herdinbisnis.com: Tumpang Sari Tanaman Hortikultura

.

.

Selasa, 12 Mei 2015

Written on

Tumpang Sari Tanaman Hortikultura

Perkembangan usaha budidaya tanaman hortikultura di nilai prospektif dan menjanjikan keuntungan yang memadai bagi petani, karenanya kini semakin banyak petani yang mulai minat beragribisnis dengan tanaman hortikultura. 

Budidaya hortikultura yang dilakukan kebanyakan petani masih banyak ditemukan monoculture (1 jenis tanaman/komoditas), petani belum berani untuk bertanam dengan lebih dari 1 tanaman dalam 1 lahan atau dalam bahasa pertanian disebut sistem tumpang sari. Padahal bila kita mampu mengelola dengan cermat, bertanam dengan sistem tumpang sari selain pendapatan kita meningkat, bila kita mampu memilih tanaman komoditas tumpang sari akan bisa menekan muculnya hama penyakit pada tanaman.

Bertanam dengan sistem tumpang sari adalah berbudidaya tanaman (terutama hortikultura/ sayuran) dengan lebih dari 1 macam tanaman/ komoditas dalam 1 lahan pertanian. Dalam pengelolaan tanaman tumpang sari, komoditas tanaman didahulukan tanaman yang waktu panennya lebih pendek baru disusul dengan komoditas lain yang waktu panennya lebih panjang. Dalam 1 lahan pertanian kita bisa mengoptimalkan dengan 2 – 4 macam jenis komoditas.


Pengelolaan tanaman dengan sistem tumpang sari tidak terlalu rumit. Selama pengolahan tanah, kebutuhan pupuk diperlukan lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi  tanaman, tetapi selanjutnya pemupukan bisa diberikan dengan cara pengocoran lewat akar atau penyemprotan lewat daun. 

Terutama tumpangsari dengan Kacang Panjang, Kedelai dan Kacang Tanah, lambat laun bisa menghemat penggunaan pupuk Nitrogen Pabrikan. Gunakanlah Legin sebelum penanaman Kedelai. Lahan bisa terlebih dahulu ditaburi Legin saat pengelolaan lahan dan selanjutnya ditanam. Setelah kedelai atau kacang tanah berumur  2 (dua) mingguan barulah tanaman lain ditanam. Jumlah barisan bisa lebih banyak Kedelai dengan sistem jarak tanam 20 cm antar barisan.

Budidaya tanaman tumpangsari hortikultura selain bertujuan untuk pergiliran tanaman dilahan persawahan, juga untuk mengurangi hama penyakit tanaman. Budidaya dengan sistem ini memberikan keuntungan/ pendapatan yang lebih dibandingkan dengan tanaman padi di lahan persawahan, meskipun konsekuensi  resiko kegagalan juga lebih tinggi, terutama jika lengah dan lalai dalam pengamatan dan perawatan.

        Dalam pengendalian hama penyakit, budidaya sistem tumpang sari tidak terlalu repot karena sekali pengendalian hama, akan efektif juga bagi tanaman yang lain. Bila pemilihan tanaman tumpang sari tepat, mampu mengendalikan secara alami karena ada tanaman tertentu yang mampu mengusir hama bagi tanaman lain.

Pemanean sistem tumpang sari tidak merepotkan petani, karena selama bertanam telah memperhitungkan waktu panen, sehingga waktu panen  tidak bersamaan. 

Berikut simulasi beberapa tehnik Pengelolaan Tumpang Sari Tanaman Hortikultura
photo by web

Contoh komoditas yang bisa ditanam dengan sistem tumpang sari :
1.   Caisim
2.   Kacang Panjang
3.   Cabe Rawit
4.   Pepaya

Cara pengelolaan tanaman tumpang sari dalam 1 guludan/bedengan :

  1. Tepian /pipi paling bawah dari guludan kita tanami caisim
  2. Setelah 2 minggu buat lubang tanam paling tepi untuk kita tanami kacang panjang dengan jarak tanam normal ( 50x50 cm )
  3. Setelah kacang panjang umur 2-3 minggu buat lubang tanam agak menjorok ke tengah bedengan  untuk kita tanami cabe rawit dengan jarak tanam normal (60x60 cm) 
  4. Bila cabe rawit berumur 50 HST kita bisa membuat lubang tanam ditengah bedengan dengan jarak 2mx2m untuk kita tanami papaya. 
  5. Dengan pola tanam seperti disebut diatas petani bisa memanen secara bergiliran tanpa menunggu waktu panen yang cukup lama.
       Dengan budidaya sistem tumpang sari diharapkan petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Resiko kegagalan panen akan bisa tertutup dengan hasil komoditas tanaman yang lain.

Jika bertanam tumpang sari mampu memberikan hasil yang berlebih..kenapa harus ragu??

Kami sedia benih tanaman sayuran, buah dan bunga rata-rata 2.000 per kemasan. Tersedia sampai 100 kemasan, berisa masing-masing satu jenis benih. SIlahkan hubungi 081249412121 atau 085810868686 (WA) atau 52BA20FC untuk konfirmasi dan pemesanan.


AYO BERTANAM TUMPANG SARI, INSYA ALLAH BANYAK UNTUNGNYA.

dari beragam sumber
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!