herdinbisnis.com: Jaga Kebersihan Rumah untuk Si Kecil

.

.

Rabu, 10 Juni 2015

Written on

Jaga Kebersihan Rumah untuk Si Kecil

Anak-anak terlebih usia balita serta usia 6 tahun ke atas sangat mudah terkena alergi maupun asma. Dampak penyakit tersebut bisa disebabkan karena lingkungan ataupun area rumah yang kotor. Guna melindungi sang buah hati dari kuman, kotoran serta bakteri yang mengakibatkan iritasi, gatal-gatal ataupun sesak napas, maka selalu perhatikanlah kebersihan serta kehigienisan rumah serta kamar anak. Tidak hanya memperhatikan kebersihannya saja, akan tetapi kerapian rumah serta kamar anak pun mesti diperhatikan. Apabila anak sakit tentunya aktifitasnya pun terhambat, contohnya belajar. Namun, bagaimana jika keadaan anak sehat tetapi tidak mau belajar ? mungkin salah satu penyebabnya ialah tata letak kamar yang tidak nyaman, dengan kamar yang nyaman sang anak pun akan merasa nyaman ketika belajar. Maka dari itu rubahlah tata letak kamar anak Anda supaya ia nyaman belajar.


Kembali pada kebersihan, berikut ini merupakan benda-benda di dalam rumah yang wajib diperhatikan kebersihan serta kehigienisannya agar anak tidak mudah sakit.
Agar Anak Tidak Mudah Sakit, Perhatikan 7 Tips Ini Ketika Membersihkan Rumah

7 Hal yang mesti dilakukan ketika membersihkan rumah agar anak tidak mudah sakit

1.Bantal

Bagi sang buah hati yang mudah terkena alergi maupun asma, pastikan untuk memakai bantal tidur berbahan sintetis. Jangan menggunakan bantal tidur yang terbuat dari bulu maupun serat tanaman yang kemungkinan bisa menyebabkan alergi. Pergunakan pula sarung bantal serta selimut yang terdapat keterangan anti-allergen maupun hypoallergenic pada labelnya. Biasanya terbuat dari bahan serat katun organik ataupun rayon.

Cucilah sarung bantal setidaknya satu kali dalam seminggu serta bantal cuci dua kali dalam setahun. Ganti bantal setidaknya satu kali dalam tiga tahun. Hal ini bertujuan guna mencegah bakteri menumpuk yang bisa menyebabkan gatal-gatal sampai bisa menyebabkan iritasi. Bantal yang tidak bersih berarti anak anda tidur dengan kotoran, kuman, dan debu setiap harinya.

2. Tirai Kamar Mandi

Hindarilah pemakaian tirai mandi berbahan vinyl, sebab cenderung mudah untuk terkena jamur. Lebih baik gunakan tirai mandi yang terbuat dari bahan nilon. Tirai mandi berbahan nilon, selain lebih aman, tentu harganya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan tirai kamar mandi berbahan vinyl.

3. Sarung Sofa

Furnitur saat ini bisanya dibuat dibuat memakai sarung sofa ataupun kursi, sehingga sarung tersebut dapat dilepas untuk dicuci yang selanjutnya dipasang kembali. Belilah furnitur yang terdapat sarung supaya Anda dapat membersihkan ataupun mencucinya secara berkala. Cucilah sarung sofa setidaknya satu kali dalam enam bulan.

4. Cat

Pada umumnya orang tua menginginkan kamar mandi anak-anaknya nampak terlihat menarik. Berbagai cara pun dilakukan salah satunya yaitu dengan mengecat dinding warna-warni. Perhatikanlah cat yang dipergunakan sebab cat mengandung bahan kimia yang dapat mengakibatkan anak mudah sakit. Pergunakanlah cat non-VOC, cat tersebut berguna untuk mencegah agar anak tidak menghirup bau cat yang sangat menyengat, tidak terkena asma dan alergi.

5. Lantai

Ubin dari kayu ataupun dari keramik merupakan pilihan yang tepat dalam melapisi lantas, namun mesti dibersihkan setiap hari guna menghilangkan debu serta kotoran. Apabila ingin memakai karpet, maka pilihlah tipe permadani dari suede maupun wool yang tak mudah menyimpan kotoran. Bersihkanlah debu-debunya minimal satu kali dalam seminggu.

6. Perhatikan Tempat Lembab

Benda yang terkena air dalam waktu yang lama akan menjadi lembab serta menjadi tempat sarang jamur. Berilah perhatian yang lebih terhadap mesin pencuci piring, kulkas, serta wastafel yang cenderung mudah untuk jamur berkembang biak. Jangan lupa juga untuk memeriksa toilet serta shower yang ada di kamar mandi anak anda. Terutama letakkan pula kaos kaki dan sepatu sekolah Anak pada tempat yang tidak terlewati lintasan tikus atau kecoak. Pastikan kebersihan kaos kaki dan sepatu-sepatu anak Anda. Siapkan persediaan kaos kaki lebih banyak sehingga bisa ganti setiap hari, seperti halnya kaos dalam dan celana dalam si kecil. Cucilah setiap seminggu sekali sepatu-sepatu si kecil. Jemur yang kering sehingga tidak lembab, karena bisa mengakibatkan bau tidak sedap.

7. Binatang Peliharaan

Apabila mempunyai binatang peliharaan semisal kucing, anjing dan hewan berbulu yang lainnya, jangan pernah membiarkan hewan peliharaan naik ke tempat tidur terlebih apabila terdapat anak. Berilah penjelasan kepada anak, apabila membawa binatang peliharaan ke tempat tidur dapat sakit. Supaya kebersihannya terjaga serta tak menyebarkan kuman ataupun penyakit, maka hewan peliharaan mesti dimandikan atau dibersihkan secara berkala, setidaknya dua kali dalam seminggu.
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!