herdinbisnis.com: Agar Padi terhindar dari Roboh ketika Musim Hujan

.

.

Kamis, 27 Oktober 2016

Written on

Agar Padi terhindar dari Roboh ketika Musim Hujan

Musim hujan sebetulnya ditunggu tunggu oleh para petani. Air yang berlimpah ramah di areal lahan pertanian mereka apatah itu sawah pun pula Tegal atau sebut saja lainnya. Ketahuilah, bahwa Air yang berlimpah ini membawa unsur urea dari udara. Tentu saja memberi pengaruh pada tanaman yang ditanam. 

Kebiasaan petani yang menggunakan pupuk urea memang sudah baik, karena hal ini bisa mengakibatkan tanaman menjadi lebih sehat. Dengan takaran  yang benar, tanaman padi dapat menghasilkan produksi berlimpah. 

Pemupukan yang baik akan membuat tanaman tumbuh kuat dan berproduksi banyak. Ketika saatnya berproduksi, tanaman yang akan segera panen ketika tersedia air terus menerus akan mendatangkan hasil yang berlimpah. Karena saat tanaman sedang mengisi bulir bulir nya air membantunya meningkatkan volume isi bulir menjadi lebih sempurna dan berlimpah hasilnya. 

Saat musim hujan ketika tanaman sedang mengisi bulir memang sangat membantu tanaman. Bukankah memang menjadi acuan umum bahwa tatkala proses pembuahan semua tanaman semenjak muncul buah sampai matang harus senantiasa tersedia cukup banyak air ? . 

Namun, dalam kenyataannya banyak kita temui tanaman padi kita yang tumbuh menghijau dan tumbuh gemuk itu mendadak roboh. Roboh ketika dihempas air hujan. Roboh tatkala masih muda ataupun kala bulir padi belum begitu terisi sempurna. Robohnya tanaman padi ini sangat mengganggu.

Mengapa tanaman padi roboh? 

Tanaman padi biasanya roboh terutama pada padi yang gemuk. Kegemukan pada batang padi membuat tanaman diatas permukaan tanah jadi memiliki beban yang berat dan penampang tanaman jadi makin lebar sehingga tanaman mudah terhempas ketika hujan mendera. 


Tanaman padi juga bisa roboh jika ada serangan busuk pada batang atau akar. Penyebabnya terutama adalah jasad renik ataupun serangga.


Tahukah Anda bahwa keadaan ini sebetulnya dapat kita cegah. Beberapa cara mencegah tanaman padi roboh diantaranya adalah :

Memanfaatkan varietas yang tidak terlalu tinggi. 

Mengikuti perkembangan musim tanam yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan. 

Memperhatikan waktu ketika akan masuk musim ini bisa dilakukan dengan menggunakan tanda alam juga. Mengontrol pemanfaatan pupuk dengan mempertimbangkan penggunaan pupuk berimbang. Mulai sejak menggunakan kompos atau pukan sampai pupuk NPK diperhatikan jumlah dan mutu media tanamnya. Silahkan gunakan kalkulator pemupukan saja untuk mendapatkan jumlah pemberian pupuk pada tanaman padi.

TIPS CARA MEMPERLAKUKAN TANAMAN GEMUK 

Ada tips mencegah tanaman roboh walaupun tanaman kita kegemukan, yaitu dengan memangkas daun tanaman dengan menggunakan gunting pemotong rumput yang besar. Pemotongan sebaiknya dilakukan sebelum muncul pucuk bunga padi. Menggunting bisa dilakukan untuk menyediakan pakan ternak. Semoga bermanfaat.

Dari beragam sumber.

Share this case:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Klik saja !!

Klik saja !!

Klik saja !!