herdinbisnis.com: Kalkulator Pemupukan Padi

.

.

Kamis, 18 Juni 2015

Written on

Kalkulator Pemupukan Padi

Merencanakan Budidaya Padi dengan Menghitung Kebutuhan Usaha Tani padi secara Kelompok dalam sebuah Hamparan yang Luas bisa memudahkan Anda untuk mengelola Pertanaman padi Anda dengan lebih efektif dan efisien. Sudah terbukti benar-benar Efisien. Perencanaan bisa dilakukan jauh hari sebelum musim budidaya padi berlangsung, bagi Anda yang tidak menerapkan IP 400 (bertanam padi 4 kali dalam setahun). Masa bisa  Pak, bertanam padi dalam setahun ?. Bisa !!. Sudahkah Anda membaca artikel strategi bertanam padi 4 kali dalam setahun ?. Klik disini untuk membaca artikelnya.

Departemen Pertanian sudah menyediakan aplikasi untuuk menghitung kebutuhan Pupuk untuk Lahan Budidaya Tanaman Padi Anda. Aplikasi ini bisa dijalankan secara offline. Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk kebutuhan menyediakan hara Lahan Pertanian Anda baik dalam rangka penyusunan rencana usaha tani atau dalam rangka penyusunan petunjuk teknis budidaya hingga mengevaluasi pengelolaan budidaya padi Anda.

Caranya mudah, Anda tinggal mengetik link berikut ini 

webapps.irri.org/id/lkp/

dan inilah salah satu tampilan dari aplikasi ini. Aplikasi ini mudah pengoperasiannya, semua petani pasti bisa menjalankannya. 

