herdinbisnis.com: 4 (empat) Makanan Penurun Kolesterol

.

.

Selasa, 09 Februari 2016

Written on

4 (empat) Makanan Penurun Kolesterol

Hasil pemeriksaan kesehatan menyebutkan Anda memiliki masalah kolesterol? Pastinya kemudian akan terpikirkan bagaimana cara untuk menjaga makan. Mari ketahui empat makanan penurun kolesterol ini.
   
KlikDokter.com – Hasil pemeriksaan kesehatan menyebutkan Anda memiliki masalah kolesterol? Pastinya kemudian akan terpikirkan bagaimana cara untuk menjaga makan. Simak empat makanan berikut ini yang dapat membantu usaha Anda menyusun menu diet menurunkan kolesterol Anda.

1. Oatmeal dan makanan tinggi serat
Oatmeal mengandung seratyang mudah dicerna yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ‘jahat’. Serat yang mudah dicerna ini juga dapat ditemukan pada apel, pir dan buah prune.

Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10gram serat sehari maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda.
  
2. Ikan dan asam lemak omega 3
Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak yang dapat berujung pada serangan jantung, stroke dan kematian.

American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam satu minggu. Asam lemak omega 3 tertinggi dapat ditemukan pada ikan:
Mackarel
Sarden
Salmon
Tuna

Namun untuk menghindari penambahan lemak yang tidak sehat, Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus atau dipanggang. Jika Anda tidak menyukai ikan, sebagai alternatif Anda dapat mengonsumsi suplemen omega 3 atau minyak ikan sebagai pengganti. Namun Anda tidak akan mendapatkan nutrisi lain yang terdapat pada ikan seperti selenium.
3. Kacangan-kacangan
Kacang-kacangan seperti walnut atau almond tinggi akan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Dengan mengkonsumsi segenggam atau setara dengan 42 gram/hari kacang seperti almond, hazelnut, pistachio, walnut dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Namun yang perlu diingat adalah pastikan kacang yang Anda makan tidak disalut dengan garam atau gula.
4. Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan LDL atau kolesterol "jahat" dan menaikkan HDL. Konsumsi minyak zaitun 2 sdm (23 gram) per hari dan Anda akan merasakan manfaatnya. Namun yang perlu diingat minyak zaitun juga tinggi kalori sehingga konsumsi berlebih juga akan meningkatkan berat badan Anda.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda dapat memilih extra virgin olive oil yang mengandung antioksidan lebih tinggi dibanding minyak zaitun lainnya.
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!