herdinbisnis.com: Inilah Beberapa Dampak Baik Jatuh Cinta

.

.

Rabu, 06 Juli 2016

Written on

Inilah Beberapa Dampak Baik Jatuh Cinta

Liputan6.com. Saat lebaran jangan jengah dengan pertanyaan,"kapan nikah?", "lho mana nie pacarnya?", dsb. Ambillah hikmah dari semua pertanyaan yang diajukan dengan penuh keramahtamahan itu. Berusaha tegar dan membuka hati untuk jatuh cinta itu lebih baik.

Cinta bisa jadi bukan obat, tapi seperti memiliki dampak yang sama. Jatuh cinta tidak hanya memengaruhi benak seseorang, zat-zat kimia yang muncul juga bereaksi ke seluruh tubuh. Itu sebabnya terkadang kita merasa sensasi seperti bergelenyar saat melihat orang yang kita cintai, atau perasaan "mabuk" setelah bertemu seseorang yang spesial di hati.

Melansir laman Sciencealert, Selasa (5/7/2016), berikut dampak cinta terhadap otak dan tubuh:

1. Merasa gembira

Berada di masa awal hubungan cinta bisa membuat Anda merasakan euforia. Peneliti menunjukkan adanya keterkaitan antara perasaan cinta yang kuat dengan peningkatan kadar neurotransmitter dopamine di otak. Zat yang sama juga dihasilkan saat kita merasakan kenikmatan yang lain. Hal ini lah yang menyebabkan seringkali pasangan baru merasakan sensasi dimabuk asmara.

2. Rasa sakit menghilang

Hanya melihat foto orang yang dicintai bisa meredakan rasa sakit. Sebuah studi kecil menemukan, ketika orang diperlihatkan foto orang yang mereka cintai, rasa sakit akibat terpapar benda panas berkurang dibandingkan saat mereka diminta untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan hal lain.

3. Seluruh tubuh berdenyut

Perasaan gairah membanjiri tubuh dengan hormon adrenaline dan norepinephrine yang bisa membuat jantung berpacu, telapak tangan berkeringat, dan kepala seperti berputar.

Studi terbaru menunjukkan bukti terhadap hal ini. Para peneliti meminta 700 orang mewarnai bagian tubuh yang mereka rasakan bekerja ketika melihat foto dan kata-kata yang terkait dengan cinta. Sebagian besar partisipan mewarnai seluruh tubuh, terutama bagian dada, perut, dan kepala.

4. Tatapan mata penuh cinta

Sebuah studi baru-baru ini memasangkan individu yang tak saling kenal untuk menghabiskan dua menit melakukan hal berikut: '
1. Menatap mata pasangan
2. Menatap tangan pasangan
3. Menghitung berapa banyak pasangan berkedip

Ketika kedua pasangan melakukan aktivitas saling tatap pada saat bersamaan, mereka mengatakan merasakan hadirnya rasa afeksi ketimbang saat mereka melakukan tugas lainnya.

5. Pipi merona

Kita akan mengalami terlepasnya hormon adrenaline begitu cepat saat melihat obyek kasih sayang. Hal itu juga membuat pipi kita merona. Hormon adrenaline yang timbul saat jatuh cinta bisa membuat pembuluh darah melebar, meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh serta membuat wajah merona kemerahan.

6. Jantung semakin terlindungi

Banyak penelitian membuktikan, dibandingkan mereka yang lajang, individu yang menikah berisiko lebih sedikit mengalami serangan jantung meski usia mereka telah lanjut. Mereka juga secara signifikan tidak merokok serta minim melakukan kebiasaan tidak sehat dibandingkan individu lajang.

Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!