herdinbisnis.com: News : Enzim Nanas Membantu Penyembuhan Luka Diabetes

.

.

Minggu, 17 November 2013

Written on

News : Enzim Nanas Membantu Penyembuhan Luka Diabetes

Dari Metronews, Depok tahun 2013 melaporkan.  Doktor Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Debie Dahlia menyatakan pemberian bromelain topikal dari buah nanas yang memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan biabetes mellitus (DM).

Pernyataan Debie Dahlia yang merupakan hasil penelitian pertama di Indonesia dan bahkan di dunia ini berhasil mengantarkannya menjadi Doktor ke-10 yang lulus dari program Doktoral FIK UI dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,71.

"Bromelain adalah enzyme protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti inflamasi dan imunomodulator," kata Debie di Depok, Selasa (23/7).

Disertasi berjudul Efektivitas Bromelain Topikal Pada Penyembuhan Luka Tikus Diabetikum Tinjauan Khusus Terhadap Ekspresi MMP-9, TIMP-1, TGF-├č Pada Fase Inflamasi, Proliferasi dan Maturasi.

"Penelitian ini merupakan eksperimental dengan rancangan penelitianrandomized post test control design dengan menggunakan hewan coba tikus sprague dawley," katanya.

Hasil penelitiannya, diketahui bahwa terjadi perbedaan bermakna rate penyembuhan luka antara kelompok kontrol DM dengan kelompok perlakuan bromelain topikal dan bromelain standar. Dengan kata lain, pemberian bromelain topikal memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan DM.

Sementara itu, Kepala Kantor Komunikasi Uiniversitas Indonesia (UI)  Farida Haryoko mengatakan selain menjadi staf pengajar di Kelompok Keilmuan Medikal Bedah, Debie juga menjabat sebagai Manajer Ventura FIK UI serta aktif melakukan kegiatan penelitian, khususnya bidang ilmu keperawatan.

Debie merupakan salah satu dari banyak kandidat doktor UI yang berkomitmen untuk menghasilkan penelitian yang dapat menjawab permasalahan di sekeliling masyarakat maupun menciptakan temuan inovatif yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia maupun dunia. (Ant)

Editor: Patna Budi Utami
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!