Petunjuk penggunaan Layanan Konsultasi Padi

    1. Untuk memulai, klik pilihan bahasa (bahasa Indonesia atau Inggris). Jika Anda pertama kali mengaksesLayanan Konsultasi Padi, ini akan menjadi halaman pertama yang akan Anda lihat. Jika tidak, Anda dapat mengaksesnya dengan meng-klik tombol  , yang terletak di bagian bawah kiri halaman, kemudian klik Bahasa
    2. Jawab pertanyaan untuk sawa Anda secara berurutan sesuai dengan yang muncul di layar komputer. Sawah dapat berupa satu atau beberapa petakan dengan pengelolaan, varietas, dan kesuburan tanah yang sama. Pilih jawaban dari daftar pilihan dengan meng-klik, atau mengetik jawaban ke dalam kotak yang tersedia.
    3. Gunakan scroll bar atau navigasi di sisi kanan halaman untuk kembali ke pertanyaan sebelumnya.
    4. Setelah semua pertanyaan dijawab, klik tombol  yang akan muncul di bagian bawah kanan halaman. Jika Anda terhubung secara online, halaman rekomendasi dengan pedoman pengelolaan tanaman akan muncul. Pedoman ini didasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan. Jika offline, pengguna akan diminta untuk menyimpan informasi yang dikumpulkan. Informasi yang dikumpulkan akan disimpan sebagai file input tertunda. Jika hubungan ke internet telah tersedia, klik pada tombol  klik pada folder File-file input yang tertunda kemudian pilih file untuk mendapatkan rekomendasi.
    5. Halaman Rekomendasi berisi pedoman pemupukan untuk tingkat hasil yang dapat dicapai yangbiasanya lebih tinggi dari hasil yang diperoleh petani. Tingkat hasil diperkirakan sebagai hasil yang dapat dicapai dengan praktek manajemen pengelolaan yang baik untuk varietas, musim, dan lokasi tertentu.
    6. Halaman Rekomendasi berisi tombol berikut:
      1. SIMPAN - untuk menyimpan rekomendasi
      2. Bagikan - untuk berbagi rekomendasi dalam bentuk email
      3. CETAK - mencetak rekomendasi
    7. Halaman rekomendasi dapat dicetak sebagai berikut:
      1. Untuk komputer desktop atau laptop: Klik pada tombol  di bawah halaman rekomendasi.
      2. Untuk smartphone: simpan rekomendasi dalam ponsel sebagai gambar. Hubungkan telepon ke deskop atau laptop yang terhubung ke printer. Cari gambar dari folder Galeri atau filekemudian cetak.
    8. Untuk memulai mengembangkan rekomendasi baru, klik tombol  dan pilih MULAI SESI BARU.
    9. Anda bisa memperbanyak kuisiner tersebut kepada rekan-rekan petani Anda.
    10. Isikan questioneer sesuai pertanyaan, Jawab setiap pertanyaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 
    11. Data-data teknis seperti BAGAN WARNA DAUN, KEADAAN HARA TANAH dan sebagainya dapat Anda peroleh dengan menghubungi PETUGAS PERTANIAN (Penyuluh Pertanian, Mantri Pertanian, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman, KCD dan sebagainya). Jika belum ada informasi, pilih TIDAK - agar Anda dapat melanjutkan proses penghitungan Kebutuhan Pupuk Anda.
    12. Jika sudah terjawab, selalu klik KIRIM
    13. SIlahkan masukkan data yang diminta sesuai dengan keaadan 
    14. HASIL ANALISA KALKULATOR PEMUPUKAN INI MEMILIKI BANYAK MANFAAT, Anda bisa menghitung dan memilih sendiri Jenis-jenis Pupuk yang dapat Anda manfaatkan dan Berapa Perkiraan Uang yang Anda akan keluarkan dan Berapa Banyak Uang yang Anda akan Dapatkan. Masing-masing hasil perhitungan tersebut dapat Anda cetak untuk Anda gunakan sendiri atau disajikan kepada Pelaksana Budidaya.
    15. Pilih dan Jawab seluruh Pertanyaan yang muncul, sesuaikan dengan keadaan Nyata yang Anda miliki. Dan pada akhirnya nanti, akan muncul tampilan hasil yang dapat digunakan oleh Petani dalam menyediakan Pupuk di lokasi Anda.
    16. Jika Anda adalah rekan yang akan membantu Petani untuk mengetahui keadaan hara Spesifik Lokasi, Anda dapat mencetak Kuisener yang dapat diisi oleh Petani Anda lalu Anda, Silahkan Anda bantu mengisi keterangan-keterangan tersebut sehingga lantas Anda dapat teruskan melakukan Print Out. Caranya 
      1. silahkan masuk kembali ke http://webapps.irri.org/id/lkp/ 
      2. lalu pilih MENU
      3. lalu pilih "KUESIONER YANG DAPAT DI DIDOWNLOAD"
      4. pilih PETANI INDIVIDU jika rekan Anda perorangan atau 
      5. pilih KELOMPOK TANI jika rekan Anda adalah Kelompok Tani atau Banyak Orang dalam Satu Hamparan.
Berikut tampilannya :
Salah satu Tampilan Halaman Kalkulator Tanaman Padi

Salah satu Tampilan Halaman Kalkulator Tanaman Padi 
Dengan Klik MENU pada sisi Kanan Bawah
 akan muncul beragam icon yang disediakan bagi Anda



Baik, Selamat Anda telah memperoleh penjelasan tentang Bagaimana cara memanfaatkan aplikasi Kalkulator Pemupukan via Web http://webapps.irri.org/id/lkp

Bantulah Rekan Anda yang belum bisa memanfaatkan fasilitas mudah ini. Aplikasi ini mahal, namun sudah dibuka agar memudahkan bagi Anda- Petani Indonesia. Semoga bisa meningkatkan Produksi Beras kita.

INFORMASI TAMBAHAN TENTANG TIPS MUDAH UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI PEMUPUKAN HARA SPESIFIK LOKASI LAINNYA, (BISA DENGAN SMS) 
(perhatikan dan biarkan dalam 30 detik, gambar akan berubah pada petunjuk berikutnya)






Tips mudah untuk menemukan tautan web Kalkulator Hara Budidaya Tanaman Padi tersebut dapat dilihat dalam epetani.pertanian.go.id (Bergabunglah dengan FORUM tersebut yang terbuka bagi siapa saja semisal PETANI, Petugas Pertanian, Peneliti 


Berikut Tampilan EPETANI.PERTANIAN.GO.ID






Silahkan dicoba, dan semoga berhasil


Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!