herdinbisnis.com: Jingle terbaru www.herdinbisnis.com

.

.

Senin, 15 Juni 2015

Written on

Jingle terbaru www.herdinbisnis.com

Dalam suatu kesempatan diparingilah saya beberapa file dari hasil telisik drone Canggih salah satu lembaga kedinasan yang mengurusi pertanian di Kabupaten dimana saya tinggal. Kebetulan saya ada sedikit kemampuan memainkan aplikasi-aplikasi pengolah data dan media informatika, sehingga setelah saya tuntas membantu beberapa kebutuhan media saya masih menyimpan beberapa bahan dalam storage kit saya. Sebelumnya saya menyampaikan ijin dan permohonan perkenan menggunakan bahan-bahan tersebut untuk saya gunakan sebagai bahan pekerjaan saya dalam penyuluhan pertanian. 

Sejak awal saya ditunjukkan hasil rekam drone tersebut, dimana gambar-gambar bisa sedemikian canggih merekam banyak cakupan dalam kawasan yang luas dan bisa akurat dalam menangkap warna dan gerakan, saya sudah terbersit banyak hal - diantaranya :
  1. hasil analitik drone ini bisa dimanfaatkan untuk mengukur dengan tepat dan akurat 
  2. luasan lahan, jarak panjang dan lebar saluran pengairan serta jarak distribusi pangan sehingga secara tepat bisa diukur banyak hal dari itu, semisal pengaturan debit air, 
  3. kebutuhan pemupukan, bahkan dalam keadaan tertentu warna hijau daun dengan pemanfaatan titik random statistik bisa menjadi tolok ukur  berapa tepatnya dan secara akurat waktu dan besaran pupuk yang perlu diberikan dalam hamparan sampai lebih dari 400 hektar jika pertanaman padi dilakukan secara serentak. sehingga distribusi pupuk dan pengelolaan keuangan kelompok tani bisa lebih terukur. 
  4. Jika terjadi hal-hal semisal serangan OPT, kita bisa melakukan penetrasi pengendalian organisme pengganggu tanaman secara terpadu dan gerakan pengendalian bisa dilakukan teratur dan terarah sesuai keadaan iklim lokal dengan menyelenggarakan secara sistematis dan periodik. Demikian sehingga kelompok tani bisa lebih hemat dalam anggaran penggunaan pestisida dan petani bisa lebih mudah. Namun demikian dalam hal ini, petani memang masih dibutuhkan perannya terutama dalam hal pengawasan sehari-hari. Sebab pengawasan drone dari udara tidak bisa sampai menelisik hingga populasi organisme pengganggu tanaman (OPT) yang kecil dan renik tersebut. Makanya, penting sekali gerakan rutin PENYIANGAN GULMA sehingga pengawasan populasi OPT bisa terpantau sejak dini. 
  5. Bisa mengidentifikasi potensi kawasan lahan baru atau pengelolaan sawah potensial dari IP sebelumnya ke IP lebih tinggi, sehingga Indeks Pertanaman yang awalnya mungkin cuma 1 kali dalam setahun bisa ditingkatkan menjadi 2 atau 3 atau 4 kali dalam setahun. Pemetaan sumber air dan penyelenggaraan pengaliran sumberan ke kawasan pertanian bisa dengan seksama dilaksanakan sehingga pengajuan pembangunan sarana dan prasarana bisa lebih efektif dan efisien dibandingkan yang selama ini dilakukan, sering kurang akurat.
  6. Bisa mengidentifikasi kawasan rawan bencana dan seminimal mungkin dilakukan pencegahan, semisal populasi tanaman dalam satuan luas. Sebab selama ini pencitraan jarak jauh dengan metode GIST atau Google earth tidak bisa secara cermat memindai populasi tanaman hutan dalam luasan kawasan yang berpotensi bencana, kedatangan team survey ke kawasan tersebut juga amat mudah terpengaruh dan kurang cermat. Pengendalian keadaan bencana semacam ini bisa juga menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk meningkatkan penghasilan dan kemakmuran kawasan daerah hutan yang seringkali sudah kehilangan penghasilan akibat penebangan kayu dan potensi ekologis lainnya oleh para beruang (baca : pemodal). Demikian sehingga, selain bisa mengendalikan potensi bencana juga bisa mengembalikan kesejahteraan warga kawasan hutan tersebut yang terbebat kekhawatiran akibat kemiskinan, selain itu akhirnya petani juga bisa lebih aman dari cekaman praktek asosial lain yang muncul kemudian. 

Demikian, dan banyak cenutan dan kengiluan dalam benak saya akibat ide-ide itu sebetulnya banyak yang bisa direalisasikan oleh kita. Berikut secuplik saja bahan olahan yang saya garap sendiri, dan hasilnya belum maksimal karena masih digarap secara sederhana. 



Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!