herdinbisnis.com: Menguak Khasiat Labu Siam

.

.

Rabu, 30 April 2014

Written on

Menguak Khasiat Labu Siam


Tak sekadar berkhasiat diuretik alias melancarkan air seni, labu siam ternyata bisa mengurangi gangguan akibat darah tinggi & asam urat. Itu lantaran sifat vasodilator-melebarkan pembuluh sehingga tekanan darah berkurang. Aliran darah lancar menjadikan penumpukan asam urat tidak terjadi.

Dalam kehidupan sehari-hari labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sayur lodeh, oseng-oseng, sayur asam, atau dilalap. Pucuk batang dan daun muda dijadikan lalap. Di Meksiko, umbi berumur 1 tahun menjadi makanan lezat setelah direbus. Ia mengandung 20% zat pati dan 70% air.

Buah labu siam bersifat dingin. Jika dimakan terasa sejuk dan dingin di perut. Ini karena daging buah mengandung 90% air. Sisanya: 7,5% karbohidrat, 1% protein, 0,6% serat, 0,2% abu, dan 0,1% lemak. Ia juga mengandung sekitar 20 mg kalsium, 25 mg fosfor, 100 mg kalium, 0,3 mg zat besi, dan 2 mg natrium.

Vitamin A, B, C, niasin, dan sedikit albuminoid pun ditemukan di labu. Labu siam banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Getahnya memiliki efek detoksikasi, sehingga dipakai sebagai penawar racun binatang berbisa. Buah menurunkan demam anak-anak karena mengandung banyak air.
dari sebuah sumber (trubus)
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!