herdinbisnis.com: Tahukah Anda Cara Membuat Tahu?. Tahu sebagai Sumber Protein Keluargs

.

.

Rabu, 20 Juli 2016

Written on

Tahukah Anda Cara Membuat Tahu?. Tahu sebagai Sumber Protein Keluargs

Tahu merupakan jenis makanan menyehatkan yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang mengandung jenis protein nabati yang sangat baik bagi tubuh Anda. Ada 2 cara membuat tahu yang harus Anda ketahui, yaitu dengan cara tradisional dan modern. Tentunya Anda tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu ini bukan? Ya, tahu merupakan makanan semua kalangan dengan rasa yang enak dan sedap. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi tahu di kesehariannya, pernahkah berpikir bagaimana cara membuatnya?

Kali ini kita akan berbagi informasi untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang makanan kaya protein nabati ini. Pembuatannya sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara tradisional dan dengan cara modern. Apa perbedaan diantara keduanya? Nanti kita bisa lihat bedanya setelah membahasnya bersama.

PEMBUATAN TAHU SECARA TRADISIONAL

Pembahasan kita yang pertama yaitu membahas pembuatan tahu secara tradisional. Pembuatan ini dilakukan dengan cara konvensional dan manual tanpa ada bantuan dari mesin atau peralatan modern. Di Indonesia sendiri masih banyak pabrik tahu yang menggunakan cara konvensional untuk membuatnya. Tapi sebagian produsen tahu tersebut merupakan produsen tahu rumahan dengan area pemasaran yang masih sempit dan tidak terlalu besar. Mari kita lihat segera bagaimana cara-cara membuatnya dengan benar, siapa tahu nanti Anda berkeinginan membuatnya sendiri di rumah.

Pembersihan Kedelai

Langkah pertama yaitu membersihkan kedelai dari segala macam kotoran yang menempel menggunakan air bersih. Sebaiknya pencucian ini dilakukan dengan menggunakan air yang mengalir agar kotorannya ikut mengalir bersama airnya. Lakukanlah pencucian kedelai untuk tahu dengan berulang-ulang sampai 3-4 kali agar benar-benar bersih dan higienis. Hal ini untuk meminimalisir adanya kuman dan bakteri yang masih tetap tinggal di kedelai.

Pengelupasan Kulit Kedelai

Setelah kedelai dicuci bersih kemudian kulit ari atau kulit tipis yang ada di kedelai dikelupas menggunakan alat khusus yang masih tradisional untuk mengelupasnya. Setelah semua kulit pada kedelai terkelupas, tinggal menggilingnya atau menumbuknya hingga halus. Hal ini dilakukan agar tahu yang lembut dan lezat dapat dibuat dengan sempurna.

Pemasakan

Tahap yang ketiga merupakan tahap pemasakan. Pada tahap ini kedelai yang telah dihaluskan tadi dimasukkan ke dalam wadah besar untuk dimasak sampai matang. Cara memasaknya juga bukan menggunakan kompor gas atau minyak, tapi menggunakan tungku tradisional dengan kayu sebagai pembakarnya. Hal ini akan membuat rasa tahu menjadi lebih nikmat.

Penyaringan
Pada tahap ini setelah tahu dimasak dengan menggunakan air sampai mendidih tadi telah masak, saatnya ke proses penyaringan. Saringlah kedelai yang telah menjadi seperti bubur tadi dengan menggunakan air asam sambil terus diaduk secara perlahan. Lakukan cara ini hingga bubur kedelai tadi menjadi menggumpal.

Pemisahan Air
Setelah dilakukan tahap penyaringan dan mengalami proses penggumpalan, saatnya Anda dapat mencetak tahu sesuai ukuran Anda. Tapi sebelum mencetaknya Anda perlu memisahkan air asam yang ada pada tahu dengan bubur kedelai yang telah menggumpal. Setelah itu, baru dapat mencetak tahu sesuai selera.

Proses Mencetak Tahu
Dalam proses pencetakan tahu ini, memerlukan alat berupa saringan tahu yang berupa kain tipis dan kemudian di press. Proses ini dilakukan dengan menggunakan bantuan alat tersebut agar tahu yang dihasilkan menjadi lebih padat dan juga sesuai dan sama bentuk tahu antara satu dengan yang lainnya.

Proses Perebusan
Tahu yang telah selesai dicetak selanjutnya masuk ke tahap atau proses berikutnya yaitu proses perebusan. Proses ini dilakukan agar tahu yang dicetak akan lebih padat dan kenyal serta tahan lama. Dalam proses perebusan, ada dua pilihan pewarnaan. Tahu dapat dibiarkan putih atau kuning. Jika tahu kuning, maka perlu ditambahkan bubuk kunyit saat proses perebusan ini.

Itulah proses pembuatan tahu dengan cara konvensional atau tradisional. Mungkin perbedaan antara kedua proses tersebut hanya penggunaan alat-alat yang lebih modern yaitu berupa mesin-mesin penggiling dan pemasak. Dengan adanya mesin tentunya lebih hemat waktu dan juga hemat biaya, serta tenaga. Mungkin bagi Anda yang tertarik dengan bisnis tahu ini dapat menggunakan alat yang modern untuk memaksimalkan produksi tahu putih dan juga laba yang akan diperoleh. Menarik bukan? Dapat Anda pertimbangkan.

Setelah banyak membicarakan tentang tahu, cara membuatnya dengan dua cara, sekarang kami sedikit memberi informasi tentang manfaat yang terkandung di makanan lezat satu ini. Selain kaya akan kandungan gizi dan protein nabati, tahu diyakini mampu menurunkan kolesterol sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan juga diabetes. Satu lagi yang perlu Anda tahu, jika makanan tahu bukanlah berasal asli dari Indonesia tapi berasal dari negeri Tiongkok.

Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!