herdinbisnis.com: Hujan mulai turun, Apa yang Sebaiknya Dilakukan ?

.

.

Sabtu, 15 November 2014

Written on

Hujan mulai turun, Apa yang Sebaiknya Dilakukan ?

Hujan disebagian daerah  mulai turun sejak dua pekan terakhir, tentunya akan dimanfaatkan oleh  petani untuk segera memulai musim tanam 2014/2015.

Bertanam serempak adalah sebuah cara anjuran bagi petani. Untuk daerah yang sudah menjalani musim tanamnya sebaiknya tetap berkoordinasi secara serempak dalam sebuah hamparan. Sedangkan yang belum, dapatnya melakukan pertemuan agar tanaman bisa tumbuh serempak dalam hamparan yang luas. Keunggulan bertanam serempak diantaranya, adalah soal pengendalian  organisme penggganggu tanaman yang lebih murah, mudah, efektif dan efisien. Karena kita bisa melakukan pengendalian OPT dan sekaligus Pemupukan Daun secara serempak pula dan tentunya lebih hemat. 

Di beberapa daerah  hujan yang turun saat ini masih berintensitas rendah. Namun, disebagian daerah malahan sudah ada yang meluap. Pertimbangkanlah masa tanam dengan jumlah air yang meluap seperti ini ketika tanaman masih muda, segera sebab manfaatnya pada pengendalian wereng hijau. Ketika tanaman muda bisa di-lep/berada dalam rendaman air, masa-masa wereng hijau yang kita ketahui merupakan agen pembawa tungro bisa diatasi. Kelebihan inilah maka, bertanam serempak dan bertanam di awal musim hujan dengan intensitas rendah sebaiknya juga dilakukan pengaturan air agar terjadi lep/perendaman di pagi hari dan sore hari.


Namun, lebih jelasnya mari kita sama pelajari saja terlebih dahulu pengetahuan-pengetahuan tentang budidaya seperti yang dianjurkan. 

Untuk Anda kamis sarankan memiliki pengetahuan tentang utamanya metode-metode pengelolaan padi sawah anjuran. Kami menyajikan beberapa link informasi terkait banyak hal menghadapi masa tanam 2014/2015. Anda disilahkan klik pada link tersebut dan semoga bermanfaat.
  1. beberapa prinsip budidaya tanaman padi
  2. beberapa prinsip budidaya tanaman jagung.
  3. beberapa hal tentang pemanfaatan pekarangan
  4. beberapa hal tentang pemanfaatan pekarangan lainnya
  5. beberapa hal tentang budidaya bebek/itik
  6. beberapa hal tentang budidaya perikanan
  7. beberapa hal tentang budidaya tanaman menahun atau tanaman pohon dan kehutanan

Kita berharap, produksi padi di musim hujan 2014/2015 ini  dapat meningkatkan hasil  dibandingkan tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah. 
Terpisah, kita sedang menunggu  laporan BMKG terkait dengan masa musim penghujan 2014-2015 ini. Ramalan cuaca semacam ini akan menjadi acuan bagi kita untuk mengatur pola tanam. Terutama bagi daerah-daerah yang tidak beririgasi teknis. Mudah-mudahan kami segera menyegarkan tulisan ini, agar rencana kita berbudidaya tanaman pangan bisa terbantu. Aaamiiin.

Untuk Anda yang suka bepergian, sebaiknya mulai sekarang bisa memeriksa kondisi kendaraan terutama Ban kendaraan. Pastikan gerigi ban dalam keadaan yang baik, agar daya cengkram ban kendaraan Anda dijalan bisa lebih kuat. Pastikan Anda sudah memiliki jas hujan dan helm yang mendukung akselerasi di jalan berderai hujan.

Hindari kemungkinan tersambar petir, silahkan klik disini untuk mempelajari informasi tentang petir dalam herdinbisnis.com. Apakah Anda sudah tahu, bahwa ternyata petir itu bermanfaat bagi pertanaman kita, karena akan menjadi salah satu sebab terbentuknya Urea dari udara yang berpetir dan turun bersama air hujan ?. Nah, bersyukurlah jika ada hujan dengan petir... dan berpengetahuan untk menghindari sambarannya.




Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!