herdinbisnis.com: Cara Paling Ampuh, Trap Barrier System. Mengatasi TIkus !!!

.

.

Jumat, 06 September 2013

Written on

Cara Paling Ampuh, Trap Barrier System. Mengatasi TIkus !!!


Dalam sebuah forum diskusi bersama seorang Profesor ahli Tanaman Padi, kami mendengar metode terbaik untuk mengatasi serangan tikus adalah dengan metode Trap Barrier System


Pada prinsip nya Trap Barrier System (TBS) ini adalah menjebak tikus agar bisa masuk perangkap.

Trap Barrier System (TBS) adalah sebuah perangkap yang digunakan untuk memperangkap tikus yang menyerang sawah. 


Seperti kita ketahui, sekarang ini tikus adalah momok yang sangat menyeramkan bagi para petani padi disawah. Pertanaman padinya hamper mencapai titik gagal panen, bahkan sampai gagal panen. Betapa tidak, tikus yang menyerang itu bukan satu atau dua, tapi hingga ratusan. Di daerah kami di Situbondo, para petani mengaku hampir bangkrut bahkan ada yang mengatakan bisa bangkrut karena mereka merasa sangat terrganggu dengan adanya serangan dari tikus sawah tersebut. 

    
       Mereka bilang, mereka sudah melakukan segala cara untuk menangkal serangan tikus tersebut, namun serangan tikus akhir-akhir ini masih saja meraja lela. Trap Barrier System (TBS) ini cukup efektif dalam mengurangi jumlah tikus yang menyerang pertanaman padi, dan menurut beberapa saksi, memang begitu. Profesor Suyanto dalam beberapa kesempatan menjawab cecaran pertanyaan tajam kami, berkali-kali menekankan bahwa TBS (trap barrier system) ini sudah teruji berkali-kali - sanggup mengatasi mengurangi populasi Tikus secara Nyata atau Signifikan.

Pada prinsip nya Trap Barrier System (TBS) ini adalah menjebak tikus agar bisa masuk perangkap. 

Video diatas dan Gambar tadi menunjukan bagaimana cara kerja Trap Barrier System. Ada dua Trap Barrier System, yakni Trab Barrier System sendiri dan Linear Barrier System. Kedua-duanya sama-sama memperangkap tikus, dan kedua-duanya ampuh dan efektif mengatasi Serangan Tikus, bedanya hanya pada pemanfaatan PETAK JEBAKAN. Manfaat petak Jebakan dan Panjang Pagar Pembatas, dimana LTBS panjangnya lebih dari 100 meter.

Kita menyimpan tanaman perangkap ditengah tengah tanaman yang akan kita budidayakan,. Tanaman perangkap ditanam 3 minggu sebelum tanaman asli yang akan kita budidayakan ditanam, hal ini dilakukan supaya tanaman perangkap lebih dahulu mencapai fase generative dibandingkan tanaman yang kita budidayakan. Kenapa tanaman perangkap harus lebih mencapai fase generative dibandingkan tanaman yang kita budidayakan? Karena pada dasarnya tikus menyerang pertanaman padi pada fase generative, jadi hal tersebut  dilakukan agar si tikus menyerang si tanaman perangkap yang telah dibuat. Dan pada tanaman perangkap tersebut kita simpan perangkap atau perangkap tersebut dinamakan bubu/perangkap.
  

Tikus menyerang tanaman perangkap, pada tanaman perangkap tentunya terdapat perangkap untuk tikus tersebut. kemudian tikus terperangkap, terperangkap sebanyak- banyaknya. Dan ketika tanaman asli yang akan kita budidayakan mulai mencapai fase generative, si tikus sudah mulai habis karena terperangkap dalam tanaman perangkap tersebut. Ketika tikus sudah terperangkap, hendaknya kita membunuh dan membuang bangkai tikus tersebut sejauh mungkin, agar tidak dicurigai oleh tikus- tikus lainnya yang akan memasuki perangkap. Seperti itu lah prinsip dari Trap Barrier System.

Membangun TBS, harus dilakukan secara gotong royong melalui Kelompok Tani



Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!