herdinbisnis.com: Ini Catatan, Seberapa Banyak Aktifitas Kita Harus Kita Jalankan sehabis Makan Sebungkus Nasi Soduh

.

.

Jumat, 26 Februari 2016

Written on

Ini Catatan, Seberapa Banyak Aktifitas Kita Harus Kita Jalankan sehabis Makan Sebungkus Nasi Soduh

bbc Kesehatan. Seberapa banyak kalori yang dikeluarkan dalam hubungan seks agar bisa makan satu keju? Seberapa giatnya kita harus berolahraga untuk bisa makan satu donat?

Kami sadur dari kolom  David Robson -
BBC Future,  dia mempelajari dan menulis seberapa banyak olahraga yang harus dilakukan untuk mengimbangi makanan kudapan kesukaan Anda.

Cara berhitung mereka yang rajin berolahraga mudah saja: kalori masuk lawan kalori keluar. Setelah Anda mandi keringat di gym, Anda pun mendapat ‘lampu hijau’ untuk memanjakan diri dengan makan camilan setelah berolahraga.

Dalam praktiknya, cara berhitung ini agak susah untuk mendapatkan hasil yang benar: terlalu mudah bagi kita untuk memperkirakan terlalu tinggi kalori yang kita bakar dalam satu sesi olahraga, dan memperkirakan terlalu rendah kalori yang dikandung makanan camilan.

Hasilnya adalah kita menjadi frustrasi. Banyak orang (sampai dengan 68%, menurut sebuah studi) yang ingin menurunkan berat badan malah akhirnya bertambah berat badan walau melakukan olahraga.

Untungnya, BBC Future mendapatkan tabel komprehensif dari Harvard Medical School yang mendaftarkan kalori yang dibakar dalam berbagai aktivitas, mulai dari seks sampai bersepeda jarak jauh.

Dengan menggunakan informasi itu, kami menghitung dengan pasti apa yang perlu dilakukan untuk menyeimbangi camilan yang disantap. (Angka yang pasti akan berbeda dari satu orang ke orang lainnya dan semua data di sini menggunakan asumsi berat badan 70kg sebagai dasar).

Sama dengan tidur (karena saat tidur pun kita membakar kalori), kegiatan yang paling sederhana pun seperti duduk di depan komputer, mengunyah permen karet atau membaca buku ternyata bisa membakar beberapa kalori.

Namun, Anda mungkin akan terkejut, seberapa kecilnya kalori yang terbakar dalam aktivitas sehari-hari yang paling energik pun, seperti seks – atau seberapa jauh Anda harus berjalan untuk bisa membakar kalori dari burger dan kentang goreng.

Olahraga menawarkan banyak keuntungan lain tentunya di samping menurunkan berat badan. Tetapi jika Anda ingin tubuh yang lebih ramping dan kencang (atau hanya ingin agar berat badan Anda stabil) , maka mungkin perlu untuk mengetahui fakta-faktanya sebelum Anda pergi ke pusat kebugran atau melalap semua yang ada di dapur.

1 jam berenang = 5,5 kaleng Coca-Cola. Itu artinya 772 kalori, berdasarkan pengukuran pada berenang dengan gaya kupu-kupu dan gaya bebas.

1 jam bersepeda = 2,9 donat. Dengan membakar lebih dari 700 kalori dalam satu jam, bersepeda menawarkan olahraga yang lebih intens dibandingkan mesin dayung atau treadmill di gym.

1 jam mengunyah permen karet = 1 keping keripik Pringle. Menurut New England Journal of Medicine, jika Anda mengunyah permen karet setiap jam, Anda akan kehilangan 5 kilogram lemak dalam setahun.

1 jam lari = 1 Big Mac dan kentang goreng. Para pelari yang berpengalaman dapat membakar lebih dari 1000 kalori dalam sejam pada saat mereka lari dengan kecepatan 16 kilometer per jam.

1 jam berdansa = 3 gelas anggur. Anda dapat membakar hampir 400 kalori jika berdansa di disko atau ruang dansa selama satu jam.

1 jam duduk di depan komputer = 1/3 batang cokelat Snickers. Jika berdiri bukannya duduk di depan komputer, maka akan membakar 11 kalori lebih banyak.

1 jam membaca = 4 keping keripik Pringle. Satu lagi alasan untuk menjadi kutu buku: Anda membakar 28 kalori lebih banyak ketika satu jam membaca dibandingkan menonton TV.

1 jam seks = 34 gram keju untuk perempuan dan 51 gram untuk lelaki. Tetapi sejumlah orang lebih energik: seorang peserta penelitian PLoS One membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada rata-rata kelompok.

David Robson adalah penulis artikel di BBC Future.

Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!