herdinbisnis.com: Bagi Menjaga Kolesterol Jahat dalam Tubuh, Inilah Manfaat Rosela

.

.

Jumat, 18 Maret 2016

Written on

Bagi Menjaga Kolesterol Jahat dalam Tubuh, Inilah Manfaat Rosela

ReportaseTerkini.net - MUASAL tanaman Rosella (hibiscus sabdarifa) adalah dari Afrika . Tanaman ini tak jarang dijadikan penghias rumah Karena bunganya yang indah . Di Indonesia sendiri, rosella termasuk tanaman yang cukup populer karena selain berfungsi sebagai hiasan , rosella kerap di manfaatkan untuk kesehatan .

Di berbagai Negara, rosella sudah diolah menjadi berbagai macam makanan juga minuman , misalnya dibuat selai atau jeli . Dijamaika di makan mentah dengan salad buah, terkadang juga di makan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue .

Di mesir , rosella dibuat menjadi minuman dingin atau hangat . sedangkan di Indonesia tanaman ini biasanya dibuat teh , masyarakat pun kerap menyebut olahan rosella dengan teh rosella .

Manfaat 

Bagian penting yang memiliki banyak khasiat dari rosella adalah bagian lopak bungan dan biji . kadungan flavonoid dalam bunga rosella terbukti mampu menurunkan kadar LDL Kolesterol  serta mengurangi resiko penyakit jantung dalam rosella juga terdapat Vitamin A, Vitamin B , Vitamin C, Kalium, protein, juga zat besi yang kesemuanya berperan dalam menstabilkan tekanan darah . Tatkala usia lanjut , pengeroposan tulang juga dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi olahan bunga ini secara teratur. Kalsium, Vitamin D, dan zat besi yang terkandung dalam tanaman inilah yang bekerja menjaga tulang dari pengeroposan .

Kandungan yang paling menonjol dalam olahan rosella adalah Vitamin C . Kandungan Vitamin C dalam secangkir teh  rosella mengandung enam kali lipat Vitamin C yang terkandung dalam sebuah jeruk . Kandungan Vitamin C dan beta karoten didalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Olahan 

Sudah diterangkan diatas bahwa rosella bisa dijadikan berbagai macam olahan . Di negeri asalnya, Afrika, olahan selai rosella dijadikan menu favorit.

Dan jika Anda ingin mencoba membuatnya , berikut ini salah satu cara pengolahannya.

Selai Rosella 
Bahan : 

√√250 gram kuntum bunga rosella 1 sdm tepung maizena Air 150mlGula pasir
√√ 150gram Air jeruk lemon/nipis 3sdm1/4sdt vanilla pasta 1/4sdt halus

Cara Membuat  : 

Blender bunga rosella bersama dengan air dan tepung maizena sampai lembut dan halus.Tuangkan ke dalam wadah dan tambahkan gula serta air.Masak sampai mendidih . Kemudian campurkan jeruk nipis , pasta vanilla, dan garam Tunggu selama beberapa menit hingga mengental seperti saus lalu angkat. Dinginkan dan simpan di dalam wadah yang kedap udara. Siap untuk digunakan , misalnya untuk dioleskan pada roti .

Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!