herdinbisnis.com: Pengetahuan Dasar tentang Wereng Coklat : WBC Ada diseluruh Dunia

.

.

Senin, 09 September 2013

Written on

Pengetahuan Dasar tentang Wereng Coklat : WBC Ada diseluruh Dunia

Musim kemarau tahun 2013 ini diduga merupakan musim kemarau yang basah. Musim kemarau basah artinya adalah suasana yang lazim- karena musim hujan beberapa saat sebelum ini cukup panjang- selain itu kandungan uap air di udara cukup tinggi, namun harus mewaspadai adanya kemungkinan serangan hama Wereng Batang Coklat. 

Membicarakan hama Wereng Batang Coklat, berarti membicarakan sebuah perjuangan tanpa henti untuk mengamankan pertanaman Padi kita dari kegagalan total. Wereng Batang Coklat selanjutnya disebut WBC ini, menjadi momok utama dan paling mengerikan - namun ini bisa diatasi. Kami akan menjelaskan beberapa prinsip, beberapa pengetahuan dan beberapa tips mengatasi populasi hama yang memang hidupnya berada dalam habitat tanaman Padi.

Karena habitatnya itulah, maka WBC ini sangat dikenal diseluruh dunia, berikut adalah beberapa foto serangan hama ini diseluruh dunia :




source : Mahfud dan Handoko, BPPT Jatim-2013 


WBC ini menjadi sebuah perhatian tersendiri, karena perkembangannya sangat menarik. Dia menjadi satu momok utama dalam kancah Organisme Pengganggu Tanaman. Pertumbuhannya sangat drastis dari angka statistik, yang dicatat oleh para ahli pertanian. Perhatikan pertumbuhan populasi hama ini dalam sajian grafik berikut ini :




Para Petani sudah merasakan sendiri betapa hebatnya kerugian yang ditimbulkan akibat serangan ini. Para Ahli mencatat kerugian besar yang diakibatkan oleh hama ini terhadap PERPADIAN di Indonesia.

Dalam daftar ini, Hama WBC tidak minus (atau berkurang) tetapi malahan positif (artinya terus bertambah) 

Kedua ilustrasi data grafis dan daftar diatas berdasarkan perhitungan angka-angka pengamatan tiap tahun terhadap beberapa katagori hama berbahaya terhadap produksi tanaman padi nasional, diantaranya Wereng Batang Coklat, Tikus, Penggerek Batang, Hawar Daun Bakteri, Tungro dan Blast, yakni :


Mengenal Wereng Batang Coklat

Secara biologis karakteristik Wereng Batang Coklat dapat dilihat dalam ilustrasi berikut ini :





berdasarkan pada gambaran tersebut, tampak sekali bagaimana WBC itu tumbuh begitu dahsyat secara populasi dan mampu melakukan migrasi hingga sejauh 200 km selama 30 hari. Apalagi secara individu mereka bisa melakukan migrasi dibantu oleh kendaraan-kendaraan dimalam hari, sebab secara biologis mereka mengikuti cahaya lampu kendaraan. Sehingga mereka bisa tersebar cepat ke semua arah.

Cara Mengendalikan Serangan Hama Wereng Batang Coklat

Ilustrasi Faktor Pemicu Tumbuh dan Kembang Wereng Coklat Berdasarkan semua unsur yang mempengaruhi tumbuh kembangnya, dan memperhatikan apa yang selama ini sudah terjadi- Wereng Batang Coklat tumbuh dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya :








Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!