herdinbisnis.com: Jangan Mau kena Penyakit akibat Keberadaan Tikus di Kediaman Kita

.

.

Rabu, 10 Juni 2015

Written on

Jangan Mau kena Penyakit akibat Keberadaan Tikus di Kediaman Kita

Penyakit akibat tikus - Keberadaan tikus di rumah benar-benar sangat meresahkan kita semua, sebab binatang yang satu ini tak hanya mengganggu akan tetapi keberadaannya pun bisa menularkan sejumlah penyakit baik itu berdampak ringan, fatal, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Umumnya tikus berkeliaran pada malam hari sewaktu kita tidur dan tidak ada aktivitas, sebab tikus tak menyukai kegaduhan. Ketika kita tidur tentunya kita tak menyadari adanya tikus di sekitar kita, di situlah tikus akan menyebarkan sejumlah penyakit berbahaya. Maka dari itu apabila di rumah Anda terdapat tikus, janganlah sesekali menyepelekan keberadaannya, segera mungkin basmi tikus-tikus tersebut. 





Seperti yang dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention yang merupakan Badan Pengendalian serta Pencegahan Penyakit Negara Amerika Serikat, tikus bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya, berikut ini gambaran tentang penyakit akibat tikus.




Murine Thypus.


Timbulnya penyakit Murine Thypus diakibatkan karena infeksi virus R. Typhi. Virus ini ditularkan ke manusia melalui kutu tikus. Gejala yang terjadi dari penyakit ini ialah sakit kepala, prostration, kedinginan, demam serta nyeri di seluruh tubuh.


Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS).


Penyakit ini termasuk penyakit berbahaya, di mana angka kematian karena penyakit ini sekitar 40 hingga 50 %. Penyebabnya karena mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi urin (air kencing) atau feses tikus. Penyakit ini ditandai sejumlah gejala yaitu demam, badan terasa pegal, mialgia, gangguan terhadap saluran pernafasan, serta tekanan darah rendah. 


Salmonella enterica serovar Typhimurium.


Penyakit ini disebabkan karena gigitan tikus, gejala yang timbul yaitu sakit kepala, demam, muntah, kedinginan, keram perut, serta diare dan bisa terjadi selama 22 hari. Hati-hati apabila gejala tersebut terjadi pada anak-anak, sebab akibatnya akan fatal jika tidak ditangani secara serius.


Leptospirosis.


Penyakit Leptospirosis terjadi karena bakteria dari genus Leptospira. Banyak gejala yang timbul apabila seseorang mengalami penyakit ini yaitu kejang otot, muntah, menggigil, mata merah, diare, demam tinggi, ruam kulit, pusing-pusing, serta sakit pada otot perut. Apabila tidak diatasi maka akan menyebabkan kerusakan pada ginjal, kegagalan hati, meningitis dan gangguan pernafasan.


Rat-bite fever (RBF).


Penyakit ini terjadi karena bakteri Streptobacillus moniliformis, bakteri tersebut ditularkan karena tercakar tikus.


Itulah beberapa penyakit akibat tikus, intinya jagalah selalu kebersihan rumah, sebab tikus menyukai tempat yang kotor. Dengan menjaga kebersihan rumah, tikus pun enggan berkunjung dan anggota keluarga pun akan terjaga kesehatannya, terutama pada anak-anak, sebab anak-anak rentan terserang penyakit.


Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!