herdinbisnis.com: Mengenal Tanaman Salak Pondoh

.

.

Sabtu, 06 April 2013

Written on

Mengenal Tanaman Salak Pondoh


Tanaman salak banyak jenisnya dan dibudidayakan oleh petani di berbagai daerah di Indonesia dengan spesifikasi lokasi. Di Indonesia sudah lebih dari 17 varietas unggul, namun yang lebih disukai orang dan banyak dibudidayakan meliputi 5 jenis, yaitu Salak Pondoh, Salak Bali, Salak Gula Pasir, Salak Padang Sidempuan, dan Salak Manonjaya.



Salak Pondoh
Salak pondoh salah satu varietas unggul yang sangat terkenal berasal dari daerah Sleman - Yogyakarta. Keunggulan salak pondoh ini terutama rasa dagingnya manis tanpa rasa asam atau sepet meskipun masih muda, renyah, dan harum. Salak pondoh berbentuk segitiga atau bulat telur yang terdiri dari kulit, daging, dan biji. Setiap buah salak mempunyai 1 - 3 biji yang berwarna coklat. Setiap biji dibungkus daging buah yang berwarna putih kusam agak kekuningan. Ketebalan daging buah antara 0,8 - 1,5 cm dan tekstur keras. Ukuran buah salak pondoh 2,5 - 7,5 cm dengan berat 30 - 100 gram per buah. Produktivitas salak antara 7 - 10 kg per pohon per tahun dengan jumlah buah per tandan sekitar 10 - 27 buah.

Salak pondoh terdiri dari beberapa jenis, yaitu pondoh super, pondoh nglumut, pondoh hitam, pondoh merah, pondoh kuning, dan pondoh hitam merah. Salak pondoh super paling terkenal, karena ukuran paling besar yang beratnya dapat mencapai 100 gram per buah. Sedangkan salak pondoh nglumut yang rasanya paling manis.

Dilihat dari warna kulit buah, Salak pondoh dapat dibedakan menjadi menjadi tiga, yaitu: 1) Salak pondoh yang kulit buahnya agak kemerahan; 2) Salak pondoh dengan kulit buah agak kekuningan; dan 3) Salak pondoh yang kulit buahnya agak hitam. Dari ketiga salak pondoh tersebut yang paling enak salak pondoh yang mempunyai kulit buah agak hitam.

Salak Bali
Salak bali sesuai dengan namanya berasal dari Pulau Bali. Bentuk buah bulat sampai bulat lonjong dengan panjang 4,8 - 8,5 cm. Kulit buah bersisik berwarna kekuningan sampai coklat kehitaman. Setiap buah terdiri dari 1 - 3 biji (kebanyak 1 - 2 biji) dengan warna coklat kehitaman bila sudah tua. Setiap biji dibungkus daging buah berwarna kuning susu/krem dengan ketebalan antara 0,5 - 1,8 cm dan mempunyai rasa sepet bila masih muda, namun setelah tua rasanya manis agak asam, renyah, dan bertekstur seperti pasir yang disebut masir. Bentuk buah buahnya agak lonjong, ukuran sedang, kulit buah bersisik halus dan berwarna cokelat kehitaman. Bijinya relatif kecil dan tidak menempel pada daging buah, sehingga bila digoyang akan berbunyi.

Salak Gula Pasir
Salak gula pasir merupakan salah satu jenis dari salak bali. Bentuknya hampir mirip dengan salak bali, tetapi ukuran lebih kecil, kulit buah agak sulit dikupas. Setiap buah berisi satu biji dengan 1 - 2 anakan berupa daging buah. Setiap biji dibungkus daging buah berwarna putih kusam dan rasanya renyah. Salak gula pasir mempunyai kelebihan dari salak bali, yaitu ukuran biji kecil dan rasa daging buahnya manis seperti gula pasir, maka dinamakan salak gula pasir.

Salak Padang Sidempuan
Salak padang sidempuan berasal dari daerah Padang sidempuan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Bentuk buahnya bulat telur dan kulit buah bersisik besar berwarna hitam kecoklatan. Ciri khas utama salak ini berada pada daging buahnya berwarna kuning semburat merah dengan rasa manis bercampur asam.

Salak Manonjaya
Salak Manonjaya juga disebut dengan salak super dengan daging buah mempunyai rasa manis dan renyah. Asal salak ini dari Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat, juga dapat ditemui di sepanjang pesisir Pantai Utara dari daerah Garut -Jawa Barat hingga daerah Cilacap-Jawa Tengah. Kulit buah salak manonjaya terdiri dari susunan sisik halus, namun termasuk kulit buah paling tebal disbanding dengan varietas salak lainnya.


disadur dari  naskah  
http://cybex.deptan.go.id/node/7208
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!