herdinbisnis.com: Kalau Gak Ada Muka Tanah, Bertani diatas Air Pun Jadi ..

.

.

Senin, 07 September 2015

Written on

Kalau Gak Ada Muka Tanah, Bertani diatas Air Pun Jadi ..


dari Sciencealert.com.Arsitek di Spanyol telah merancang unit budidaya mengambang dengan tiga lantai yang akan membantu menghasilkan hampir 10 ton makanan tambahan bagi penduduk yang hidup di Bumi setiap tahun, tanpa menggunakan muka tanah atau air tawar.

Pertanian bertenaga surya ini akan mencakup unit budidaya yang integral berukuran sangat besar menggunakan sistem hidroponik, disiram oleh air laut yang telah terdesalinated (sudah dimurnikan menjadi air H2O menggunakan sistem pemurnian).


Dibawah unit budidaya yang mengapung tersebut terdapat unit perikanan bawah air, masing-masing menjadi sistem menyeluruh yang mandiri dan mampu menghasilkan sebagian besar item produk pangan dan gizi dalam usaha pemenuhan pangan yang sehat.


Hal ini seolah menggugah sebuah rencana baru pengembangan permukiman dimuka bumi. Tentu saja, pertanian masih sangat banyak dalam bentuk konseptual dan belum ada prototipe yang sengaja dibuat untuk dijadikan telaah bahkan unit praktis yang dapat dikembangkan manusia modern, jadi sulit untuk mengetahui seberapa sukses rencana mereka ketika dikulturtekniskan.  Namun cetak biru ini didasarkan pada teknologi yang ada, sehingga tidak ada alasan mengapa hal itu tidak bisa dibangun.

"Ini bukan fiksi ilmiah. Ini adalah solusi yang serius dan layak," demikian ungkap tim arsitek di balik konsep dalam situs mereka. "Hal ini tidak dimaksudkan untuk 'memecahkan' semua masalah kelaparan yang dihadapi manusia atau untuk mengganti yang sudah ada dalam pertanian umumnya. Ini bukan ide yang sama sekali baru, namun merupakan sebuah proyek untuk membuka inisiatif baru yang dapat saling melengkapi dan kompatibel dengan produksi teknologi yang ada lainnya sehingga metode ini dapat membantu mengurangi risiko kekurangan gizi dan makanan yang terkait di daerah daerah yang saling berbeda dimuka bumi ini"


Ini bukan pertama kalinya sebuah peternakan mengambang telah diusulkan - tahun lalu kelompok yang terpisah dari arsitek Spanyol mengusulkan versi lebih tinggi dari pertanian mengambang, dan para insinyur di Jepang dan India sedang membangun unit budidaya mengambang bertenarga surya juga untuk menghasilkan listrik.


Apa yang membedakan desain ini dengan yang lain adalah bahwa sistem ini mengandung mini-ekosistem sendiri yang- dalam teori, akan mampu menghasilkan semua item sebagai berikut :


Menurut rencana, di tingkat teratas terdapat unit pertanian yang digagas dengan instalasi panel surya dan skylight, yang memungkinkan kita memanen sinar matahari sebagai sumber listrik, dan juga untuk menaungi tanaman - tanaman dibagian bawah dari terik mentari secara langsung



Pada tingkat kedua akan berisi sayuran dan tanaman hidroponik. Seperti diketahui, biasanya sisa-sisa akar, dan daun dari tanaman yang berupa limbah. Limbah tanaman ini akan digunakan untuk memberi makan ikan-ikan air tawar pada  tingkat bawah berikutnya, sedangkan limbah dari ikan-ikan tersebut nantinya kemudian akan digunakan untuk menyuburkan tanaman, demikianlah sehingga tercipta sistem yang mandiri.

Fikiran Arsitektur Maju memprediksi bahwa unit pertanian pangan ini bakal mampu menghasilkan 1,7 ton ikan dan 8,1 ton buah serta sayuran
per tahun.

Ukuran setiap unit luasnya 350 meter panjang dan 200 meter lebar. Unit budidaya pertanian dan perikanan ini sama sekali akan termanfaatkan menjadi unit yang cukup besar dan praktis seluas lebih kurang 204.000 meter persegi - yang jika dilakukan di darat bakal memakan cukup banyak tempat, tetapi di laut tidak akan banyak masalah mengingat jumlah besaran ruang yang tersedia.

Unit lapangan budidaya ini juga akan berisi turbin angin dan konverter energi gelombang, membuat sebagian besar energi alami tersedia untuk seluruh aktifitas didalamnya. Dan akan ada pabrik desalinasi serta jagal on-board juga rupa unit pengolahan dan kemasan terintegrasi, sehingga seluruh produk yang sudah dikemas cantik bisa langsung dikirim ke toko-toko atau konsumen, metode ini akan mengurangi jarak makanan ke konsumen dan mengurangi jejak karbon dari setiap produk.



Apa keunggulan dari unit budidaya ini ?. Yang lebih baik adalah bahwa seluruh unit kebanyakan otomatis, menggunakan sistem sensor untuk mengatur proses penyiraman dan pengaturan otomatis yang paling efisien setiap waktu.


Jelas ada beberapa rintangan besar untuk mengatasi jenis bangunan semacam ini - yang terbesar yang bisa kita pikirkan adalah sifat penuh gelombang lelautan bumi. Saat ini memang sulit terhindar dari masalah tersebut, sehingga sedang diupayakan untuk membuat generator yang dapat menstabilkan energi gelombang agar tegalan yang indah ini bisa aman dari badai, 

Tapi dengan berlimpahnya pantai juga danau di seluruh dunia, ini bukan tidak mungkin dapat tercapai. Dan meskipun ini semua hanya rekayasa dan khayalan dari sistem teknologi yang sudah berkembang sekarang. namun - setidakna saat ini kita bisa menemukan cara untuk menyediakan pangan secara teknologi alternatif yang berkelanjutan dalam area yang sebagian besarnya tidak terpakai itu. Hal ini akan menjadi langkah besar menuju tersedianya pangan  bagi lebih dari 7,5 miliar mulut di muka Bumi nie. Masha Allaah !!!.


Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!