herdinbisnis.com: POHON TERMAHAL DI DUNIA

.

.

Kamis, 31 Januari 2013

Written on

POHON TERMAHAL DI DUNIA



“Sudah gaharu, cendana pula”.

Kayu cendana maupun gaharu ( jenis Aquilaria spp ) merupakan kekayaan sumber daya alam dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Gaharu adalah bahan aromatik termahal di dunia. Gaharu = Agarwood (Malaysia) =0uds (Arab)

Harga Gubal Gaharu kualitas baik di pasar internasional mencapai Rp. 25 juta per Kg. Sedang kayunya berkisar antara Rp. 250 ribu s.d 500 ribu per Kg tergantung warnanya. Semakin hitam semakin mahal.

Nilai ekonomis Pohon Gaharu bisa mencapai Rp. 25 - 75 juta per pohon (tergantung proses perawatannya).

Gaharu adalah bahan dasar parfum, kosmetik dan obat-obatan. Parfum diperoleh dari hasil ekstraksi resin dan kayunya.

Gaharu sudah dikenal sebagai komoditas penting semenjak jaman Mesir Kuno. Mumi Mesir selain diberi rempah-rempah juga diberi cendana dan gaharu.

Di pasar internasional gaharu murni diperdagangkan dalam bentuk kayu, serbuk dan minyak. Kayu gaharu bisa dijadikan bahan kerajinan bernilai sangat tinggi atau untuk peralatan upacara keagamaan. Serbuk gaharu digunakan untuk dupa/ratus dan minyaknya merupakan parfum kelas atas. Serbuk gaharu sebagai dupa akan dibakar langsung dalam ritual keagamaan Hindu, Budha, Konghucu, Thao, Shinto, Katolik. Kayu gaharu disebut sebagai kayu para dewa. Aroma gaharu dipercaya mampu mensucikan altar dan peralatan peribadatan.


Menanam 7 ( tujuh ) pohon Gaharu di pekarangan/kebun

setara untuk NAIK HAJI 7-10 tahun mendatang, InsyaAllah

Gaharu yang sekarang beredar di pasaran semuanya berasal dari perburuan dari hutan. Para pencari gaharu kadang-kadang tidak membedakan, mana kayu yang ada gubalnya dan mana yang tidak. Hingga semua pohon Gaharu yang dijumpai akan ditebang. Akibatnya, populasi kayu Pohon Gaharu terus terkikis dan makin langka.

Sedia kemasan 3500 butir biji gaharu harga 1 juta jenis A. Gyrinoops
Dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES CoP 13) di Thailand, 2 -14 Oktober 2004, Pohon Gaharu telah dimasukkan dalam apendik II. Hingga pengambilan gaharu dari alam, sebenarnya dilarang. Tetapi karena tingginya nilai gaharu, maka pencarian gaharu dari hutan terus berlangsung tanpa bisa dicegah.



Dari hasil penelitian di Universitas Indonesia dan  Malaysia

pohon Gaharu kini telah bisa di budidayakan.

Dengan Gaharu jadikan kebun pekarangan rumah Anda menghasilkan Milyaran rupiah, 7 - 10 tahun ke depan.



Mengapa harus Gaharu ???

  1. Pohon ini kelas CITES II. Hampir punah di seluruh dunia.
  2. Manfaat dan kasiatnya sangat banyak.
  3. Permintaan pasar dunia sangat tinggi untuk kayu jenis ini.
  4. Mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.
Sedia Stok 2 kwintal buah Gaharu Gyrinoops, siap kirim.
Gyrinoops Paket 2.5 Juta untuk 3 kg. 
Malacencis Paket 5 juta untuk 3 kg.




Cara menanam Gaharu :

Gaharu bisa ditanam di berbagai jenis tanah (berhumus, berpasir, berbatu dsb) asalkan tidak berair (tanah sawah / rawa) dan bisa hidup pada berbagai ketinggian 0 - 1000 dpl. Cara menanam Gaharu bisa monoculture (tersendiri) atau integrasi (campur sari / dipadukan dengan tanaman yang lain). Jarak ideal tanaman ini satu dengan yang lain adalah 3 x 3 meter dan Pemupukan dilakukan 3 - 4 x dalam setahun, hindari dari pupuk kimia dan gunakan pupuk kandang / organik, selain harganya murah pupuk kimia akan mempengarui aroma dari Gaharu setelah di panen nanti.


