaat Kincir bagi Negeri Kepulauan .......

.

.

Sabtu, 29 Desember 2012

Written on

Manfaat Kincir bagi Negeri Kepulauan .......

Wilayah pantai merupakan wilayah yang potensial mengandung hembusan angin dengan kecepatan 2 s.d. 7 km/jam. Menurut Bapak Ir. Anang - seorang ahli rekayasa teknologi tepat guna dari Universitas Jember, sebagian besar wilayah pantai bisa memperoleh manfaat dari hembusan angin tersebut. 

Terinspirasi dari pernyataan Bapak Ir. Anang saya berfikiran untuk menulis secara reli, tentang hal tersebut. 

Seperti yang kita ketahui, hembusan angin adalah energi. Energi yang jika kita jeli, akan memberikan banyak manfaat. Asal kita tahu bagaimana menangkap energi tersebut menjadi manfaat. 

Salah satu cara menangkap energi hembusan angin yang terus menerus di seputar pantai tersebut, adalah dengan kincir, baling-baling atau turbin.

Kincir.

Kincir, merupakan sebuah perangkap hembusan angin. Hembusan angin ditangkap oleh sebuah rangkaian penampang yang dibuat sedemikian sehingga penampang-penampang tersebut bergerak memutar pada sebuah sumbu. Gerakan memutar yang ditimbulkan oleh hembusan angin ini saja sudah merupakan poin penting untuk kita manfaatkan.

Apa saja point-point tersebut ?. Mari coba saya ingatkan buat Anda :

  1. Masih ingatkah Anda tentang teori menghisap ?. Pernah melihat cara kerja Pompa Ban Sepeda Manual ?. Bagaimana Pompa tersebut menghisap angin, menyimpan angin dalam sebuah ruangan dan menghembuskannya karena kita tekan ?. 
  2. Pernahkah Anda melihat pompa air yang digerakkan manual ?. Konsep Archimedes untuk menaikkan air dari rendahan ke tinggian ?.  
Hmmm, nanti kita lanjutkan lagi... pasti kita sambung kembali... Mohon ditunggu :)
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!