herdinbisnis.com: Klasifikasi Tanaman Buah Nanas

.

.

Minggu, 17 November 2013

Written on

Klasifikasi Tanaman Buah Nanas



Buah dengan bentuk unik yang satu ini memang istimewa. Iya, nanas atau nenas atau yang biasa juga dieja anenas bukan sekedar buah. Bentuk yang unik membuat banyak orang terkadang menjadikannya hiasa rumah. Nanas sebenarnya merupakan tumbuhan tropis yang pertama kali ditemukan di wilayah Brasil, Bolivia, dan juga Paraguay. Meski demikian, kini ia juga dengan mudahnya ditemukan di belahan dunia lainnya termasuk Indonesia. Selain bentuk, nanas juga menjadi istimewa karena rasanya yang merupakan perpaduan asam dan manis. Untuk pemahaman yang lebih lanjut, berikut kami sajikan klasifikasi nanas dalam ilmu botani. 

Anggota Famili Bromeliaceae 

Sebagai tanaman tropis, tumbuhan nanas dengan mudah kita jumpai di berbagai pelosok wilayah Indonesia. Buah ini digemari hampir semua kalangan, baik tua maupun muda. Nanas ini berkerabat dekat dengan palem kipas. Untuk memahami lebih lanjut, simak klasifikasi nanas berikut ini: 
  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
  • Sub Kelas: Commelinidae
  • Ordo: Bromeliales
  • Famili: Bromeliaceae
  • Genus: Ananas
  • Spesies: Ananas comosus Merr


Dari klasifikasi nanas di atas, kita bisa mengetahui nama latin dari buah nanas sendiri adalah Ananas Comosus Merr. Namun, jangan heran jika dalam beberapa kajian ilmiah lainnya Anda menjumpai nama lain seperti Bromelia comosa L. dan Ananas sativus (Lindley) Schulters f. Kedua nama tersebut merujuk pada nanas dan bersinonim dengan Ananas Comosus Merr. Nanas sendiri merupakan buah majemuk yang artinya terbentuk dari berbagai gabungan 100 hingga 200 bunga. Buah nanas ini terbentuk menjadi buah sempurna melalui proses yang dikenal dengan istilah Partenokapri. Jika Anda jeli, pada kulit buah nanas, kita bisa menjumpai ada banyak mata buah yang sebenarnya merupakan bekas putik bunga. Nanas kini banyak dibudidayakan di Indonesia. Ia bahkan menjadi salah satu buah yang dekat dengan rakyat Indonesia. Pohon buah nanas serupa dengan pohon palem. Per satu pohon nanas umumnya hanya menghasilkan satu buah per masa panen. 
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!