herdinbisnis.com: Manfaat Akar Tanaman Tuba bagi Tanaman Kita.

.

.

Kamis, 18 Juni 2015

Written on

Manfaat Akar Tanaman Tuba bagi Tanaman Kita.

Tuba (derris eliptica) yang  termasuk famili : Pappilionaceae

Salah satu produksi metabolit sekunder yang dikandung oleh tumbuhan tuba adalah rotenon. Kandungan rotenon tertinggi terdapat pada akarnya yaitu 0,3 – 12 % dan merupakan racun kontak tetapi tidak bersifat sistemik. Namun demikian rotenon relatif aman bagi kesehatan manusia.

Manfaat Kandungan dalam Akar Tuba :

Rotenon merupakan racun penghambat metabolisme dan sistem syaraf yang bekerja perlahan. Serangga hama yang teracuni akan mati karena kelaparan yang disebabkan oleh kelumpuhan alat – alat mulut. Sebagai contoh : Tepung akar tuba dengan konsentrasi 1 – 5 %









Tips Pemanfaatan :

  1. Akar tuba digunakan sebagai moluskisida nabati dalam keadaan segar dengan cara menumbuknya lalu diaduk dengan air.
  2. Akar tuba diris – iris, dikeringkan lalu dibuat tepung dengan cara menumbuk atau dengan alat penghancur. Cara menjemur yang baik adalah menjemur langsung dibawah sinat matahari.
  3. Sangat efektif mengendalikan hama gudang. Adukan akar tuba dalam air yang ditambah sekitar 0,1 % deterjen cair, dapat membunuh keong mas.
  4. Akar tuba juga dimanfaatkan sebagai bahan pembiusan distribusi ikan segar jenis IKAN NILA (yang suka mengamuk dan memiliki sisik tajam) sehingga mengurangi tingkat kematian dalam kumpulan populasi ikan nila disuatu tempat penampungan setidaknya dengan penambahan 0.015 ppm.
  5. Larutan Akar tuba  dicampur dengan Biji mahoni pada konsentrasi 5-15 persen yang diaplikasikan pada sekumpulan telor ulat grayak bisa mengurangi mortalitas ulat grayak menjadi individu-individu baru. 
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!