herdinbisnis.com: Mengapa Harus Merendam Benih atau Batang Stek?

.

.

Rabu, 17 Februari 2016

Written on

Mengapa Harus Merendam Benih atau Batang Stek?

Pernahkah kita memperhatikan bagaimana tukang kebun atau petani di kawasan pertanian mempersiapkan tanaman muda yang akan ditanam?.  Boleh jadi kita abai atau tidak memperhatikan mereka kerap kali merendam Benih atau Batang Stek yang bakal jadi tanaman usaha tani mereka.

Padahal hal itu adalah penting kita ketahui dan harus kita perhatikan terutama bagi Anda yang akan memulai usaha tani yang calon tanaman barunya berasal dari batang stek atau biji.

Pemerendaman dalam air pada benih merupakan upaya untuk memulai fase tumbuhnya.  Air akan menjadikan mereka suatu calon individu baru. Biasanya diawali dengan memecah masa stagnan atau berhenti tumbuh yang disebut masa dorman. Akar akan tumbuh,  demikian pun tunas. 

Pemerendaman dalam air pada batang stek merupakan upaya untuk memulihkan kondisi kesegaran batang stek yang dulunya tersambung dalam suatu untaian tubuh tanaman. Cabang segar yang muda dan tidak cepat kehabisan kandungan air di dalam dirinya akan lebih cepat tumbuh dan berkembang. 
Kini,  setelah batang stek direndam dia akan menumbuhkan akar di ruas yg menyentuh tanah dan pada bagian ujung atas akan mengusung tunas tunas muda. 

Demikianlah deferensiasi tubuh tanaman jika direndam air. 

Berikut adalah tips cara memperlakukan bakal tanaman dengan air :

Pertama : Siapkan sebaskom air, air ruam hangat juga boleh.  Harapannya organisme pengganggu tanaman yang ada dalam air menjangkiti bakal calon tanaman kita. 

Kedua : Rendam bakal calon tanaman barunya,  biasanya selama 24 Jam. Selama masa itu hindarkan dari percikan air hujan atau terik panas yang mengganggu. 

Ketiga : Pertemukan bakal calon tanaman dengan media tanam barunya. Yang juga perlu diperhatikan adalah,  media tanam sebaiknya porous. 

Demikian,  Selamat mencoba.  
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!