herdinbisnis.com: RESEP BAKSO AYAM

.

.

Minggu, 19 Oktober 2014

Written on

RESEP BAKSO AYAM

Bakso adalah campuran daging, tepung pati, dan bumbu yang telah mengalami proses ekstruksi dan pemasakan. Bakso yang bermutu bagus dagingnya padat dan terasa dagingnya yang segar. Bakso yang bermutu bagus dapat dibuat tanpa penambahan bahan kimia. yang terpenting adalah kualitas daging dan cara pemasakannya.

Resep Baso Ayam adalah salah satu inovasi dari pembuatan baso di Indonesia dan bisa menjadi bahan alternatif bagi para pengusaha untuk memekarkan usahanya agar lebih hemat dalam biaya produksi.

Bagi yang ingin membuat baso dengan olahan sendiri, dapat diterapkan beberapa langkah-langkah dalam Pembuatan Resep Baso Ayam seperti berikut ini :

A. Bahan
250 gr daging ayam yang sudah digiling halus (pilih bagian dada)
50 gr tepung tapioka3 siung bawang merah2 siung bawang putih1 std mericasdt garambutir telur ayam1 liter kaldu ayam
B. Alat
Penggiling halus / Screw Ekstruder
Wadah atau baskomPanciSendok
C. Cara Pembuatan Baso Ayam

  1. Campur daging ayam giling, garam, bawang putih, bawang merah, Merica Bubuk, dan Telur Ayam, Aduk hingga bercampur rata dan halus.
  2. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga rata. Pengadukkan dianggap selesai bila telah halus, rata dan dapat dibentuk seperti bola-bola.
  3. Siapkan panci berisi air, kemudian masak hingga air mendidih.
  4. Buat adonan seperti bola-bola dengan telapak tangan, adonan yang keluar dari Ibu jari dan jari telunjuk kemudian di sendok dan baso ayam dimasukkan ke air yang mendidih.
  5. Angkat baso yang sudah dirasa matang, kemudian tiriskan.


D. Cara Membuat Kaldu Ayam
Rebus daging ayam beserta tulangnya kepanci besar selama 30 menit
Beri bumbu seperti garam, merica, bawang merah, bawang putih didihkan hingga matang.
E. Penyajian

Siapkan mangkok beri bumbu baso seperti garam, merica, vetsin. Sajikan bersama Mie, Bihun, Sawi, Kuah Kaldu, yang telah diberi bumbu dan taburkan daun seledri serta bawang goreng. Baso Ayam siap disajikan.

Pembuatan adonan adalah hal yang terpenting dalam pembuatan baso. Semakin banyak kandungan ayamnya semakin enak rasa baso ayamnya.

Resep Baso Ayam sangat nikmat bila disajikan bersama Mie Pangsit atau Mie Instan. Dan lebih nilmat lagi jika disajikan dengan kuah yang panas dengan minuman es kelapa muda atau es jeruk nipis atau es jeruk kelapa muda
Selamat mencoba dan semoga berkenan.


Sumber : blog mahesa
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!