Inokulasi

Tanaman yang sudah berumur 3 tahun lebih atau sudah memiliki diameter batang kayu pohon + 12 cm siap untuk di inokulasi.
Inokulasi adalah penyuntikan serum (jamur fungi) ke dalam kayu gaharu sehingga menjadi ter-infeksi dan akan menghasilkan resin damar wangi setelah 6 bulan sampai 2 tahun setelah penyuntikan.


Berikut langkah INOKULASI untuk menghasilkan damar wangi pada pohon Gaharu setelah pohon berdiameter min 12 cm :

  1. Buatlah lubang berdiameter 3 mm pada akar, batang, cabang dan ranting pohon gaharu. Jarak lubang satu dengan yang lain 10 cm dan dibuat saling silang / spiral.
  2.  Siapkan inokulum cair (fusarium sp), suntikkan ke dalam lubang masing-masing 1 cc per lubang.
  3.  Lubang pada akar, tutup lubang dengan lilin / parafin.
  4. Setelah 1 bulan cek lubang tsb dengan menggunakan sayatan pada kulit, apabila warna berubah menjadi kehitaman berarti gubal gaharu mulai terbentuk.



Warna hitam pada penampang batang Gaharu inilah yang dijadikan dasar dalam penentuan kualitas gaharu. Semakin hitam / pekat warnanya, semakin tinggi pula nilai jualnya.

Pembelian Benih Gaharu dengan Penanganan Khusus

Berdasarkan atas respon dari kunjungan web ini, kami mendapatkan respon yang beragam dari beberapa pemesan. Setelah kami coba bantu menyediakan benih-benih gaharu ke seluruh Indonesia, semisal ke Riau, Sulawesi, sebagian Kalimantan dan Jawa maka, kami memperhatikan bahwa :

  • Benih gaharu bisa ditumbuhkan meski dengan jeda waktu pengiriman.
  • Benih gaharu memang bersifat rekalsitran ketika sudah terkupas dari buahnya.
  • Benih gaharu memiliki sifat yang berbeda dengan jenis-jenis lainnya.
  • Masa kirim maksimal benih gaharu adalah 5 harian, selebihnya memungkinkan benih sudah tidak bisa tumbuh lagi.
dengan itu kami menganalisa cara pengiriman benih-benih gaharu ke alamat yang kami tuju. Untuk itu bagi Anda yang berkenan mendapatkan benih-benih gaharu dengan potensi tumbuh bibit yang tinggi, kami sarankan beberapa hal, diantaranya :

  1. Membeli benih dengan alamat di Kota Propinsi, karena hampir semua Jasa Pengiriman memiliki fasilitas pengiriman sehari sampai. Saran kami adalah Alamat JNE Kota Propinsi (Portal kedua setibanya di Bandara). SMSkan Nama, Alamat JNE Kota Propinsi tersebut dan No. HP Anda jika berkenan membeli. Anda dimohon sudah berkoordinasi dengan petugas JNE di Kantor tersebut. Jaminan paket sampai dalam maksimal 2 (dua) hari Insya Allah tercapai.
  2. Membuat unit pendederan atau unit perkecambahan sampai tercapai ukuran baby roots, dimana benih sudah berkecambah dan sudah bisa diangkut manual ke alamat Anda. Saran kami, adalah di Kota Propinsi.
Penanganan Khusus yang perlu diperhatikan adalah, perlakuan pendederan semenjak buah gaharu sampai ditangan Anda adalah tidak menunda-nunda perlakuan yang kami sarankan via SMS.

Jika Anda berkenan membeli, silahkan SMSkan Nama, Alamat JNE Kota Propinsi (portal kedua setelah Bandara) dan No. HP Anda ke 081249412121.

Jika order minimal 3 kg, free ongkir.
pelihara bumi dan lingkungan, Siapkan Masa Depan Kita
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!