herdinbisnis.com: Lempuyang, Manfaat Rimpangnya

.

.

Kamis, 17 Maret 2016

Written on

Lempuyang, Manfaat Rimpangnya

Money.id - Lempuyang merupakan jenis tumbuhan rempah-rempah yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Zingiber zerumbet L serta dikenal dengan beberapa nama pada setiap daerah masing-masing.

Tumbuhan ini sangat populer di Indonesia karena banyak manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Di antaranya memiliki kemampuan 'tingkat dewa' untuk mengobati berbagai penyakti kronis seperti malaria, TBC, dan masih banyak lagi.

Lempuyang merupakan jenis tumbuhan yang dimanfaatkan rimpangnya sebagai sarana pengobatan alami oleh sebagian masyarakat dan merupakan bahan alami dari minuman khas Indonesia, yaitu jamu.

Habitat dari tumbuhan lempuyang ini adalah daerah tropis seperti Indonesia. Lempuyang dapat ditanam pada pekarangan atau kebun pedesaan bahkan hutan sekalipun.

Lempuyang berkembang biak dengan potongan rimpang yang telah bertunas di mana potongan tunas tersebuut akan memperbanyak diri menggunakan biji sebagai medianya.

Mengutip dari floridata.com, Kamis, 17 Maret 2016, berikut adalah beberapa penyakit kronis yang bisa disembuhkan oleh lempuyang.

1. Malaria

Ketika tubuh mengalami gejala malaria maka sebaiknya obati dengan rimpang lempuyang yang dikombinasikan dengan tanaman lain. Pertama siapkan satu ruas lempuyang yang sudah dihaluskan lalu tambahkan satu cangkir perasan nanas dan garam secukupnya. Minum dengan takaran setengah gelas dalam satu hari untuk menambah daya tahan tubuh.

2. TBC

TBC merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh lagi karena gejala dan efeknya pada kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu, sebaiknya sembuhkan dengan obat tradisional lempuyang sebagai bahan utama. Kandungan di dalamnya dapat menetralisir racun dalam tubuh.

Pertama, ambil satu genggam akar lempuyang wangi yang telah dicuci bersih kemudian potong dan rebus menggunakan air bersih. Setelah itu minum dengan takaran tiga gelas dalam satu hari.

3. Gejala ambien

Ambien merupakan gangguan kesehatan yang berbahaya jika tidak ditangani secepatnya. Sebaiknya gunakan lempuyang untuk meredakan gejalanya.

Ambil satu ruas rimpang lempuyang yang telah dicuci bersih lalu parut. Kemudian tambahkan dua sendok makan air matang dan garam dengan takaran sedikit. Minum hasil perasannya dua kali dalam satu hari dengan takaran satu sendok makan.

4. Gejala darah rendah

Gejala darah rendah akan menghambat pekerjaan sehari–hari di mana tubuh akan terasa lemas bahkan pandangan kabur dan berujung pada kondisi pingsan. Kandungan yang terdapat dalam lempuyang dapat menambah jumlah trombosit dalam darah.

Pertama, parut rimpang lempuyang wangi kemudian campurkan dengan gula dan air, lalu rebus hingga mendidih. Minuman ini dapat diminum tiga kali sebanyak satu sendok makan dalam satu hari.

5. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Kandungan yang terdapat pada lempuyang ini mampu menginduksi sel kanker yang akan tumbuh di dalam tubuh. Sel-sel kanker yang diinduksi akan terhambat pertumbuhannya bahkan tercegah sehingga Anda akan terhindar dari ancaman penyakit kanker yang sangat berbahaya.

6. Mengatasi rematik

Kaki merupakan bagian tubuh yang dapat mengalami gangguan kesehatan berupa rasa pegal berlebih yang disertai dengan ngilu pada tulang kaki.

Untuk mengatasinya, campur rimpang lempuyang dengan cabai jawa yang telah dilumatkan lalu ditambah dengan campuran nasi kering. Berbagai macam komposisi tersebut dicampur hingga merata lalu tempelkan pada kaki atau bagian tubuh yang merasa sakit.

Selain mengatasi penyakit kronis, lempuyang mampu meredakan demam, menambah nafsu makan, melangsingkan tubuh, mengatasi iritasi kulit akibat alergi, dan masuk angin. (poy)

Tanaman lempuyang

Lempuyang emprit
Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!