herdinbisnis.com: Begini Cara Memasak Wortel

.

.

Senin, 27 Juni 2016

Written on

Begini Cara Memasak Wortel

KlikDokter.com Wortel merupakan sayuran yang memiliki kandungan zat antikanker di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat antikanker dari wortel, kita harus memasak wortel tersebut dengan benar.

Sayuran merupakan makanan yang wajib dikonsumsi, karena sayuran memiliki berbagai kandungan gizi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Nah, bagi Anda yang gemar mengonsumsi sayuran, seperti wortel, Anda perlu mengetahui cara mengolah sayuran yang tepat untuk mendapatkan gizi optimal dari wortel yang Anda konsumsi.

Tahukah Anda bahwa wortel harusnya direbus secara utuh terlebih dahulu agar kandungan gizinya tidak hilang?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Newcastle, Inggris, menunjukkan bahwa wortel yang direbus terlebih dahulu sebelum dipotong mengandung 25% komponen antikanker – falcarinol – lebih banyak dibandingkan dengan wortel yang dipotong lalu direbus. Dengan kata lain, komponen antikanker di dalam wortel lebih bermanfaat apabila wortel tersebut tidak dipotong sebelum dimasak.

Di dalam studi tersebut disebutkan bahwa wortel yang dalam keadaan terpotong ketika direbus memudahkan kandungan gizi di dalamnya keluar. Nah, dengan tidak memotong wortel sebelum merebusnya, maka secara tidak langsung Anda “mengunci” kandungan gizi agar tetap di dalam wortel tersebut.

Selain itu, pada wortel yang tidak dipotong, ketika proses pemanasan, panas yang sangat tinggi akan merusak sel wortel, sehingga air di dalam wortel akan keluar dan meningkatkan konsentrasi falcarinol di dalam wortel tersebut. Di samping itu, panas juga akan melunakkan dinding sel sehingga komponen, seperti gula dan vitamin C, akan keluar melalui permukaan wortel.

Oleh karena itu, apabila wortel dipotong sebelum dimasak, maka permukaan yang terbuka akan semakin besar, dan kemungkinan hilangnya nutrisi ketika dipanaskan juga semakin besar.

Tidak hanya sampai di situ, wortel yang dimasak secara utuh juga mempunyai rasa yang lebih enak. Penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 10 orang lebih memilih wortel yang direbus secara utuh dibandingkan dengan wortel yang dipotong-potong terlebih dahulu. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan gula alami yang lebih banyak dalam wortel yang direbus secara utuh.

Sebenarnya, apa manfaatnya kandungan falcarinol di dalam wortel bagi tubuh kita?

Falcarinol merupakan suatu antioksidan yang bisa mencegah terjadinya kanker. Penelitian pada binatang membuktikan bahwa tikus yang diberikan makanan tinggi falcarinol ternyata memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengidap tumor dibandingkan dengan tikus yang diberikan makanan biasa.

Jadi, olahlah setiap makanan dengan proses yang benar agar kandungan gizi di dalamnya tidak hilang dengan sia-sia.

Selamat mencoba!

Ditulis Oleh:
dr. Mega Putri
Anggota Redaksi Medis Kedokteran  Umum KlikDokter.com

Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!