herdinbisnis.com: Tips Cara Menanam Nanas

.

.

Minggu, 17 November 2013

Written on

Tips Cara Menanam Nanas


Buah nanas merupakan tanaman tropis yang dipercaya berasal dari Amerika Latin. Selain di Amerika Selatan, saat ini buah nanas juga banyak dibudidayakan di Amerika Tengah, Hawaii, Puerto Rico, California dan Florida, serta di negara-negara tropis lainnya seperti Indonesia dan Thailand. Tanaman nanas mampu tumbuh hingga ketinggian 5 sampai 6 kaki. Tanaman nanas memiliki daun yang panjang dan runcing yang dilapisi oleh lilin tipis dengan batang kokoh pendek. Umumnya buah nanas ditanam di tempat yang panas, namun terkadang buah ini juga dapat ditemui di lereng pegunungan dengan hawa yang relatif sejuk.

Nanas membutuhkan tanah yang sedikit asam agar bisa tumbuh secara maksimal. Satu hal lagi yang cukup unik tentang buah nanas adalah bahwa buah nanas dapat tumbuh sebagai tanaman hias dalam wadah. Buah nanas berbentuk oval atau silinder dan berwarna oranye kekuningan. Bentuk lonjong ini dikarenakan rangkaian bunga spiral yang kemudian bertumbuh menjadi buah berdaging tunggal. Ada banyak jenis nanas yang tersedia dan beberapa dari mereka yang cukup terkenal adalah Cayenne, Red Spanyol, Peranambuca, Natal Ratu, Abakka. Di Indonesia sendiri daerah sentra penghasil nanas adalah daerah Subang yang terkenal dengan Nanas Subang.


Cara Menanam Nanas

Setelah mengetahui sedikit tentang buah nanas, mari kita mencoba untuk mengenal lebih dekat tentang cara menanam buah nanas sendiri. Tips ini tidak ditujukan untuk menanam nanas dalam skala industri pertanian, namun hanya terbatas pada hobby berkebun saja.

Sebenarnya cara menanam nanas tidak terlalu sulit untuk dilakukan selama Anda memiliki ruang terbuka dengan banyak sinar matahari. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membeli buah nanas kualitas yang baik dari pasar lokal. Anda dapat memilih jenis apa saja yang Anda sukai. Ketika Anda membeli nanas, pastikan bahwa buah sudah matang dan mahkota di atas buah utuh. Hindari membeli nanas yang memiliki mahkota busuk atau berjamur dengan daun berwarna cokelat. Pisahkan bagian mahkota dengan bagian dagingnya. Hilangkan beberapa helai daun pada bagian bawah dan setelah itu sisihkan untuk setidaknya satu minggu, jauh dari sinar matahari. Pastikan Anda mengeringkannya sebelum disimpan karena bila keadaannya basah, maka bibit nanas tersebut akan mudah busuk.

Untuk medium tanamnya Anda dapat menggunakan media tanah gembur yang dicampur dengan pasir. Perbandingan antara tanah dan pasir yang disarankan adalah 3 : 1. Ambil pot dengan ukuran sedang yang berlubang di bawahnya. Tutupi lubang tersebut dengan sesuatu yang berongga seperti arang atau batu bata. Isi pot dengan campuran tanah dan pasir dan buatlah lubang di tengahnya untuk menanam bibit nanas. Tempatkan pot di bawah sinar matahari dan secara rutin siram 3-7 hari sekali. Jangan terlalu sering menyiram, sebab tanaman akan layu dan membusuk karena terlalu banyak air. Tanaman nanas tumbuh sangat lambat, jadi jangan berharap untuk melihatnya berbuah selama sekitar 2 sampai 3 tahun. Dalam masa itu, gunakanlah pupuk setiap 3-4 bulan untuk menyokong pertumbuhannya. Ketika buah tumbuh dalam ukuran dan perubahan warna dari hijau menjadi kuning kusam, potong buah nanas di sepanjang batang dengan pisau tajam.

Mungkin Anda tidak akan bisa mendapatkan buah nanas sebesar yang dijual di pasar. Namun kepuasan batin bahwa tanaman nanas Anda dapat tumbuh dan berbuah merupakan kenikmatan yang tidak dapat terukur. Nah, Sekarang Anda tahu bagaimana cara menanam nanas. Tunggu apa lagi, silahkan persiapkan segalanya dan berharap Anda akan menikmati buah tropis yang sangat lezat ini.
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!