herdinbisnis.com: Sarma, Makanan Mewah yang Dibungkus Daun Anggur

.

.

Sabtu, 18 Juli 2015

Written on

Sarma, Makanan Mewah yang Dibungkus Daun Anggur

Sarma adalah makanan berupa sayuran isi yang brasal dari Turki dan negara-negara di semenanjung Balkan dan sekitarya, Timur Tengah, Asia Tengah dan Rusia. Sayuran yang biasa dipakai untuk membuat  Sarma adalah paprika, tomat, terong dan zucchini (sejenis labu). Daun anggur adalah pembungkus utama masakan ini (masakan ini mirip lepet, lemet, nogosari atau lebih tepatnya mirip kue lemper). Di Turki, dimana masakan ini berasal, ikan makarel, cumi-cumi dan remis (kijing) yang digunakan sebagai isi juga disebut Dolma atau dalam pengucapan sering terlontar dari mulut orang sono, Sarmeh atau Dolmeh. Isinya sarma atau dolma umumnya adalah nasi dengan atau tanpa daging cincang.

Di Turki ada dua jenis sarma, yaitu yang isiannya mengandung daging atatu tidak. Sarma dengan isian daging biasanya terbuat dari campuan nasi, daging cincang, minsyak sayur/mentega, biji cemara, bawang merah dan rempah-rempah. 


Berikut adalah tutorial via youtube, cara pembuatan Sarma terbaik versi orang aslinya. 






Sementara Sarma tanpa daging (yalance Sarma) terbuat dari isian yang berupa campuran nasi, minyak zaitun, biji cemara, kismis anggur atau cherry kering, daun peterseli, mint dan daun ketumbar serta rempah-rempah seperti lada hitam, kayu manis, dan allspice (sejenis lada). Sarma isian daging umumnya disajikan panas-panas sebagai hidangan utama bersama saos yoghurt, sementara Sarma tanpa daging biasanya disajikan dingin (suhu ruang) dan dimakan bersama air jeruk (saos lemon) sebagai makanan pembuka atau makanan pendamping saat sarapan, makan siang atau makan malam. Sarma yang dibungkus daun anggur ini  menjadi salah satu makanan yang disajikan di restauran mewah di Dubai.

Namun Sarma bisa dibuat dengan sederhana. Keragamannya bisa dibaca dalam penjelasan tadi.  Berikut adalah tutorial cara pembuatan Yalans Sarma, cukup mudah.

  • Rendam beras dengan air panas lalu dibubuhi garam, tunggu sampe mengembang, lalu cuci dan tiriskan
  • Siapkan panci lalu didihkan air yang dibubuhi garam
  • Setelah air mendidih masukan daun anggur tadi sedikit2 sampe berubah warna lalu tiriskan
  • Siapkan katel lalu masukan minyak goreng dan bawang yang telah dipotong2 lalu dioseng2
  • Setelah bawang harum masukan bumbu2 yang lain lalu diaduk 
  • Masukan beras lalu aduk hingga merata dan masukan air secukupnya lalu aduk kembali
  • Setelah air menipis matikan api, lalu dinginkan
  • Masukan seledri dan daun mint lalu aduk
  • Paparkan daun anggur, bubuhkan nasi yang tadi telah dimasak lalu digulung...gulung satu persatu begitu seterusnya sampe bahannya habis. 
  • Masukan ke dalam panci dan tata dengan rapi
  • Lalu kukus sampe masak (untuk mengukus biasanya dibubuhi minyak goreng
dari beragam sumber
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!